Peningkatan Kemampuan Mengajar Guru dalam Penerapan Project Based Learning melalui Coaching Tatap Muka

  • Siyam Mardini Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Dampak pembelajaran jarak jauh berkepanjangan menimbulkan loos learning. Selama Pembelajaran Jarak Jauh guru banyak memberi tugas. Hasil supervisi akademik Pengawas, kemampuan mengajar guru rendah, sehingga perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan mengajar guru dalam penarapan Project Based Learning melalui Coaching Tatap Muka di Sekolah Binaan. Metode penelitian kualitatif, analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif, melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket, subyek 30 guru di SD N Kintelan, SD N Timuran, SD N Prawirotaman, dan SD Muhammadiyah Danunegaran. Tahapan siklus: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Peneliti melakukan coaching tatap muka individu kepada guru di setiap sekolah. Coaching tatap muka dilakukan kurang lebih 20 menit, guru mengeksplor diri dan pengembangan diri melalui banyak memberi pertanyaan dan penguatan sehingga ada umpan balik. Pembimbingan coaching tatap muka langsung antara peneliti dengan guru di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Project Based Learning berhasil meningkatkan kemampuan mengajar guru, setelah dilakukan coaching tatap muka, kemampuan mengajar guru dalam penerapan Project Based Learning dapat meningkat. Peningkatan kemampuan mengajar guru dibuktikan hasil pra siklus dengan skor 69,56 kategori rendah, setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 meningkat sebesar 13.18 skor menjadi 82.74 dan pada siklus 2 meningkat sebesar 5.44 dengan rata-rata skor sebesar 88.18. Kesimpulannya, penerapan Project Based Learning berhasil meningkatkan kemampuan mengajar guru.

Kata Kunci: kemampuan mengajar, project based learning, coaching

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Siyam Mardini, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

SIYAM MARDINI, M.Pd. Jabatan sebagai Pengawas Madya jenjang SD tugas di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta sejak 1 April tahun 2021. Hobi: menulis. Jabatan sebelum menjadi pengawas: 1) Guru di SD N Banaran 3 sejak tahun 1992-2004, 2) Guru SD N Glagah tahun 2004-2012, 3) kepala SD Negeri Minggiran 2012-2014, Kepala sekolah SD N Giwangan tahun 2014-2021.

Prestasi yang telah dicapai: Juara 2 guru Award tahun 2011, Finalis Guru Berprestasi Nasional tahun 2011, Pemenang Kapaltaru Provinsi juara 2 tahun 2016, Penghargaan Kepala Sekolah Pelopor Sekolah Ramah Anak Kota Yogyakarta tahun 2017, Pemenang Best Practice juara 1 Nasional Kepala SD tahun 2018.

Diterbitkan
2023-01-16
Bagaimana cara mengutip:
Mardini, S. (2023). Peningkatan Kemampuan Mengajar Guru dalam Penerapan Project Based Learning melalui Coaching Tatap Muka. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 199-207. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.467
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 392 times
PDF downloaded: 553 times

Referensi

Adi Putra, Jaya. (2013). Pengaruh Peer Coaching Terhadap Praktik Pembelajaran IPA Guru SD (Studi Kuasi Eksperimen SD di Pekanbaru). Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(1), 28-42. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v2i1.2817

Hadinugrahaningsih, Tritiyatma. (2017). Ketrampilan ABAD 21 dan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) Prpject Dalam Pembelajaran Kimia. Jakarta: LPPM Universitas Negeri Jakarta

Hapsara, A. S. (2020). Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Daring Sosiologi melalui Pendekatan Problem Posing Berbasis Infografis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 9–19. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.170

Hatta. (2018). Empat Kompetensi Untuk Membangun Profesionalisme Guru. Sidoharjo: Nizamia Learning Center

Ismail, Radjiman. (2019). Kemampuan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa. Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan Keislaman. 11(2), 273-285.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Jakarta: Biro Sumber Daya Manusia Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ngatno. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis. Semarang: Universitas Diponegoro.

Nuzulia, Ajeng., Santoso, Djoko., & Ninghardjanti, Patni. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Penugasan dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran. 1(1), 22-36. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/jikap

Pusat Data Informasi dan Teknologi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Panduan Penerapan Pembelajaran Inovatif dalam BDR Yang Memanfaatkan Rumah Belajar. Jakarta: Rumah Belajar Kemendikbud.

Ramdhani Neila. (2012). Menjadi Guru Inspiratif. Jakarta: Titin Foundation.

Rufina, Menge., Yosefa Awe Ermelinda, Yosefa., & Wau Maria, Patrisia. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penerapan Model Project Based Learning Tema Daerah Tempat Tinggalku Pada Siswa Kelas IV SDI Waela Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan. 2(1), 23-30. http://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcp/index

Siregar, N. T. (2022). Menulis Bentuk Passé Composé Menggunakan Padlet Berbasis Project Based Learning. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(3), 288-293. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i3.409

Sudrajat, Ajat. & Hernawati, Eneng. (2020). Modul Model-model Pembelajaran. Jakarta: Pusdiklat Tenaga Teknis Kependidikan dan Keagamaan Balitbangdiklat Kementerian Agama RI.

Sujarwa. (2011). Model-Model Pembelajaran Suatu Strategi Mengajar. Yogyakarta: Venus Gold Press.

Sulisworo, Dwi. (2010). Konsep Pempelajaran Projec Based Learing. Semarang: PT Sindua Press Foramadiahi

Suryani, F. (2021). Metode Mentoring untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Pemantauan Karakter Siswa Berbasis Afeksi Selama PJJ. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 305-314. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.275

Sutirman. (2013). Media Dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zaeriyah, S. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Project Based Learning (PjBL) melalui Media Vlog Materi Senam Aerobik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 40-46. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.291