Peningkatan Motivasi Belajar Sistem Indera melalui Project Based Learning Menggunakan Kuis Interaktif Quizizz

  • Samsiyati Samsiyati SMA Negeri 5 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar konsep sistem indera melalui Project Based Learning (PjBL) menggunakan kuis interaktif Quizizz pada perserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 5 Yogyakarta tahun 2020/2021. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan selama 2 siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, serta teknik penilaian produk berupa pembuatan kuis interaktif Quizizz. Data yang didapat dibandingkan dengan indikator keberhasilan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi siklus I ke siklus II yaitu sebanyak 72,08 dengan interpretasi tinggi menjadi 82,58 dengan interpretasi sangat tinggi. Nilai rata-rata per aspek pencapaian motivasi juga meningkat dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I terdapat 3 peserta didik yang aspek nilai rata-ratanya di bawah ketuntasan 75, sedangkan semua nilai peserta didik sudah tuntas pada setiap aspeknya pada siklus II. Capaian hasil produk peserta didik meningkat pada siklus I sebesar 77,98% dan pada siklus 2 menjadi 88,69%. Hasil tindakan PjBL menggunakan kuis Interaktif quizizz dapat melebihi indikator keberhasilan karena seluruh peserta didik yang mendapatkan nilai batas ketuntasan 75 minimal mencapai 85%. Berdasarkan hasil PTK disimpulkan bahwa dalam penggunaan model PjBL menggunakan kuis interaktif Quizizz dapat meningkatkan motivasi peserta didik kelas XI MIPA 1 di SMAN 5 Yogyakarta.

Kata Kunci: project based learning, sistem indera, quizizz

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-02-11
Bagaimana cara mengutip:
Samsiyati, S. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Sistem Indera melalui Project Based Learning Menggunakan Kuis Interaktif Quizizz. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 263-269. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.462
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 736 times
PDF downloaded: 609 times

Referensi

Abidin. (2007). Analisis ekstistensial: Sebuah Pendekatan Alternatif untuk Psikologi dan Psikiatri. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Fathurrohman, M. (2016), Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hapsara, A. S. (2020). Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Daring Sosiologi melalui Pendekatan Problem Posing Berbasis Infografis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 9–19. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.170

Henry, S. (2010). Cerdas dengan Game. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Lestari, S. (2021). Pengembangan Orientasi Keterampilan Abad 21 pada Pembelajaran Fisika melalui Pembelajaran PjBL-STEAM Berbantuan Spectra-Plus. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 272-279. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.243

Prasetyaningtyas, S. (2020). Penerapan Metode Permainan Kartu Kwartet untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Keaktifan Belajar pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMP N 1 Semin. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 100-108. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.118

Rosiani, D. (2021). Kolaborasi Whatsapp dan Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 257-264. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.304

Saefudin, A. Aziz, (2012). Meningkatkan Profesionalisme Guru Dengan PTK. Yogyakarta: PT. Citra Aji Parama.

Sanjaya, Wina, (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiharyanti, E. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Moodle E-Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 212-220. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.364

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumaryanti, D. E. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar dengan Discovery Learning Berbantuan Media Laboratorium Virtual pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 83-91. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.436

Zaeriyah, S. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Project Based Learning (PjBL) melalui Media Vlog Materi Senam Aerobik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 40-46. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.291

Zaeriyah, S. (2023). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis Tik-Tok. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 106-111. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.458