Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Moodle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan memanfaatkan moodle dalam mendukung pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan objek penelitian siswa kelas XII TKR A SMK Negeri 1 Ponjong. Di dalam penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi, dan revisi. Hasil temuan dalam penelitian menunjukkan bahwa menerapkan model pembelajaran discovery learning berbantuan moodle bekerja lebih baik daripada menggunakan metode pembelajaran tradisional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat, hal tersebut dapat di lihat melalui hasil belajar siswa selama proses pembelajaran bahasa Inggris. Hal ini terjadi dalam setiap siklus tindakan menghasilkan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa. Terlihat dari data nilai awal siswa tercatat 54% siswa mendapatkan nilai tuntas. Pada siklus I tercatat 68% siswa mendapat nilai tuntas dan pada siklus II tercatat 85% siswa mendapat nilai tuntas. Penelitian ini dinyatakan berhasil dengan baik, adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa, pada siklus I terdapat kenaikan persentase 14% dari data awal hasil belajar siswa. Pada siklus II terdapat kenaikan persentase 17% dari data siklus I.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 Endang Sugiharyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

