Meningkatkan Hasil Belajar Momentum dan Impuls melalui Permainan Mono-Fisika

  • Titik Retno Kusumawati SMA Negeri 1 Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini berisi tuntutan kegiatan yang harus dilakukan guru untuk meningkatankan hasil belajar dan minat siswa kelas X MIPA3 SMAN 1 Pakem setelah proses belajar mengajar melalui permainan Mono-Fisika pada materi Momentum dan Impuls tahun pelajaran 2021/2022. Sampel penelitian ini diambil dari siswa kelas X MIPA 3 SMAN 1 Pakem, sejumlah 36 siswa. Waktu pelaksanaan bulan Maret sampai dengan April 2022. Setiap akhir periode diadakan tes formatif guna mengetahui kemampuan yang dikuasai siswa dalam menguasai materi. Penelitian ini dilakukan dalam dua kali periode, dimana setiap periode terdiri dari dua kali pertemuan dengan menggunakan media permainan mono-Fisika. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yakni (1). Penggunaan media permainan mono-fisika dapat meningkatkan hasil belajar dan minat siswa. Peningkatan rerata skor minat siswa pada periode 1 = 54,78 dan rerata skor periode 2 = 64,81. (2). Setelah menggunakan media permaian mono-fisika, hasil belajar fisika siswa dalam menguasai materi mengalami peningkatan rerata nilai yaitu periode 1 = 71,11, dan periode 2 = 86,39; sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada periode 1 = 41,67% dan periode 2 = 88,89%. Hal ini menunjukkan bahwa pemakaian media permainan Mono-Fisika mampu meningkatkan hasil belajar Momentum dan Impuls dan minat siswa kelas X MIPA 3.

Kata Kunci: media permainan mono-fisika, penelitian tindakan kelas, minat siswa

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Titik Retno Kusumawati, SMA Negeri 1 Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Titik Retno Kusumawati, S.Pd., dilahirkan di Sleman pada tanggal 10 Agustus 1972. Manamatkan pendidikan dasarnya di SD Negeri Tanjungtirto II pada 1985, kemudian melanjutkan ke sekolah lanjutan tingkat pertama di SMP BOPKRI Tanjungtirto (lulus 1988), dan sekolah lanjutan tingkat atas di SMA Negeri Kalasan (lulus 1991). Gelar S-1 diperoleh di Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan MIPA IKIP Yogyakarta (sekarang UNY) tahun 1998. Selepas dari IKIP Yogyakarta menjadi guru di SMA Negeri 1 Pakem pada tahun 1999 sampai sekarang (melalui program Ikatan Dinas). Karya ilmiah yang pernah ditulis berupa buku berjudul “Model Pembelajaran Jigsaw untuk Pembelajaran Fisika” yang diterbitkan bulan April tahun 2020. Laporan penelitian tindakan kelas yang berjudul Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Usaha dan Energi pada Siswa Kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Pakem Semester Genap Tahun pelajaran 2020/2021.  

Diterbitkan
2022-10-04
Bagaimana cara mengutip:
Kusumawati, T. R. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Momentum dan Impuls melalui Permainan Mono-Fisika . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 99-105. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.459
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 288 times
PDF downloaded: 449 times

Referensi

Arsyad, Azhar. (2020). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto dan Rahardjo, Mulyo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media

Purwanto, Ngalim. (2009). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Ratnawati, F. A. (2020). Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Selama Pandemi dengan Aplikasi Google Classroom pada Materi Usaha dan Energi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 49-55. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.147

Sartikaningrum, Ria. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Akuntansi untuk meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. [PDF] eprints.uny.ac.id

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya

Suharsimi, Arikunto. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Suparno, Paul. (2007). Metode Pembelajaran Fisika Konstruktivistik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Winarti, S. (2020). Penerapan Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 113-119. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.164

Zaenal, Arifin. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Klasifikasi Zat Menggunakan Media Permainan Mono-Fisika Pada Siswa Kelas VIIG SMP Negeri 2 Kroya Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan EXPERTIS, ISPI Cabang Cilacap. 1(1), 28-38