Peningkatan Hasil Belajar Mikrobiologi melalui Project Work pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

  • Indayatmi Indayatmi SMK Negeri 2 Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mikrobiologi melalui project work pada pembelajaran tatap muka terbatas di SMK Negeri 2 Depok. Model pembelajaran yang diaplikasikan menggunakan model project work. Sintaks project work adalah memberikan pertanyaan utama, menyusun desain proyek (proposal proyek), penyusunan jadwal, memantau proyek, pengujian hasil proyek, evaluasi hasil proyek. Penelitian dengan 4 tahapan yang terdiri dari prasiklus, siklus pertama, siklus kedua, dan siklus ketiga. Pengumpulan data dengan metode observasi pembelajaran, evaluasi pembelajaran, penilaian selama kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian penggunaan model project work dapat meningkatkan hasil belajar mikrobiologi dengan rerata nilai prasiklus 73, siklus pertama sebesar 84, siklus kedua sebesar 86, siklus ketiga sebesar 88. Kesimpulan penelitian yaitu hasil belajar mikrobiologi pada pembelajaran tatap muka terbatas di SMK Negeri 2 Depok dapat ditingkatkan melalui model project work. Penggunaan project work efektif dalam meningkatkan hasil belajar mikrobiologi pada pembelajaran tatap muka terbatas.

Kata Kunci: model pembelajaran, project work, hasil belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2022-11-25
Bagaimana cara mengutip:
Indayatmi, I. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Mikrobiologi melalui Project Work pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 156-163. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.460
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 237 times
PDF downloaded: 247 times

Referensi

Asmani, Jamal Ma’mur. (2013). 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Yogyakarta: DIVA Press.

Basori. (2013). Penerapan Metode Project work Dalam Pembelajaran Praktik untuk Meningkatkan Kompetensi Praktik Body Otomotif pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin FKIP UNS TA 2012/2013. Jurnal JIPTEK, VI(1).

Faizi Mastur. (2013). Ragam Mengajarkan Eksakta pada Murid. Yogyakarta: Diva Press

Green, Lucy Santos. Etc. (2017). The Flipped College Clasroom Conceptualized and Re-Conceptualized. Switzerland: Springer.

Hanggarjati, Wilis. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Project work untuk Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Digital Peserta didik Kelas X Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK N 2 Bawang. Skripsi Teknik Mekatronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Hanggarjati, Wilis. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Project Work Untuk Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik. Jurnal Pendidikan Teknik Mekatronika, 6(3), 223 – 229.

Hapsara, A. S. (2020). Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Daring Sosiologi melalui Pendekatan Problem Posing Berbasis Infografis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 9–19. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.170

Hartono R. (2013). Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Yogyakarta: Diva Press.

Muliawan, Jasa Ungguh. (2016). 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Ramadianti, Astria Ayu. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 59-116.

Rustam. (2014). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Pendidik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sables, Novalina. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Plantae Di Kelas X MA Nurul Yaqin Kabupaten Sorong. Biolearning Journal, 9(1).

Setiawati, Ai Sumirah. (2011). Efektifitas model Project Work untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang. Scientific Journals Universitas Negeri Semarang, 1(3).

Supriyadi. (2011). Strategi Belajar dan Mengajar. Yogyakarta: Cakrawala Ilmu.

Suseno, Rahayu. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keaktifan Dan Kemampuan Mahasiswa. Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, 9(1).

Uno, Hamah B. (2012). Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Aktiv Inovatif Lingkungan Kreatif Efektif Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.

Wina, Sanjaya. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana.

Yuliawati Fitri. (2012). Penelitian Tindakan Kelas untuk Tenaga Pendidik Profesional. Yogyakarta: Pedagogia.