Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Google Document untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kolaboratif

  • Haryani Haryani SMA Negeri 1 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Discovery Learning berbantuan Google Document dan mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi pada materi Turunan Fungsi Aljabar. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA 4 SMA N 1 Yogyakarta tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 36. Penelitian dilakukan dengan dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri 2 pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi diperoleh menggunakan lembar observasi, dan angket yang diberikan pada pertemuan kedua tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model Discovery Learning berbantuan Google Document pada materi Turunan Fungsi Aljabar mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi peserta didik. Rata-rata keterampilan berpikir kritis peserta didik mengalami peningkatan dari 85,65% pada siklus 1 menjadi 89,35% pada siklus 2 dan kategori kritis. Rata-rata keterampilan kolaborasi meningkat dari 85,45% pada siklus 1 menjadi 90,58% pada siklus 2 dengan kategori sangat kolaboratif. 

Kata Kunci: discovery learning, google dokumen, keterampilan berpikir kritis, kolaborasi

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-02-23
Bagaimana cara mengutip:
Haryani, H. (2023). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Google Document untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kolaboratif . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 304-311. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.504
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 518 times
PDF downloaded: 424 times

Referensi

Aryani Wulan Dwi (2022, Maret, 20). Kolaborasi Google Document Tingkatkan Kolaborasi Peserta Didik. https://radarsemarang.jawapos.com/artikel/untukmu-guruku/2022/03/20/implementasi-google-docs-tingkatkan-kolaborasi-peserta-didik/.

Cintia. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia: Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1),23. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12808

Fatimah ( 2020). Google Document Sebagai Solusi Pengerjaan Tugas Kelompok dalam Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid 19: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 4(3), 160-168 http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1207.

Gupita, Lutfi Lingga Ratih (2016). Peningkatan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis Matematika siswa kelas VB pada materi pengukuran waktu melalui pembelajaran kontekstual SDN Perumnas Condongcatur. Skripsi. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta: https://repository.usd.ac.id/7348/

Lasmawati. (2022, September, 24). Kelebihan dan Kelebihan Google Document. https://droidly.co/kelebihan-dan-kekurangan-google-docs/

Latip., A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran ,1(2) , 108–16.

Muhammad, N.F. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning Berbantuan Google Document untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi siswa SMP. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.Yogyakarta: https://journal.uny.ac.id/index.php/jser/article/downloadSuppFile/51713/12210.

Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017). Penerapan model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan kemampuan Berpikir Kritis dan hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23–29. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12808

Lusiana, N. (2021). Penerapam Model Discovery Learning dalam Meningkatkan kualitas Pembelajaran dan Hasil Belajar Jumlah dan Selisih Sinus Kosinus XI IPA SMA Negeri Cisaat . CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 1(2), 106-111. https://doi.org/10.51878/cendekia.v1i2.152

Paulina. (2022). Discovery Learning Berbantuan Virtual Chemistry Laboratory untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2) 188-196. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.353

Rakhmawati, Mawardi (2021). Model Discovery Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritisi siswa kelas 5. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(1), 169-197.

Rosyid, F. (2016). Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Model Pembelajaran Remap TmPS (Reading Concept Map Timed Pair Share), Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 209-211.

Sulistiyawati (2020). Peningkatan keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar Materi Debit untuk siswa Kelas V SD keuntungan dengan Model STAD. Skripsi. Universitas Sanata Darma.

Subariyanto Muhammad Isro'I, Alben;Yulianti, Dwi ( 2022) Pengembangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik SD : Jurnal Iilmiah Pendidikan ,8(2), 77-79

Umbara (2017). Implikasi Teori Belajar Kontrukstivisme Dalam Pembelajaran Matematik:Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 3(2), 89-97