Pengembangan Sensor dan Aktuator Dasar Berbasis Arduino pada Capaian Pembelajaran Embedded System Fase F

  • Syamsul Jamal Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Jawa Timur,  Indonesia
  • Sulis Janu Hartati Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Jawa Timur,  Indonesia
  • Abdul Wahid Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Tujuan dari penelitian pengembangan sensors dan actuator dasar berbasis arduino pada capaian pembelajaran embedded system fase f ini adalah: mampu mengembangkan media pembelajaran dalam hasil pembelajaran embedded system, mampu melakukan aktivitas media pembelajaran dengan hasil belajar embedded system, serta dapat meningkatkan hasil belajar embedded system siswa kelas XI bidang Keahlian teknik elektronika industri SMK Negeri 1 Tambelangan. Penelitian ini mengadopsi metodologi penelitian dan pengembangan yang terdiri dari; peluang dan tantangan, pengumpulan data, desain produk, verifikasi desain, revisi desain, uji produk, revisi produk, uji penggunaan, dan revisi produk. Obyek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran dasar sensor dan actuator. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung dan pengisian angket (kuesioner). Validasi media pembelajaran dilakukan oleh dua pakar materi dan dua pakar media, sedangkan untuk uji coba penggunaan dilakukan di SMK Negeri 1 Tambelangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil validasi materi dari penelittian ini mencapai kelaikan sebesar 90% dan hasil validasi media dari penelitian ini menunjukkan kelaikan sebesar 89,98% sedangkan untuk ujicoba pengguna memperoleh 80% dengan kategori sangat layak. Penggunaan Media Pembelajaran trainer sensor dan actuator dapat meningkatkan prosentase kelulusan peserta didik dari PreTest sebesar 6 % hingga PostTest menjadi 80,0%. Sehingga media pembelajaran sensors dan actuator dasar ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada capaian pembelajaran embedded system Fase F.

Kata Kunci: media pembelajaran, sensors, actuator, pengembangan

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Syamsul Jamal, Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Jawa Timur

Syamsul Jamal, S.T, S.Pd, Lahir di pulau garam kota Sampang – Madura, Jawa Timur. Tepatnya tanggal 01 Pebruari 1979. Menempuh pendidikan dasar sampai dengan pendidikan tingkat menengah atas di kota sampang. Sekolah Dasar di SD Negeri 1 Banyuanyar, Sekolah Lanjutan Pertama di SMP Negeri 3 Sampang, Sekolah Menengah Atas di SMA Negeri 1 Sampang. Sehabis menempuh pendidikan di Kota Sampang dilanjutkan ke kota Pahlawan Surabaya. Pada Tahun 1996 masuk perguruan tinggi di Institut Teknologi Sepuluh Nopember dengan Jurusan Komputer Kontrol dan pada tahun 1997 masuk perguruan tinggi di Universitas Negeri Surabaya dengan jurusan Elektronika Komunikasi. Pada saat menempuh pendidikan di perguruan tinggi penulis mengikuti beberapa pelatihan-pelatihan antara lain : Pelatihan Programable Logic Controller (PLC), Pelatihan Mikrokomputer, Pelatihan Operating System Unix, Pelatihan Bahasa Pemrograman C++ dan Pascal serta pelatihan K3. Selesai menempuh studi di Surabaya pada tahun 2002-2003, penulis bekerja di sebuah perusahaan pertambangan emas di Freeport Indonesia-Papua selama 1 tahun, perusahaan Hali Burton di Jakarta selama 1 tahun dan selama 1 tahun PT Sharp Indonesia di Tangerang. Selain bekerja di sebuah perusahaan besar penulis juga pernah bekerja di sebuah institusi pendidikan antara lain : Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya (SAIMS) dan SMP Muhammadiyah 12 Gresik. Tahun 2006 penulis diterima Pegawai Negeri Sipil dan mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tambelangan, sebuah sekolah yang berdiri di sebuah desa kecil di Kota Sampang sampai saat ini. Penulis mengajar di SMK tersebut dengan pelajaran : Elektronika Digital, Mikroprosesor, PLC serta beberapa pelajaran Komputer khususnya Dunia Jaringan Komputer berbasis Linux. Sampai saat ini juga penulis aktif sebagai praktisi elektronika dan jaringan komputer di wilayah kota Sampang.

Diterbitkan
2023-01-31
Bagaimana cara mengutip:
Jamal, S., Hartati, S. J., & Wahid, A. (2023). Pengembangan Sensor dan Aktuator Dasar Berbasis Arduino pada Capaian Pembelajaran Embedded System Fase F. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 232-237. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.498
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 810 times
PDF downloaded: 416 times

Referensi

Arduino. (n.d.). (t.thn.). Arduino Language Reference. Dipetik Januari 11, 2022, dari https://www.arduino.cc/reference/en/.

Arief, S. S. (2011). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Arifin, Z. (2013). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Basuki, A, & Pramono, H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Water Level Monitoring Untuk Mata Pelajaran Sensors dan Actuator Teknik Elektronika Industri. Jurnal Pendidikan Teknik Mekatronika, Vol. 8 No.5, 383-391.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

e-belajarelektronika. (t.thn.). Sensors Gerak PIR (Passive Infra Red). Dipetik Januari 12, 2022, dari http://e-belajarelektronika.com: http://e-belajarelektronika.com/sensors-gerak-pir-passive-infra-red/

e-belajarelektronika. (t.thn.). Bentuk dan Karakteristik Sensors suhu LM35. Dipetik Januari 12, 2022, dari http://e-belajarelektronika.com/bentuk-dan-karakteristik-sensors-suhu-lm35/: http://e-belajarelektronika.com/bentuk-dan-karakteristik-sensors-suhu-lm35/

Elektronika, T. (t.thn.). Pengertian Light Dependent Resistor dan Cara Mengukurnya. Dipetik Januari 12, 2022, dari http://e-belajarelektronika.com: http://e-belajarelektronika.com/LDR

Hidayat, E, & Sudira, P. (2018). Trainer Sensors and Actuator As A Learning Media for Class XI Industrial Electronic Engineering SMK Negeri 3 Wonosari. Jurnal Pendidikan Elektronika, Vol. 7 No 3, 87-93.

Jariyah, A, & Suryono. (2020). Pengembangan Trainer Sensors pada Mata Pelajaran Sensors dan Actuators Kelas XI Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Sunan Drajat Lamongna. Junal Edu Elektrika, Vo. 9 No. 1, 11-18.

Sakti, E. (t.thn.). Sensors Ultrasonik. Dipetik Januari 12, 2022, dari https://www.elangsakti.com: https://www.elangsakti.com/2015/05/sensors-ultrasonik.html.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Syaefudin, N, & Hertanto, B. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Kit Sensors dan Actuator untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Teknik Mekatronika, Vol. 6 No.3, 258-267.

Triyanto,A, & Arifin, F. (2016). Pembelajaran Sensors Pir Parallax, Half Effect, dan Sensors Ds18b20 pada Mata Pelajaran Sensors dan Actuator di SMK Muhammadiyah Prambanan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektronika, Vol. 5 No. 5, 1-6.