Pembelajaran Kooperatif dengan Metode STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kimia Konfigurasi Elektron dan Sistem Periodik

  • Anisna Erni SMK Negeri 2 Pandeglang, Pandeglang, Banten,  Indonesia

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini menerapkan pembelajaran kooperatif  dengan  metode STAD yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran kimia Materi Konfigurasi Elektron dan Sistem Periodik Unsur pada siswa kelas X APL 1  SMKN 2 Pandeglang melalui penerapan Pembelajaran  kooperatif dengan metode STAD. Kegiatan penelitian terdiri dari 6 tahapan yaitu; 1) Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa. 2) Menyajikan informasi. 3) Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar. 4) Membimbing kelompok dalam bekerja dan belajar. 5) evaluasi. 6) Memberikan penghargaan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu merencanakan, melaksanakan, mengamati, dan merefleksi. Data siswa yang diperoleh didapat dari tes hasil belajar dan lembar observasi. Pada siklus  1 perolehan data hasil belajar siswa belum menunjukkan nilai yang signifikan dibanding hasil belajar pra penelitian.  perolehan data tes hasil belajar pra penelitian menunjukkan bahwa dari jumlah 36 siswa kelas X APL 1 yang mengikuti tes awal pra tindakan pencapaian ketuntasan KKM hanya 25 % (9 orang siswa) dari 36 orang siswa. Pada siklus I  mencapai 44.44 % ( 16 orang siswa ) dari 36 peserta didik. Persentase keaktifan siswa diperoleh 67, 50 % dengan kategori cukup.  Pada siklus II  nilai ketercapaian KKM meningkat menjadi 88,89 %   %.( 32 0rang siswa) dari 36 orang peserta didik. Persentase keaktifan belajar peserta didik meningkat rata-rata  84,21 % dengan kategori sangat baik, dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran kooperatif dengan metode STAD bisa diterapkan untuk mencapai nilai hasil belajar yang lebih baik pada siswa kelas X jurusan APL 2  SMK Negeri 2 Pandeglang.

Kata Kunci: metode STAD, hasil belajar, konfigurasi elektron, sistem periodik

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-12-12
Bagaimana cara mengutip:
Erni, A. (2023). Pembelajaran Kooperatif dengan Metode STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kimia Konfigurasi Elektron dan Sistem Periodik . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 188-197. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.530
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 157 times
PDF downloaded: 101 times

Referensi

Anas, Muhammad. (2014). Mengenal Metodologi Pembelajaran. Pasuruan: Pustaka Hulwa

Anas Sujono. (2003). Pengantar Statitistik Pendidikan, Jakarta: Grafindo

Anisa Fernanda, E. E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Konfigurasi Elektron dengan Menggunakan. http://jep.ppj.unp.ac.id/indexx.php/jep: Jurusan Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Tanjungpura. JEP.

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI Tentang Pendidikan (2006). Jakarta: DEPAG RI.

Harjono. (2010). Meningkatkan Kompetensi Siswa Dalam Pembelajaran Kimia Melalui Pembelajaran Kooperatif STAD https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPP/article/view/186/192: Jurnal Penelitian Pendidikan. Kimia FMIPA UNNES

Hidayati A., Redjeki T.,Hastuti., ( 2012). Penerapan Model Pembelajaran Koopratif Tipe Student Team Achievement DIVISION (stad) untuk meningkatkan aktivitas dan Prestasi Belajar Kimia pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia Siswa Kelas XI MAN Klaten. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/1641/1203: Jurnal Pendidikan Kimia. Universitas Sebelas Maret.

Isnaini, Dian NH., (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Pokok Bahasan Struktur Atom dan Sistem Periodik di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bambel Kota Cane pada siswa Kelas X ATPH 1 SMK Negeri 1 Mojosongo Boyolali . Education, and Science: Journal of Chemistry . https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/CHEDS/article/view/693.

Kunandar. (2013). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Rajawali Pers.

Saidah, A., & Purba, M. (2002). Kimia Untuk SMK/MAK Kelas X . Jakarta: Erlangga.

Santi Utami S (2016). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Pembelajaran Dasar Sinyal Video pada siswa SMKN 1 Saptosari kelas X. Universitas Negeri Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Volume 22, Nomor 4, Oktober 2015.Hlm.425. https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/7840/6712.

Shoimin A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media

Slavin, Rebert. (2015). Cooperative Learning. Bandung:Nusa Media.

Supardi, Arikunto, S., & Suhardjono. (2006). Bumi Aksara. Jakarta: Penelitian Tindakan kelas.