Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Moodle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris

  • Endang Sugiharyanti SMK Negeri 1 Ponjong, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan  memanfaatkan moodle dalam mendukung pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran  discovery learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan objek penelitian siswa kelas XII TKR A SMK Negeri 1 Ponjong. Di dalam penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi, dan revisi. Hasil temuan dalam penelitian menunjukkan bahwa menerapkan model pembelajaran discovery learning berbantuan moodle bekerja lebih baik daripada menggunakan metode pembelajaran tradisional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat, hal tersebut dapat di lihat melalui hasil belajar siswa selama proses pembelajaran bahasa Inggris. Hal ini terjadi dalam setiap siklus tindakan menghasilkan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa. Terlihat dari data nilai awal siswa tercatat 54% siswa mendapatkan nilai tuntas.  Pada siklus I tercatat 68% siswa mendapat nilai tuntas dan  pada siklus II tercatat  85% siswa mendapat nilai tuntas.  Penelitian ini dinyatakan berhasil dengan baik, adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa, pada siklus I terdapat kenaikan persentase 14% dari data awal hasil belajar siswa. Pada siklus II terdapat kenaikan persentase 17% dari data siklus I.

Kata Kunci: Discovery Learning, Moodle, Hasil belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Endang Sugiharyanti, SMK Negeri 1 Ponjong, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Endang Sugiharyanti, S.Pd.,M.Pd. dilahirkan di Gunungkidul, 13 Maret 1974. Penulis adalah guru SMK N 1 Ponjong, mengampu mata pelajaran  Bahasa Inggris. Sehari-hari kegiatan utama penulis adalah seorang pengajar dan disela-sela rutinitas, penulis menuangkan masalah-masalah yang ditemui selama proses pembelajaran di dalam kelas  menjadi karya tulis  ilmiah,  dengan tujuan untuk memperbaiki model pembelajaran dan hasil  belajar peserta didiknya dalam belajar Bahasa Inggris. Penulis juga sering menuangkan artikel-artikel sederhananya yang dimuat di majalah Edukasi. Kebiasaan penulis juga sering menuangkan karya-karyanya melalui beberapa jurnal seperti  jurnal Dwija Guna PGRI Prop, Jurnal Edugy, Jurnal Media PGRI Kab. Gk. Penulis  dapat di hubungi melalui No. HP/ WA: 081802650187

Diterbitkan
2023-05-05
Bagaimana cara mengutip:
Sugiharyanti, E. (2023). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Moodle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 438-444. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.539
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 380 times
PDF downloaded: 239 times

Referensi

Afidah Pujiningsih, N., Maryadi, M. A., & Fathoni, A. (2019). Pengelolaan Pembelajaran Bahasa Inggris Di Kelas X SMK Negeri 1 Surakarta, Kota Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Arikunto, Suharsini, (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Depdiknas.(2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Fauziah. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku (Penelitian Tindakan Kelas Pada Sub Tema Keragaman Suku Bansa dan Agama Di Negeriku Kelas IV SDN Bhinangkit Kabupaten Subang Tahun Ajaran 2016/2017) (Doctoral dissertation, FKIP Unpas)

Herawati, Ayu. (2022). Penerapan Strategi Graphic Organizer Venn Diagram untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi. Jurnal Ideguru, 7(2), 221-228. DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.365

Ibrahim, D. S. (2014). Pengaruh penggunaan e-learning terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika siswa SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal prima edukasia, 66-79.

Nurrita. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-210.

Noor, M. E. (2017). Penggunaan E-Learning dalam pembelajaran berbasis proyek di SMA Negeri 1 Jepara. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 17-26.

Prasistayanti, N. W. (2019). Pengaruh Desain E-Learning Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa dalam Mata Pelajaran Pemrograman pada Siswa SMK. Jurnal Teknologi Pendidikan.

Rahmawati. (2018). Analisis Penerapan Moodle dalam Pembelajaran (BIPA) Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing di Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Setiawan. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Materi Budaya Nasional Dan Interaksi Global Pendidikan Geografi. PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(1), 77-84.

Suyitno. (2018). Metodologi Penelitian Tindakan Kelas dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Srijatno (2021). Pengaruh Penerapan Discovery Learning Menggunakan Media Zenius Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Grammar Di SMA Negeri 3 Tuban. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 1(02).

Tarigan, R.M.R.B. (2019). Pengaruh Sarana dan Prasarana Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Kec. . Tiga Binanga Tahun Ajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS QUALITY).