Pembelajaran Kemandirian untuk Anak Usia Dini

  • Rujiah Rujiah Universitas Ibn Khaldun, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat,  Indonesia
  • Imas Kania Rahman Universitas Ibn Khaldun, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat,  Indonesia
  • Maemunah Sa’diyah Universitas Ibn Khaldun, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan merumuskan kegiatan pembelajaran untuk membentuk kemandirian anak usia dini, Kemandirian akan mendorong karakter bertanggung jawab, anak yang mandiri adalah anak yang akan siap menyongsong masa depannya. Peran orang tua sangat besar dalam melatih kemandirian anak, namun pada perkembangannya banyak orang tua tidak lagi bisa sendiri dalam mendidik anaknya maka dibutuhkan adanya lembaga pendidikan terutama dalam rangka membentuk kesiapan kemandirian anak dalam arti siap untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya, maka manajemen kegiatan pembelajarannya harus memenuhi konsep kesiapan belajar dan kesiapan sekolah. Penelitian dilaksanakan di TKIT Salman Al-Farisi Sleman Jogjakarta, objek dalam penelitian sebanyak 24 anak. Metode Penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif dilakukan melalui teknik penelitian lapangan (field research). Ada enam aspek perkembangan yang terangkum dalam beberapa kegiatan kemandirian yang dilaksanakan, kerjasama sekolah dan orang tua murid dalam tugas kemandirian sangat diperlukan. Kegiatan tugas kemandirian dilakukan sesuai kegiatan pembelajaran mingguan dan kegiatan pembelajaran harian. Orang tua hanya melakukan pendokumentasian kegiatan di rumah, untuk checklist penilaian dilakukan oleh guru. Setelah diberikan tugas latihan kemandirian, perkembangan kemandirian anak meningkat dalam kategori berkembang sesuai harapan.

Kata Kunci: kemandirian, anak usia dini, kegiatan pembelajaran

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-01-31
Bagaimana cara mengutip:
Rujiah, R., Rahman, I. K., & Sa’diyah, M. (2023). Pembelajaran Kemandirian untuk Anak Usia Dini. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 238-246. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.491
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 1009 times
PDF downloaded: 813 times

Referensi

As Sa’id Al-Maghribi, Al-Maghribi. (2021). Begini Seharusnya Mendidik Anak (Panduan Mendidik Anak Sejak Masa Kandungan Hingga Dewasa Berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah). Darul Haq. 113-128

Bakhtiar, Nurhasana. (2020). Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini Menurut Hadist Nabi, Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. 3(1). 37

Chairilsyah, David. (2019). Analisis Kemandirian Anak Usia Dini, Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 89-90

Chrystina, Ani. (2019). Tuntas Kemandirian Investasi sampai Akhirat, Sidoarjo.Fiila Press, 11

Chrystina, Ani. (2020). Tuntas Seksualitas Pendidikan Fitrah Seksualitas Anak Laki-laki Dan Perempuan. Sidoarjo. Fillapress. 03-19

Djafri, Novianty. (2021). Manajemen Kepemimpinan Inovatif pada Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Merdeka Belajar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1443 H

Fathirezaie, Zahra. (2021). The Effect of Environmental Conteks on Motor Proficiency and Social Maturity of Children: An Ecological Perspektive. Article Children, 157

Geofanny, Ravika. (2016). Perbedaan Kemandirian Anak Usia Dini Ditinjau Dari Ibu Bekerja Dan Tidak Bekerja, Psikoborneo, 4(4), 465

Hapsara, A. S. (2019). Membangun Karakter Mandiri pada Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Strategi Scrum di Negara Totochan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(1), 12-21. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i1.78

Hayati, Miratul dan Purnama, Sigit. (2019). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Depok. Rajawali Pers. Hlm. 129

Hurlock, Elizabeth B. (1997). Perkembangan Anak jilid 1. Jakarta. Erlangga. Hlm. 163-261

Idris, Meity H. (2014). Strategi Pembelajaran yang Menyenangkan. Jakarta. Luxima. Hlm. 16-30

Khairani, Makmun. (2013). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta. Aswaja Presindo. 62-131

Kurniasih, (2021). Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini melalui Kegiatan Jurnal Pagi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(2). 2250-2258

Montessori, Maria. (2020). Dr. Montessori’s Own Handbook Indahnya Mendidik Dengan Hati. Bentang. Hlm, 28

Mulyasa. (2019). Manajemen PAUD. Bandung.Remaja Rosdakarya. 146

Nafiqoh, Heni. (2020). Penilaian Evaluasi Perkembangan. Pdf.

Permata Sari, Ratih. (2019). Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Maknawi. 68

Permendikbud-nomor-137 -tahun-2014_(peraturanpedia.id).pdf

Ratumanan dan Rosmiati, Imas. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Depok. Rajagrafindo Persada. 2-4

Santrock, John W. (2007). Perkembangan Anak. Erlangga. Hlm. 57

Sunarti, Kustiah. (2015). Pola Asuh Orang Tua Dan Kemandirian Anak, Makasar.Edukasi Mitra Grafika, 12

Susanto, Ahmad. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Konsep Dan Teori. Jakarta. Bumi Aksara. Hlm. 37-41

Tafsir, Ahmad. (2019). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung. Remaja Rosdakarya. Hlm.120-121

Ulwan, Abdullah Nasih. (2020). Tarbiyatul Aulad Pendidikan Anak Dalam Islam, Sukoharjo. Insan Kamil, 97-512

Wiyani, Novan Ardi (2020). Dasar-Dasar Manajemen PAUD konsep, karakteristik dan Implementasi manajemen PAUD. Yogyakarta. Arruz Media. Hlm. 16-20

Yulis, Setio Wati (2021). Implementasi Merdeka Belajar Di PAUD. Yogyakarta. Gava Media. Hlm. 55

Yus, Anita (2012). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman kanak-Kanak. Jakarta, Kencana. 18-69

Memperbanyak baca artikel dari penulis yang sama