Konsep Technological Pedagogical and Content Knowledge dan Analisis Kebutuhan dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran

  • Alfi Rahmatin Ulya UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Isnaini Lubis UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Sukiman Sukiman UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Tantangan perkembangan dunia khususnya dalam pelaksanaan pembelajaran semakin menuntut terhadap tersedianya sumber daya manusia (SDM) yang menguasai ilmu pengetahuan, dan teknologi (IPTEK). Technological Pedagogical Content Knowledge dapat menjadi sebuah alternatif untuk dijadikan acuan bagi pendidik untuk mengembangkan pembelajaran dengan model baru yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan menggali informasi mengenai pelaksanaan pembelajaran berbasis teknologi serta mengenalkan model TPACK bagi guru sebagai khazanah keilmuan untuk menjadi guru yang cakap dan ahli di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data observasional dan dokumentasi. TPACK adalah kerangka kerja guru untuk mengembangkan desain pembelajaran, menurut temuan. Desain TPACK ini menggabungkan tiga elemen kunci: teknologi, pedagogi, dan konten. knowledge. Kesiapan dunia pendidikan dalam menghadapi tantangan perkembangan dunia salah satunya adalah dengan lihai menggunakan teknologi sebagai media maupun sumber pembelajaran. Pelaksanaan TPACK bisa dilakukan dengan terlebih dahulu melaksanakan proses analisis kebutuhan agar seluruh bagian yang ada di dalamnya dapat relevan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Hasil dari artikel ini bisa digunakan sebagai acuan pengembangan perangkat pembelajaran pada era 4.0 saat ini. Berbagai penelitian tentang pengetahuan konten pedagogis teknologi (TPACK) dan pengetahuan konten pedagogis (PCK), yang keduanya sangat penting untuk pengembangan keterampilan profesional guru dan calon guru, telah dilakukan. Dari sini peneliti menemukan bahwa salah satu kebutuhan dalam pengembangan perangkat pembelajaran adalah pada kemampuan guru dalam menguasai konsep TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge).

Kata Kunci: TPACK, analisis kebutuhan, perangkat pembelajaran

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-01-20
Bagaimana cara mengutip:
Ulya, A. R., Lubis, I., & Sukiman, S. (2023). Konsep Technological Pedagogical and Content Knowledge dan Analisis Kebutuhan dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 208-215. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.501
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 997 times
PDF downloaded: 1295 times

Referensi

Adila, D. R., & Kurniawan, A. (2020). Proses Kematangan Emosi Pada Individu Dewasa Awal yang Dibesarkan dengan Pola Asuh Orang Tua Permisif. INSAN Jurnal Psikologi Dan Kesehatan Mental, 5(1), 21. https://doi.org/10.20473/jpkm.v5i12020.21-34

An, S, Kulm, G, & Wu, Z. (2004). The Pedagogical Content Knowledge of Middle School, Mathematics Teachers. Journal of Mathematics Teacher Education 7:145-172.

Burhan. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif. PT. Raja Grafindo Persada.

Chai, C. S., Koh, J. H. L., & Tsai, C. C. (2013). A review of technological pedagogical content knowledge. Educational Technology and Society, 16(2), 31–51.

Darini, R. dkk. (2010). Soialisasi Mengenai Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Para Ibu Muda. April, 1–52.

Drajati, N. A., Tan, L., Haryati, S., Rochsantiningsih, D., & Zainnuri, H. (2018). Investigating English language teachers in developing TPACK and multimodal literacy. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 7(3), 575–582. https://doi.org/10.17509/ijal.v7i3.9806

Jordan, K. (2011). Beginning Teacher Knowledge: Results from a Self-Assessed TPACK Survey. Australian Educational Computing.

K, H. (2006). English For Academic Purpose An Advance Resource Book. Routledge ).

Kamalia Devi, P. (2009). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Guru SMP. P4TK.

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record: The Voice of Scholarship in Education, 108(6), 1017–1054. https://doi.org/10.1177/016146810610800610

Muhlison, O. (2014). GURU PROFESIONAL (Sebuah Karakteristik Guru Ideal Dalam Pendidikan Islam). Jurnal Darul ’Ilmi, 02(02), 46–60.

S, Cox & Graham, C, R. (2009). Diagramming TPACK in Practice: using andElaborated of The TPACK framework To Analyze and Depict Teacher Knowledge. TeachTrends, 5(53).

Schmidt, D. A., Thompson, A. D., Koehler, M. J., & Shin, T. S. (2014). CIE 2014 - 44th International Conference on Computers and Industrial Engineering and IMSS 2014 - 9th International Symposium on Intelligent Manufacturing and Service Systems, Joint International Symposium on "The Social Impacts of Developments in Informat. CIE 2014 - 44th International Conference on Computers and Industrial Engineering and IMSS 2014 - 9th International Symposium on Intelligent Manufacturing and Service Systems, Joint International Symposium on "The Social Impacts of Developments in Informat, 42(2), 2531p.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Suryawati, E., L.N, F., & Hernandez, Y. (2014). Analisis Keterampilan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) Guru Biologi Sma Negeri Kota Pekanbaru. Jurnal Biogenesis, 11(1), 67–72.

Sutrisno. (2011). Pengantar Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Gaung Persada.

Warsito, H. (2012). HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DENGAN PENYESUAIAN AKADEMIK DAN PRESTASI AKADEMIK (Studi Pada Mahasiswa FIP Universitas Negeri Surabaya). Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 29. https://doi.org/10.24036/pendidikan.v9i1.119

Wiyaka, ., Mujiyanto, J., & Rukmini, D. (2018). Students’ Perception on the Usefulness of ICT-Based Language Program. English Language Teaching, 11(2), 53. https://doi.org/10.5539/elt.v11n2p53

Yundayani, A. (2019). Technological pedagogical and content knowledge : konsep analisis kebutuhan dalam pengembangan pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1(1), 1–6.

Yuniastuti, N. (2021). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Daring Biologi melalui Home Based Experiment Model Inquiry Based Learning. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(1), 92-100. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i1.197