Penugasan Kreasi Siniar dalam Pembelajaran Ekonomi: Mengasah Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

  • Rizki Oktavianto SMA Negeri 1 Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penulisan best practice ini bertujuan mengetahui kontribusi penugasan kreasi siniar  atau siaran rekaman audio dalam pembelajaran Ekonomi sebagai upaya mengasah kemampuan berpikir kritis siswa di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Bantul. Pendekatan yang digunakan dalam penulisan best practice adalah kualitatif deskriptif. Penulis menggambarkan pengalaman terbaiknya dalam mengasah kemampuan berpikir kritis siswa melalui penugasan kreasi siniar. Subjek best practice adalah siswa kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Bantul Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023 sejumlah 36 siswa yang sedang mempelajari materi Ekonomi bab Ketenagakerjaan. Penulisan menggunakan data primer yang bersumber dari kuesioner yang disebarkan melalui google form dan penilaian produk podcast yang dilakukan guru. Teknis analisis data dilakukan dengan mereduksi data yang telah diperoleh dari kuesioner dan penilaian, menyajikan dalam bentuk data kualitatif dan data kuantitatif, dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 96,9% responden menyatakan menyukai penugasan kreasi podcast, 100% responden menyatakan mampu merumuskan pokok-pokok permasalahan, 97% mampu mengungkap fakta yang ada, 100% mampu memilih argumen yang logis dalam pembuatan podcast, 98% mampu mendeteksi bias dengan sudut pandang yang berbeda, 100% mampu memberikan kesimpulan terkait topik. Adapun, dari hasil penilaian guru didapatkan bahwa keseluruhan siswa telah mampu menghasilkan karya siniar dengan kualitas audio yang baik dan 83.3% siswa telah mampu menghasilkan karya siniar dengan ketajaman analisis serta data dan fakta yang tepat. Dengan demikian, penugasan kreasi siniar dapat menjadi solusi mengasah kemampuan berpikir kritis siswa.

Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis, kreasi podcast, pembelajaran ekonomi

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2022-11-25
Bagaimana cara mengutip:
Oktavianto, R. (2022). Penugasan Kreasi Siniar dalam Pembelajaran Ekonomi: Mengasah Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 137-145. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.474
Bagian
Praktik Terbaik
Abstrak viewed: 380 times
PDF downloaded: 392 times

Referensi

Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). Implementasi Projecr Based Learning (PjBL) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 145-150.

Asmi, A. R., Dhita, A. N., & Supriyanto. (2019). Pengembangan Audio Podcast pada Materi Sejarah Lokal di Sumatra Selatan. Jurnal Historia: Pendidikan dan Penelitian Sejarah.

Ayu, A. S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, and Society) Berbantuan Media Podcast Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik di SMP IT Bustanul Ulum. Disertasi UIN Raden Intan Lampung.

Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. United States: University of Illinois.

Fadilah, E., Yudhapramesti, P., & Aristi, N. (2017). Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio. Kajian Jurnalisme Vol. 1(1), 90-104.

Gunarso. (2019). Hadapi Era Society 5.0, Pendidikan Harus Kedepankan Soft Skills. Retrieved from suaramerdeka.com.

Kesumaningtyas, S., Anjani, D. F., Yumerda, D., & Nugraha, D. (2022). Pengembangan Media Audio Berbasis Podcast dalam Pembelajaran Digital: Peran dan Kegiatan Ekonomi Masyarakat. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5331-5341.

Khasanah, B. A., & Ayu, I. D. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning. Jurnal Eksponen, 46-53.

Kibtiyah, A. M. (2022). Penggunaan Model Project Based Learning (PJBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis pada Materi Mengklasifikasikan Informasi Wacana Media Cetak Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 82-87.

Nhat, H. T. (2018). The Development of Critical Thinking of Students in Vietnamese Schools: From Policies to Practices. American Journal of Education Research, Vol 6 No 5.

Oktavianto, R. (2022). The Development of Merchandising Company Accounting Practicum Electronic Student Activity Sheet Based on STEM in Preparing Financial Statement Material to Improve Complex Problem Solving Skills for Students of Class XI AKL SMKN 1 Bantul. Undergraduate Thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

Paul, R., & Elder, L. (2008). The Miniature Guide to Critival Thinking Concept and Tools (Fifth Edition). Santa Barbara: Foundation for Critical Thinking Press.

Perayani, K., & Rasna, I. W. (2022). Pembelajaran Keterampilan Menyimak dengan Menggunakan Media Podcast Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 108-117.

Pratiwi, I. A. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Metode Edutainment pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 178-182.

Rita, E., Citraning, R. R., & Mustofiyah, L. (2020). Penerapan Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Kognitif SMA Kelas X pada Materi Pencemaran Lingkungan. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 71-77.

Sari, R. I., Karyanto, P., & Muzzazinah. (2019). Analysis of Critical Thinking Skills of Senior High School Students in Biological Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1338(1).

Scriven, M., & Paul, R. (1993). Defining Critical Thinking. 8th Annual International Conference on Critical Thinking and Education Reform.

Sugatri, M. (2021). Peranan Siniar sebagai Media Pembelajaran Sosiologi di Masa Pandemi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, Sugatri, M. (2021). Peranan Siniar sebagai Media Pembelajaran Sosiologi di Masa Pandemi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(1), 58-66. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i1.219

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Warsono, & Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Seminar 2nd Science Education National Conference (pp. 1-18). Madura: Universitas Trunojoyo.