Peningkatan Ketrampilan Menulis Teks Prosedur melalui Penerapan Metode Think-Talk-Write

  • Tituk Romadlona Fauziyah SMA Negeri 10 Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 10 Yogyakarta tahun pelajaran 2021-2022 belum baik. Penelitian ini bertujuan  meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur melalui penerapan metode Think-Talk-Write dalam kegiatan belajar mengajar. Berjenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), ada 4 langkah yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. PTK dilakukan dalam dua siklus, di setiap siklus ada dua pertemuan. Siswa XI IPA 3 SMA Negeri 10 Yogyakarta sebagai subyek penelitian. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan, angket, penilaian hasil karya siswa dan dokumentasi. Hasil analisis data dibandingkan dengan indikator keberhasilan kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian diketahui dengan metode TTW 23 siswa (64%) mencapai KKM di siklus 1 dan sebanyak 33 siswa (92%) di siklus 2. Terjadi kenaikan sebesar 28%. Indikator keberhasilan menetapkan 85% siswa tuntas dan di siklus 2 ketuntasan dicapai oleh 92%. Dengan demikian dinyatakan tindakan berhasil.

Kata Kunci: Keterampilan menulis, Teks prosedur, Think-Talk-Write

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-09-30
Bagaimana cara mengutip:
Fauziyah, T. R. (2023). Peningkatan Ketrampilan Menulis Teks Prosedur melalui Penerapan Metode Think-Talk-Write . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 835-840. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.536
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 217 times
PDF downloaded: 104 times

Referensi

Aryananda, J., dkk. (2019). Penerapan Model Think-Talk-Write untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat Efektif pada Siswa Kelas III SDN Sumbersari Kota Malang. Jurnal Basicedu, 3(1), 118-124.

Harmer, J. (2007). The Practice of English Language Teaching (3rd ed.). United Kingdom: Longman.

Hernowo (2009). Mengikat Makna. Bandung: Kaifa.

Huda, M. (2015). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Keputusan Kepala Badan Perbukuan (nomor 018/KR/2020) tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi dasar pelajaran pada Kurikulum 2013 pada PAUD, Dikdasmen pada kondisi khusus dalam mata pelajaran Bahasa Inggris kelas XI

Khusna, A., Sulianto, J. & Widyaningrum, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) berbantu Media CD Interaktif pada Mata Pelajaran IPA terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 136-148.

Nur, J. (2014). Pengaruh Penggunaan Strategi Think-Talk-Write dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita Siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Bungoro. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Siregar, E. & Nara, H. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sudarwati, Th. M. & Grace, Eudia (2017). Look Ahead Book 2, An English Course for Senior High School Students Year XI. Jakarta: Erlangga.

Suharsimi, A. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Widiati, dkk. (2018). Bahasa Inggris: Buku Siswa Kelas XII_ edisi Revisi. Jakarta: Kemdikbud