Penerapan Model Problem Based Leaning Berbasis Berdiferensiasi berdasarakan Gaya Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Biologi

  • Uci Minasari Universitas Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan,  Indonesia
  • Rahmi Susanti Universitas Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan,  Indonesia

Abstrak

Peserta didik merupakan individu yang unik sehingga memiliki karakteristik yang berbeda dari yang satu dengan yang lainnya. Di Kelas XI IPA 1 Plus SMA Srijaya Negara Palembang ini ditemukan gaya belajar yang sangat beragam sehingga perlu pembelajaran berdiferensiasi untuk merespon keberagaman tersebut supaya peserta didik dapat mengoptimalkan potensinya sesuai karakteristiknya Tujuan best practice ini adalah untuk mengetahui dampak penerapan pembelajaran berdiferensiasi terhadap proses pembelajaran dan bagaimana penerapannya pada mata pelajaran Biologi kelas XI IPA 1 Plus SMA Srijaya Negara Palembang. Penelitian menggunakan jenis kualitatif dengan sumber informasi penelitian dari peserta didik dan pendidik mata pelajaran Biologi. Modifikasi RPP pelajaran Biologi berbasis pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan keberagaman gaya belajar peserta didik. Hasil observasi peserta didik lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik sesuai tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi membawa dampak perubahan perilaku peserta didik dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari keikutsertaan peserta didik dalam pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar dapat diterapkan di kelas XI IPA 1 Plus SMA Srijaya Negara Palembang.

Kata Kunci: PBL, pembelajaran berdiferensiasi, gaya belajar, peserta didik

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Uci Minasari, Universitas Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan

Uci Minasari, lahir di Tenang, 11 Juni 1995. Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 tahun 2022 Universitas Sriwijaya. Riwayat Pendidikan S1 Pendidikan Biologi UIN Raden Fatah Palembang.

Rahmi Susanti, Universitas Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan

Rahmi Susanti, lahir di Tanjung Enim, 12 Februari 1967, Dosen FKIP Universitas Sriwijaya. Riwayat Pendidikan S3 Pendidikan Biologi Universitas Pendidikan Indonesia.

Diterbitkan
2023-02-20
Bagaimana cara mengutip:
Minasari, U., & Susanti, R. (2023). Penerapan Model Problem Based Leaning Berbasis Berdiferensiasi berdasarakan Gaya Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Biologi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 282-287. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.543
Bagian
Praktik Terbaik
Abstrak viewed: 1803 times
PDF downloaded: 3278 times

Referensi

Faiz, A., Pratama, A., Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal BESICEDU. 6(2), 2846-2853. Research & Learning in Elementary Education https://jbasic.org/index.php/basicedu

Kristiawan, M. (2019). Analisis Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Bengkulu: Unit Penerbitan dan Publikasi FKIP Universitas Bengkulu.

Kusuma, Dewi Oscarina dan Siti Luthifah (2020). Modul 2.1 Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalu Pembelajaran Berdiferensiasi: Dikjen GTK Kependidikan. Jakarta

Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. PLB FIP UNP, Padang.

Pane, R. N., Lumbantoruan, S., Simanjuntak, S. D. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik. BULLET: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(03), 173–180. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/bullet/article/view/306

Rerung, N., Sinon, I. L. S., Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 6(1), 47-55. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.597

Rukiyati, & Purwastuti, L. A. (2015). Mengenal Filsafat Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Shoimin, A. (2016). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sutrisno, S. (2021). Peningkatan Kompetensi Menulis Resensi melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(1), 75-83. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i1.180

Widayanti, Febi D. (2013). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas. ERUDIO, 2(1).

Yanti, N S., Montessori, M., Nora, D. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi di SMA Kota Batam. Ranah Research: Journal of Multidicsiplinary Research and Development. 4(3), 203-207. https://doi.org/10.31933/rrj.v4i3.498