Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar PPKn melalui Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Wordwall Games

  • Dyah Puspitarini SMA Negeri 5 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa menggunakan discovery learning berbantuan aplikasi wordwall game pada materi integrasi nasional kelas X MIPA-1 SMA Negeri 5 Yogyakarta tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi, di uraikan dengan menghitung persentase kenaikan nilai keaktifan dan persentase kenaikan hasil belajar, kemudian diinterpretasikan dan dibandingkan dengan indikator keberhasilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model belajar discovery berbantuan aplikasi wordwall game dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Nilai keaktifan pada siklus I sebesar 61,92% menjadi 74,31% pada siklus II (meningkat sebesar 12,39%).  Keaktifan individu kategori sedang-tinggi dari 66,67 % pada siklus I menjadi 89,89% pada siklus II (meningkat sebesar 23,22%). Hasil belajar aspek pengetahuan pada siklus I nilai rata-rata 74,44, menjadi 87,30 pada siklus II (meningkat sebesar 12,86). Jumlah siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 19 siswa (52,78%) dan pada siklus II sebanyak 30 siswa (83,33%), meningkat sebesar 30,55%. Hasil belajar aspek keterampilan kategori sangat baik meningkat dari 3 siswa (8,33%) pada siklus I menjadi 9 siswa (25%) pada siklus II. Sedangkan hasil belajar aspek sikap tidak terjadi perubahan yang drastis, namun beberapa siswa menunjukkan peningkatan perilaku pada aspek ketertiban dan ketaatan terhadap aturan, sehingga nilai kategori sangat baik meningkat dari 6 siswa (16,67%) pada siklus 1 menjadi 10 siswa (27,78%) pada siklus 2.

Kata Kunci: discovery learning, wordwall game, keaktifan

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Dyah Puspitarini, SMA Negeri 5 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Dyah Puspitarini lahir di Madiun, 11 Maret 1966, tinggal di Perum Cepoko Indah B-40, Kuden, Sitimulyo, Piyungan, Bantul. Saat ini mengajar PPKn di SMA Negeri 5 Yogyakarta.

Diterbitkan
2023-05-02
Bagaimana cara mengutip:
Puspitarini, D. (2023). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar PPKn melalui Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Wordwall Games . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 388-396. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.485
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 783 times
PDF downloaded: 836 times

Referensi

Amiyani, S. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 15-20.

Arimbawa, I. G. P. A. (2021). Penerapan word wall game quis berpadukan classroom untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 324-332.

Dananjaya, U. (2013). Media Pembelajaran Aktif Edisi III. Bandung: Nuansa Cendekia

Khairunisa, Y. (2021). Pemanfaatan Fitur Gamifikasi Daring Maze Chase–Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Digital Mata Kuliah Statistika Dan Probabilitas. MEDIASI : Jurnal Kajian dan Terapan Media, Bahasa, Komunikasi, 2(1).

Maulida, I. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Wordwall Dengan Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Sistem Eksresi Mts. K.R.M. Marzuki Cepogo Tahun Pelajaran 2020/2021.

Mulyasa, H. E. (2017). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Bandung: Rosda Karya

Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2854-2860.

Omar, H. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Palupi, D. T. (2016). Cara Mudah Memahami Kurikulum. Surabaya: Jaring Pena

Rismayani, Ni Luh. (2013). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar Pkn siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 1(2).

Sanjaya, W. (2011). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Prenada Media

Sardiman, A. M. (2014). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar (cetakan ke 22). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2009). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Biru Algensindotho

Suyono dan Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Thobroni, M. (2016). Belajar Dan Pembelajaran Teori & Praktik. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.