Pengembangan Buku Panduan Pendidikan Karakter Optimis Berbasis Permainan Tradisional Untuk Anak Usia 10-12 Tahun

  • K. Indah Dwi Prastiwi Universitas Sanata Dharma, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Gregorius Ari Nugrahanta Universitas Sanata Dharma, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Perilaku anak yang mudah menyerah, kurang mengenal pribadinya dan memiliki motivasi yang rendah mencerminkan rendahnya karakter optimis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan pendidikan karakter optimis berbasis permainan tradisional untuk anak usia 10-12 tahun. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) tipe ADDIE dengan melibatkan sepuluh guru sekolah dasar untuk needs analysis. Sepuluh validator yang terdiri dari lima guru sekolah dasar, empat dosen sebagai ahli dan satu praktisi budaya yang berperan menjadi expert judgment, serta delapan anak untuk uji coba terbatas buku panduan pendidikan karakter. Hasil dari penelitian ini menunjukkan  1) buku panduan pendidikan karakter optimis berbasis permainan tradisional untuk anak usia 10-12 tahun dikembangkan melalui tahap analyze, design, develop, implement, dan evaluate; 2) buku panduan pendidikan karakter memiliki kualitas dalam kualifikasi “Sangat baik” yang ditunjukkan dengan perolehan skor sebesar 3.94 (Skala 1-4) dengan saran “Tidak perlu revisi”; dan 3) penerapan buku panduan pendidikan karakter berpengaruh terhadap karakter optimis anak berdasarkan pada hasil uji signifikansi dengan perolehan  t(7) = 18.834 ; p < 0,05. Besar pengaruhnya yakni r = 0,9903 dan tergolong dalam kualifikasi “Efek besar” atau sebanding dengan 98.06%. Buku panduan memiliki tingkat efektivitas dalam kategori “Tinggi” berdasarkan pada perhitungan N-gain score yang menunjukkan persentase sebesar 90.36%. Dengan demikian, buku panduan pendidikan karakter efektif digunakan lantaran berpengaruh terhadap karakter optimis anak usia 10-12 tahun.

Kata Kunci: permainan tradisional, karakter optimis, buku panduan pendidikan karakter

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2022-12-05
Bagaimana cara mengutip:
Prastiwi, K. I. D., & Nugrahanta, G. A. (2022). Pengembangan Buku Panduan Pendidikan Karakter Optimis Berbasis Permainan Tradisional Untuk Anak Usia 10-12 Tahun. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 179-188. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.497
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 558 times
PDF downloaded: 348 times

Referensi

Astuti, N. D., & Nugrahanta, G. A. (2021). Pengembangan buku panduan permainan tradisional untuk menumbuhkan karakter kebaikan hati anak usia 9-12 tahun. JPRD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 4(2), 141-155. https://doi.org/10.26618/jrpd.v4i2.6016

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. Georgia: Springer.

Cohen, J. (1988). Statistical power analysis for the behavioural sciences (2nd ed.). New York: Academic Press.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research methods in education (6th ed.). London and New York: Routledge.

Dybicz, P. & Pyles, L. (2011). The dialectical method: A critical and postmodern alternative to the scientific method. Advances in Social Work, 12(2), 301-317.

Fajarwati, Y. E. & Nugrahanta, G. A. (2021). Buku panduan permainan tradisional untuk menumbuhkan karakter empati anak usia 9 – 12 tahun. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 437-446. http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v4i3

Fauzi, A. R., Zainuddin., & Atok, R. A. (2017). Penguatan karakter rasa ingin tahu dan peduli sosial melalui discovery learning. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 27-36. http://dx.doi.org/10.17977/um022v2i22017p079

Hadi, T. R. P. & Nugrahanta, G. A. (2021). Permainan tradisional dan kontribusinya untuk sikap hormat anak. Jurnal Education and development, 9(4), 226-234.

Harpan, A. (2015). Peran religiusitas dan optimisme terhadap kesejahteraan psikologis pada remaja. EMPATHY: Jurnal Fakultas Psikologi, 3(1), 1-17.

Helvana, N., & Hidayat, S. (2020). Permainan tradisional untuk menumbuhkan karakter anak. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 253-260.

Inayah, D., & Nursalim, M. (2019). Penerapan bimbingan kelompok teknik permainan komunikatif untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial pada siswa kelas vii di smp plus nurul hikmah pamekasan. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling, 10(2).

Irmanella, S. & Ardoni. (2013). Pembuatan buku pedoman perpustakaan sebagai sarana promosi di PUGB. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 2(1), 630-639. https://doi.org/10.24036/2457-0934

Iskandar, W., & Narimo, S. (2019). Pengelolaan full day school dalam membentuk karakter siswa sd. Manajemen Pendidikan, 13(2), 24-33.

Jensen, E. (2011). Pembelajaran berbasis otak. Jakarta: PT Indeks.

Lumbin, N. F., Yakob, R., Daud, N., Yusuf, R., Rianti, R., & Ardini, P. (2022). Permainan tradisional gorontalo ponti dalam menumbuhkan nilai-nilai karakter anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 52-59.

Manik, Dwi Lusiana dkk. (2022). Pengaruh permainan tradisional boi-boian terhadap karakter percaya diri siswa usia 10-12 tahun sd salomo pontianak. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 13(2), 731-737.

Mu’min, S. A. (2013). Teori pengembangan kognitif Jean Piaget. Jurnal AL-Ta’dib, 6(1), 89-99. https://doi.org/10.31332/atdb.v6i1.292

Murdaningrum, N. & Nugrahanta, G. A. (2021). Peran permainan tradisional dalam meningkatkan kontrol diri anak usia 6-8 tahun. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 1(1), 32-47. https://doi.org/10.22437/gentala.v6i2.14813

Musbikin, I. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter: Referensi pembelajaran Untuk Guru dan Siswa SMA/MA. Nusamedia.

Nurindah, M., Afiatin, T., & Sulistyarini, I. (2012). Meningkatkan optimisme remaja panti sosial dengan pelatihan berpikir positif. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 4(1), 57-76.

Peterson, C. & Seligman, M. E. P. (2004). Character strengths and virtues: A handbook and classification. Oxford: Oxford University Press.

Prasetio, P. A. & Praramdana, G, K. (2020). Gobak sodor dan bentengan sebagai permainan tradisional dalam pembelajaran penjasorkes berbasis karakter pada sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1), 19-28. https://journal.uniku.ac.id/index.php/pedagogi

Renolita, M., Habsy, B. A., & Arifah, S. (2019). Keefektifan bimbingan kelompok melalui permainan tradisional (gobak sodor) dalam menumbuhkan rasa percaya diri anak usia dini. Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia, 2(1), 12-25. http://ejournal.undar.ac.id/index.php/thalaba/article/view/433

Samani, Muchlas, Hariyanto. 2012. Pendidikan karakter. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya. Tanjung, Flores. Strategi Belajar Mengajar. Medan: Unimed Press.

Sanggita, D. T. & Nugrahanta, G. A. (2022). Peran permainan tradisional guna menguatkan karakter kebaikan hati pada anak. Edukatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 79-93. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Simmamora, M. & Nugrahanta, G. A. (2021). Permainan tradisional dan kontribusi untuk karakter toleransi anak. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(3), 635-648. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.115

Suseno, M. N. M. (2013). Efektivitas pembentukan karakter spiritual untuk meningkatkan optimisme terhadap masa depan anak yatim piatu. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 5(1), 1-24.

Suyitno, I. (2012). Pengembangan pendidikan karakter dan budaya bangsa berwawasan kearifan lokal. Jurnal pendidikan karakter, 3(1).

Widoyoko, S. E. (2014). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Widyana, T. C. & Nugrahanta, G. A. (2021). Peran permainan tradisional terhadap karakter empati anak usia 6-8 tahun. Jurnal Basicedu, 5(6), 5445–5455. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Wiyani, N.A. (2013). Membangun pendidikan karakter di sd konsep, praktik, & strategi. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media

World Economic Forum. (2015). New vision for education unlocking the potential of technology. Geneva: World Economic Forum.

Yustisia, J. E. & Nugrahanta, G.A. (2021). Pengembangan buku panduan permainan tradisional untuk menumbuhkan karakter keadilan anak usia 6-8 tahun. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(02), 1-16. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081

Zubaedi. (2012). Desain pendidikan karakter: konsep dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Jakarta: Kencana

Memperbanyak baca artikel dari penulis yang sama