Relevansi Pemikiran Pendidikan Ibnu Khaldun pada Pendidikan Islam Era Modern

  • Rika Nia Adina SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Wantini Wantini Universitas Ahmad Dahlan, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui tentang pendidikan Ibnu Khladun dan relevansinya dengan pendidikan di Indonesia saat ini. Artikel ini ditelaah dengan menggunakan metode kualitatif dan jenis pendekatan penelitian kepustakaan. Informasi yang diperoleh dalam artikel ini berasal dari majalah, buku dan catatan yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemikiran pedagogik Ibnu Khaldun masih sangat penting bagi pendidikan Indonesia. Hal ini tampak dalam konsep tujuan, metode, kurikulum dan pendidik Ibnu Khaldun yang sejalan dengan pendidikan Indonesia modern. Contoh keselarasan konsep pendidikan Ibnu Khaldun dengan pendidikan modern dapat dilihat pada tujuan pendidikannya. Tujuan pendidikan seperti yang dikemukakan oleh Ibnu Khaldun adalah menciptakan peserta didik yang cerdas dengan mengembangkan akal dalam mencari ilmu, menciptakan peserta didik yang berjiwa demokratis dan berjiwa sosial yang tinggi dengan keterampilan sosial dan menciptakan peserta didik yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT dengan peningkatan spiritualitas. Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan saat ini.

Kata Kunci: pemikiran Ibnu Khaldun, pendidikan, era modern

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-02-27
Bagaimana cara mengutip:
Adina, R. N., & Wantini, W. (2023). Relevansi Pemikiran Pendidikan Ibnu Khaldun pada Pendidikan Islam Era Modern. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 312-318. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.514
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 956 times
PDF downloaded: 1125 times

Referensi

Abidin Zainal, K. F. (2017). Penafsiran ayat-ayat amanah dalam Al- Qur’an. Jurnal Syahadah, 5(2). https://doi.org/10.32520/syhd.v5i2.188

Adina, R. N. (2022). Implementasi Maghrib Megaji Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an di Yayasan Al-Farisi School. Universitas Muhammadiyah Sumatra utara.

AL Manaf. (2020). Pemikiran Ibnu Khaldun Tentang Pendidikan dan Relevansinya Dengan Pendidikan Dunia. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 9(1), 1–16. https://doi.org/10.51226/assalam.v9i1.116

Asy’ari, M. K. (2014). Metode Pendidikan Islam. Qathruna, 1(1), 193–205. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/qathruna/article/view/252/251

Atabik, A. (2014). Teori Kebenaran Perspektif Filsafat Ilmu. Fikrah, 2(1), 253–271. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/fikrah/article/view/565/579

Daulay, H. P., Dahlan, Z., & Tarmizi, M. (2020). Pemikiran Pendidikan Islam Ibn Khaldun. Jurnal Kajian Islam Kontemporer (JURKAM). Kajian Islam Kontemporer, 1(2), 78–83.

irawan, M. wahyu. (2018). Konsep Pendidik dan Peserta Didik Menurut Abuddin Nata [Universitas Hidayatullah Jakarta]. In Bitkom Research (Issue 2). http://forschungsunion.de/pdf/industrie_4_0_umsetzungsempfehlungen.pdf

Jauhari, M. I. (2020). Konsep Pendidikan Ibnu Khaldun dan Relevansinya Terhadap Pendidikan di Era Modern. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan.

Kholili, A. N., & Fajaruddin, S. (2020). Manajemen strategik peningkatan mutu lembaga pendidikan Muhammadiyah di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 53–69. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.31630

Meiliasari, R., Utari, U., Alfianti, A., Purwanti, F., Prof, U. I. N., & Zuhri, K. H. S. (2022). Implementasi Tujuan Pendidikan Islam Dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Jurnal On Islamic Education, 6(2), 122-131.

Nasution, I. Z. (2020). Pemikiran Pendidikan Ibnu Khaldun. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 12(1), 69–83. https://doi.org/10.30596/intiqad.v12i1.4435

Nurani, S., Asikin, I., & Sobarna, A. (2014). Implikasi Konsep Manusia menurut Ibnu Khaldun dalam Kitab Muqaddimah terhadap Sifat Pendidik. 281–287.

Rii Rahman, Dinovia Fannil Kher, Y. A. R. (2017). Pendidikan Islam Bagi Remaja ( Upaya Penguatan Karakter Dengan Pendekatan Agama ): Journal of Islamic Studies Vol. 01 , No. 02., Juli-Desember 2017. 01(02), 94–104.

Rohmah, S. (2012). Relevansi Konsep Pendidikan Islam Ibnu Khaldun Dengan Pendidikan Modern. Forum Tarbiyah, 10(3).

Sholihat, Siti. Anwar, C. (2022). Tujuan Pendidikan Islam Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(6), 4. https://doi.org/10.30868/im.v4i02.2242

Wantini. Rahmawati, F. (2022). PENDIDIKAN ISLAM INTERDISIPLIER (satu). The Jornal Publishing.

Winata, koko adya. Ruswandi, uus. A. bambang samsul. (2021). Pendidikan Agama Islam dalam kurikulum Nasional. Students’ Difficulties at Elementary School in Increasing Literacy Ability, 3(1), 1–12. https://attractivejournal.com/index.php/aj/article/view/248/173

Zaqiyyaturrohmah, nofita. (2021). Konsep Pendidikan Islam Menurut Ibnu Khaldun dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Era Revolusi Industri 4.0. http://repository.iainkudus.ac.id/5634/5/5. BAB II.pdf