Treatment CBT Islami Dalam Peningkatan Regulasi Diri Belajar Santri di Pondok Pesantren

  • Isna Sufyaningsih Munawar Universitas Ibn Khaldun, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat,  Indonesia
  • A. Rahmat Rosyadi Universitas Ibn Khaldun, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat,  Indonesia
  • Imas Kania Rahman Universitas Ibn Khaldun, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana tingkat regulasi diri belajar santri MTs di Pondok Pesantren Daarul II Rahman Bogor, untuk menganalisis bagaimana meningkatnya regulasi diri belajar santri Mts di Pondok Pesantren Daarul Rahman II Bogor setelah mendapatkan konseling cognitive behavior therapy Islami dan untuk merumuskan bagaimana konseling cognitive behavior therapy Islami yang efektif untuk meningkatkan regulasi diri belajar santri tingkat Mts. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitafif dengan metode quasi experiment dan model nonequivalent control group design melalui pendekatan pre-posttest dan dibandingkan dengan kelompok kontrol, berdasarkan hasil penelitian, tingkat reagulasi diri dalam belajar santri MTs pada kategori rendah sebanyak 3 santri, yang sedang 11 santri dan yang tinggi 16 santri. Setelah dilaksanakan konseling cognitive behavior therapy Islami, terjadi peningkatan yakni, pada kategori sedang dari 11 santri mengalami penurunan menjadi 2 santri dan pada kategori tinggi dari 16 santri meningkat pesat menjadi 27 santri. Kelompok eksperimen memiliki mean 90,37 sedangkan kelompok kontrol memiliki mean 83,57. Dengan Demikian maka dapat diartikan regulasi diri belajar dapat ditingkatkan dengan memberikan treatment CBT Islami.

Kata Kunci: treatment, cognitive behavior therapy Islami, regulasi diri dalam belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2022-11-25
Bagaimana cara mengutip:
Munawar, I. S., Rosyadi, A. R., & Rahman, I. K. (2022). Treatment CBT Islami Dalam Peningkatan Regulasi Diri Belajar Santri di Pondok Pesantren. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 164-170. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.487
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 411 times
PDF downloaded: 249 times

Referensi

Aziz, Jamil Abdul, Self Regulated Learning dalam Al-Qur’an, Jurnal Pendidikan Agama Islam, XI(1), 81-97.

Beck, Aaron T (1993), Cognitive Behavior Therapy Abuse. New York, The Guilford Press, 12

Budiyono Alief (2020), Penerapan Konseling Kognitif Untuk Meningkatkan Regulasi diri Narapidana di Lapas Kelas IIA Purwokerto, Prophetic: Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal, 3(2), 37-50.

Chin (2004), Self-regulated learning in science, Singapura: McCraw-Hill Education Journal, 223.

Dobson, Keith S. Dobson (2001), Handbook of Cognitive Behavior Therapy, New York: Guildfor Press

Farihah, Muhimmatul, Imas Kania Rachman (2017), Pendekatan Therapy Berbasis Islam Untuk Mengatasai Kecemasan Sosial Narapidana, HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 14(1), 65-80.

John Creswell (2018), Reaseaech Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 242.

Kurniawan, A. (2020). Pemanfaatan Jb Class untuk Mendorong Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 1-8. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.145

Rohmah, Fatin Nur Wahidah (2018), CBT untuk Mengubah Pikiran Negatif dan Kecemasan Pada Remaja, Jurnal Indigeneous, 3(2), 57-69.

Ruliyanti (2014), Hubungan antara Self-Efficay dengan Self-Regulated Learning dengan Prestasi Akademik Matematika Siswa SMAN 2 Bangkalan, Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2), 1-12.

Sugiyono (2018), Metode Penelitian Kualititaif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung, Alfabeta.

Syafi’ie, Imam, (2017), Pondok Pesantren Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter¸Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 82-97.

Tougas. Michelle E, Jill A. Hayden, Patrick J. McGrath, Anna Huguet & Sharlene Rozario (2015), A Systematic Review Exploring The Social Cognitive Theory pf Self-Regulation as a framework for chronic Health Condition Interventations, Plos One. Doi 10.1371/Journal.pone.0134977, 341.

Willis, Sofyan S. (2015), Konseling Individual Teori dan Praktik, Bandung, Alfabeta, 35.

Memperbanyak baca artikel dari penulis yang sama