Relevansi Pemikiran Pendidikan Ibnu Khaldun pada Pendidikan Islam Era Modern
Abstrak
Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui tentang pendidikan Ibnu Khladun dan relevansinya dengan pendidikan di Indonesia saat ini. Artikel ini ditelaah dengan menggunakan metode kualitatif dan jenis pendekatan penelitian kepustakaan. Informasi yang diperoleh dalam artikel ini berasal dari majalah, buku dan catatan yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemikiran pedagogik Ibnu Khaldun masih sangat penting bagi pendidikan Indonesia. Hal ini tampak dalam konsep tujuan, metode, kurikulum dan pendidik Ibnu Khaldun yang sejalan dengan pendidikan Indonesia modern. Contoh keselarasan konsep pendidikan Ibnu Khaldun dengan pendidikan modern dapat dilihat pada tujuan pendidikannya. Tujuan pendidikan seperti yang dikemukakan oleh Ibnu Khaldun adalah menciptakan peserta didik yang cerdas dengan mengembangkan akal dalam mencari ilmu, menciptakan peserta didik yang berjiwa demokratis dan berjiwa sosial yang tinggi dengan keterampilan sosial dan menciptakan peserta didik yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT dengan peningkatan spiritualitas. Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan saat ini.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 Rika Nia Adina
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
![](/public/site/icon-graph.png)
![](/public/site/icon-pdf.png)