Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar English for Specific Purposes: Sebuah Penelitian Tindakan

  • Yuana Liverita Goodianti SMK Negeri 2 Wonosari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Ihtiara Fitrianingsih Universitas Negeri Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris sesuai jurusan, kemampuan berkolaborasi, dan kreativitas sangat diperlukan oleh lulusan SMK, termasuk Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV). Namun demikian, kemampuan bahasa Inggris khusus jurusan DKV masih kurang, sekitar 67.74% atau 21 siswa menyatakan speaking adalah hambatan. Oleh sebab itu, penelitian Project Based learning (PjBL) diterapkan untuk mencapai hasil belajar dan mengetahui peningkatan hasil belajar English for Specific Purposes. Penelitian tindakan kelas, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi tindakan, dilaksanakan di SMK N 2 Wonosari melalui dua siklus (8 pertemuan) dengan melibatkan 36 siswa DKV kelas X. Guru bertindak sebagai peneliti utama dibantu oleh seorang pengamat. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes, lembar observasi, dan lembar penilaian produk. Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil pada siklus I dan II secara kuantitatif, sedangkan data observasi diselidiki secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Berbasis Proyek kemungkinan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa DKV di ESP. Dari segi proses, siswa merasa belajarnya meningkat dari 67% menjadi 100% dan pelaksanaan PjBL yang dinilai guru juga meningkat sebesar 17,67. Peningkatan yang mencolok juga terlihat pada hasil tes siswa yang meningkat dari 69,44% menjadi 100% pada siklus II, dan 80% diantaranya mencapai nilai 80. Kesimpulannya, PjBL dapat menjadi alternatif upaya untuk menciptakan pengalaman yang bermakna dalam bekerjasama, kreatif, trampil berkomunikasi dan mempresentasikan produk berbasis teknologi.

Kata Kunci: project based learning, English for specific purposes, hasil belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Yuana Liverita Goodianti, SMK Negeri 2 Wonosari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Yuana Liverita Goodianti, SPd., M.Hum., kelahiran Gunungkidul 18 Mei 1978 menyelesaikan S2 Kajian Bahasa Inggris, Universitas Sanata Dharma tahun 2007, setelah sebelumnya menyelesaikan S1 Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Sebelas Maret, Surakarta pada tahun 2001. Bekerja di SMK N 2 Wonosari dari tahun 2001, menyukai memasak, dan menulis. Pada tahun 2021 pernah menulis ebook yang dimuat di perpusnas berjudul “Let’s Learn English, English for SMK, Grade X”, dan proses menulis buku yang kedua berjudul “Tutorial Membuat Modul Ajar”. Tahun 2021 bulan Desember meulis jurnal hasil penelitian di Jurnal LPMP DIY berjudul “Optimalisasi Blended Learning untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris”. Yuana juga membantu UT BPJJ Yogyakarta sebagai tutor mata kuliah Bahasa Inggris untuk Guru SD/PAUD sejak tahun 2008. Email:yliverita2@gmail.com

Ihtiara Fitrianingsih, Universitas Negeri Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Ihtiara Fitrianingsih, S.Pd.,  M.Pd. adalah dosen program studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) S1 di Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Penulis menyelesaikan S1 di PBI FBS UNY pada tahun 2011 melalui penelitian PTK, dan S2 Linguistik Terapan PPs UNY pada tahun 2014 dengan tugas akhir R&D. Dengan pengalaman menerjemahkan karya ilmiah berupa artikel jurnal dari dosen-dosen di UNY, penulis menekuni keterampilan menulis atau writing. Saat ini, penulis sedang menempuh pendidikan doktor di prodi Ilmu Pendidikan Bahasa FBS UNY.

Diterbitkan
2023-02-20
Bagaimana cara mengutip:
Goodianti, Y. L., & Fitrianingsih, I. (2023). Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar English for Specific Purposes: Sebuah Penelitian Tindakan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 288-296. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.531
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 979 times
PDF downloaded: 815 times

Referensi

Apriyanti, D., Syarif, H., & Ramadhan, S. (2021). Video Feature Making in ESP-Based Public Speaking Class: A Student-Centred Learning in Vocational Higher Education Context. International Journal of Language Education, 5(1), 469–476. https://doi.org/10.26858/ijole.v5i1.15419

Asmiyah, S., Madjid, H. I., & Lestari, I. P. (2020). Project-Based Assessment in English for Specific Purposes. Journal of English Language Teaching and Islamic Integration, 3(2), 257–268.

Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan pembelajaran. Rineka Cipta. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=630363

Fahmayani, E. N. (2021). Pelaksanaan Link And Match 8+I di Smk Pusat Keunggulan SMKN 1 Dlingo. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 16(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/ptbb/article/view/44655

Hapsara, A. S. (2020). Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Daring Sosiologi melalui Pendekatan Problem Posing Berbasis Infografis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 9–19. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.170

Islama, A. W., Dzulfikri, D., & Nadzifah, W. (2022). Exploring the graduates’ perception of English language materials in Vocational High Schools. EnJourMe (English Journal of Merdeka) : Culture, Language, and Teaching of English, 7(1), 88–93. https://doi.org/10.26905/ENJOURME.V7I1.7445

Marina, M., Mursidah, M., & Roni, M. (2022). Development of Project-Based Learning Models for Teaching Accounting English in Higher Education. English Teaching and Linguistics Journal (ETLiJ), 3(2), 94–102. https://doi.org/10.30596/ETLIJ.V3I2.10457

Mujtaba, M., Zuana, M., & Pd, M. (2016). Implementing Project-Based Learning (PBL) Learning Course in ESP Classroom. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 115–125. https://doi.org/10.31538/NDH.V1I2.81

Muslih, M. (2014). Analisis Efektifitas Program Magang Untuk Sinkronisasi Link and Match Perguruan Tinggi Dengan Dunia Industri: Studi Terhadap Program Magang Pada Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara | Muslih | Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. Jurnal Manajemen & Bisnis, 14(1), 64–76. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/mbisnis/article/view/120/64

Nasihin, A., & Oktarini. (2022). The Impact of Using English Curriculum Design Based on Industry Needs in English Teaching on Vocational School to Improve Students English Skill for Industry Standard Working Communication. Education Quarterly Reviews, 5(1), 138–144. Available at SSRN: https://ssrn.com/abstract=4027239

Prodanović, М. M., & Gavranović, V. M. (2020). Developing Students’ Language Skills through Project-Based Teaching of the Languages for Specific Purposes-A Case Study. Teaching Innovations, 33(4), 136–145. https://doi.org/10.5937/inovacije2004136P

Ribiyanti, D. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Materi Garden Melalui Metode Bernyanyi pada Siswa Kelas Ii Di Mi Miftahul Huda Desa Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun 2014/ 2015 [IAIN Salatiga.]. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Ronaldo, O. (2016). Teaching Material for English Subject in Vocational High School. Proceedings of ISELT FBS Universitas Negeri Padang, 4(2), 170–179. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/selt/article/view/6974

Saliu, B., & Hajrullai, H. (2016a). Best Practices in the English for Specific Purpose Classes at the Language Center. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 232, 745–749. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2016.10.101

Saliu, B., & Hajrullai, H. (2016). Best Practices in the English for Specific Purpose Classes at the Language Center. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 232, 745–749. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2016.10.101

Soleh, D. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning melalui Google Classroom dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 137–143. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.239

Sudjana. (2005). Metoda statistika. Tarsito. https://elibrary.bsi.ac.id/readbook/201504/metoda-statistika

Sumantri, A. et al. (2020). Booklet Pembelajaran Daring. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI. https://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/12/Booklet-Pembelajaran-Daring.pdf

Syifa, T. A., & Safitri, L. (2020). The Need Analysis of Learning Materials for Teaching English for Specific Purpose at 2nd grade Computer Networking Students’ in SMKN 1 Bukittinggi. English Language Teaching and Research, 3(1). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/eltar/article/view/111363

Wulandari, D. (2022). Teaching Project Based Learning in English for Specific Purposes. Culturalistics: Journal of Cultural, Literary, and Linguistic Studies, 6(2), 1–10. https://doi.org/10.14710/CULTURALISTICS.V6I2.14071

Yuliana, C. (2020, May 18). Project Based Learning, Model Pembelajaran Bermakna di Masa Pandemi Covid 19. https://bpmplampung.kemdikbud.go.id/detailpost/project-based-learning-model-pembelajaran-bermakna-di-masa-pandemi-covid-19

Yuliana, L. M., Umi, S., & Widjaja, M. (2021). Implementasi pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) untuk peningkatan high order thinking skills siswa sma pada pembelajaran ekonomi. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan (JEBP), 1(12), 1195–1207. https://doi.org/10.17977/um066v1i122021p1195-1207

Zaeriyah, S. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Project Based Learning (PjBL) melalui Media Vlog Materi Senam Aerobik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 40-46. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.291