Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis, Berkomunikasi, Berkolaborasi, dan Kreativitas pada Matriks melalui Kriptografi Menggunakan PjBL-STEM

  • Suyanto Suyanto SMA Negeri 8 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Pendampingan dalam pembelajaran membantu peserta didik mencapai hasil di sekolah maupun transfer hasil belajar ke situasi baru dalam kehidupan. Untuk dapat hidup kompetitif mereka membutuhkan penguasaan keterampilan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, dan kreativitas atau 4C. Tujuan dilaksanakan penelitian tindakan kelas ini untuk mengetahui model PjBL-STEM melalui penerapan Kriptografi pada Matriks dapat meningkatkan keterampilan 4C peserta didik di SMA Negeri 8 Yogyakarta. Pelaksanaan penelitian dalam dua siklus masing-masing terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi menggunakan tahapan PjBL-STEM yaitu reflection, research, discovery, application, dan communication. Matriks digunakan dalam proses enkripsi maupun dekripsi. Rerata skor keterampilan 4C peserta didik pada siklus I 31,88 menjadi 35,2 pada siklus II dari skor maksimum 36. Penelitian ini juga menghasilkan data peningkatan rerata capaian LKPD kelompok dan individu yaitu 88,85 dan 96 pada siklus I serta siklus II adalah 98,88 dan 99,03. Rerata capaian Ulangan Harian maupun ketuntasan klasikal berturut-turut dari 86,10 dan 91,67% pada siklus I menjadi 91,11 dan 100% pada siklus II. Kenaikan rerata persentase pelaksanaan proses pembelajaran oleh pendidik maupun peserta didik pada siklus I masing-masing adalah 96% menjadi 100 % pada siklus II. Rerata capaian nilai produk program “Keamanan Informasi Sensitif” 88,61 dan poster 84,22. Rerata capaian dalam pembuatan laporan 87,65. Hasil penelitian menunjukkan PjBL-STEM dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan 4C peserta didik.

Kata Kunci: keterampilan 4C, matriks, kriptografi, PjBL-STEM

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-01-20
Bagaimana cara mengutip:
Suyanto, S. (2023). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis, Berkomunikasi, Berkolaborasi, dan Kreativitas pada Matriks melalui Kriptografi Menggunakan PjBL-STEM. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 216-225. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.503
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 459 times
PDF downloaded: 335 times

Referensi

Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Pendidikan Agama Islam,

Astuti I. D., Toto & Yulisma, L. (2019). Model Project-Based Learning (PjBL) Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Aktivitas Belajar Siswa. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 11(2), 93-98. DOI:10.25134/quagga.v11i2.1915

Brown, B. (2015). Twenty First Century Skills: A Bermuda College. Twenty First Century Skil, 58-64.

Capraro. R.M, Capraro. M.M., Morgan, J.R. (2013). STEM Project-Based Learning: An Integrated Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Approach. (second ed). Rotterdam: Sense Publishers. DOI: 10.1007/978-94-6209-143-6

Erdriani, D., & Devita, D. (2021). Aplikasi Matriks pada Ilmu Kriptografi dengan Menggunakan Matlab. Jurnal KomtekInfo, 8(2), 163–168. https://doi.org/10.35134/komtekinfo.v8i2.112

Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. California: Corwin.

Gafour, O.W.A & Gafour, W. (2020). Creative Thinking skills. A Review article. Tersedia di: https://www.researchgate.net/publication/349003763

Han, S., Capraro, R., & Capraro, M. M. (2015). How Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Project-Based Learning (PBL) Affects High, Middle, and Low Achievers Differently: The Impact of Student Factors on Achievement. International Journal of Science and Mathematics Education, 13(5), 1089-1113. DOI:10.1007/S10763-014-9526-0 Corpus ID: 145334443

Laboy-Rush, D. (2015). Integrated STEM Education Through Project-Based Learning-Students at The Center. Tersedia di: di https://studentsatthecenterhub.org Diakses 20 Juni 2021.

Lydiati, I. (2019). Peningkatan Kreativitas Peserta Didik pada Materi Statistika Melalui Model Pembelajaran PjBL-STEM Kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 7 Yogyakarta. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(2), 51-60. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i2.94

N. Milaturrahmah, M Mardiyana, and I Pramudya. (2017). Mathematics Learning Process with Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) Approach in Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 895 (2017) 012030 DOI:10.1088/1742-6596/895/1/012030 Corpus ID: 64644890

Nugraha, I., Aribowo, E. (2015). Pengembangan Alat Bantu Belajar Algoritma Kriptografi Product Cipher Termodifikasi Berbasis Web. Jurnal Sarjana Teknik Informatika, 3(3). ISSN 2809-3399. Tersedia di: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF/article/view/3085

Partnership for 21st Century Learning. (2015). P21 Framework for 21st Century Learning. http://www.p21.org/about-us/p21-framework

Partono, P., Wardhani, H., Setyowati, N., Tsalitsa, A., & Putri, S. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 41-52. DOI:10.21831/jpipfip.v14i1.35810 Corpus ID: 235538046

Rasiman. (2015). Leveling of Critical Thinking Abilities of Students of Mathematics Education in Mathematical Problem Solving. IndoMS-Journal of Mathematics Education, 6(1), 40-52. p-ISSN:2087-8885 e-ISSN: 2407-0610

Sinaga, I.P. (2021). Implementasi Kriptografi Hybrid Algoritma Algamal dan Double Playfair Cipher dalam Pengamanan File JPEG berbasis deskstop. Journal of Informatics, Electrical, and Electronics Engineering, 1(2), 67-74. https://journals.com/jieee

Stohlmann, M., Moore, T.J., & Roehrig, G.H. (2012). Considerations for Teaching Integrated STEM Education. Journal of Pre-College Engineering Education Research (J-PEER), 2(1), 28-34. DOI:10.5703/1288284314653 Corpus ID: 31613535

Tseng, K.H, Chang. C.C, Lou S.J, & Chen W.P. (2011). Attitudes Towards Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) in a Project-Based Learning (PjBL) Environment. International Journal Technology and Design Education. 23, 87–102. DOI:10.1007/s10798-011-9160-x

Widana, I.W., Septiari, K.L. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Project-Based Learning Berbasis Pendekatan STEM. Jurnal Elemen, 7(1), 209–220. DOI: 10.29408/jel.v7i1.3031.

Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and Inovation skills untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Seminar 2nd Science Education National Conference di Universitas Trunojoyo Madura 13 Oktober. https://www.researchgate.net/publication/332469989