Peningkatan Hasil Belajar Kimia Materi Larutan Penyangga dengan Metode Tutor Sebaya

  • Rujinem Rujinem SMA Negeri 1 Srandakan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah  untuk mengetahui peningkatan  hasil belajar materi larutan penyangga dengan metode tutor sebaya pada peserta didik kelas XI MIPA-2 Semester genap dengan model pembelajaran kooperatif. Penelitian tindakan kelas ini diawali dengan prestasi dan motivasi belajar kelas XI MIPA-2 masih rendah, sehingga penulis mempunyai ide mempraktikkan metode mengajar yang divariasi sehingga prestasi meningkat. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan  metode Tutor sebaya  pada materi larutan penyangga. Jenis metode  penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta kelas XI MIPA-2 SMA Negeri 1 Srandakan semester genap dengan jumlah 23 anak. Penelitian dilaksanakan 2 siklus dengan pengumpulan data penelitian menggunakan lembar pengamatan  (observasi) dan hasil tes ulangan harian pada materi larutan penyangga. Pelaksanaan dalam penelitian ini menggunakan teknik kolaborasi. Penelitian ini menggunakan analisa deskriptif kualitatif. Data hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan  peningkatan hasil belajar, siklus 1 rata-rata 69,95 dan persentase ketuntasan 65,21 % dan siklus  II  rata-rata nilai 76,09 dan persentase ketuntasan 82,60 %. Pembelajaran dengan metode tutor sebaya mampu meningkatkan hasil belajar kimia materi larutan penyangga.

Kata Kunci: Metode tutor sebaya, hasil belajar, larutan penyangga

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Rujinem Rujinem, SMA Negeri 1 Srandakan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  1. Nama : Rujinem, S.Pd
  2. Jenis Kelamin : Wanita
  3. Tempat/Tanggal Lahir: Bantul/ 25 April 1978
  4. NIP: 19780425 200604 2 024
  5. Pangkat/Gol : Penata Tk. 1 /III.d
  6. PTK*) : Guru
  7. Masa Kerja : 18 Tahun 10 bulan
  8. Mata Pelajaran: Kimia
  9. NUPTK: 3757-7566-5730-0012
  10. Sekolah Induk : SMA Negeri 1 Srandakan
  11. Jumlah Jam Mengajar (JJM): 28
  12. HP/WA: 082242495469
  13. Pengalaman Mengajar: Mulai Tahun 2000 – sekarang
  14. Alamat Rumah: Krapyak Wetan, Panjangrejo, Pundong, Bantul 55771
Diterbitkan
2023-05-03
Bagaimana cara mengutip:
Rujinem, R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Kimia Materi Larutan Penyangga dengan Metode Tutor Sebaya. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 431-437. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.453
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 359 times
PDF downloaded: 325 times

Referensi

Andriana., Nugrahawati,N., & Rachmah,H. (2018). Penerapan Metode Problem Solving dalam Meningkatkan Hasil belajar PPKn: Jurnal pendidikan IPS,8(1),47 https://doi.org/10.37630/jpi.v8i1.116

Anggorowati, N. (2011). Penerapan model Pembelajaran Tutor sebaya pada mata Pelajaran Sosiologi: Jurnal Komunitas, 3(1) https://doi.org/10.15294/komunitas.v3i1.2303

Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Habibati. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Darussalam : Syiah Kuala University Press.

Prihantina, I. (2013). Metode dan Strategi Pembelajaran. Bojongsari: PPPPTK Bisnis dan Pariwisata.

Istarani. (2014). Kumpulan 40 Metode Pembelajaran untuk Revolusi Pengajaran. Medan: Media persada

Kemendikbud. (2016). Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2016 Pelajaran Kimia

Khoiriyah, J. (2021). Peer Teaching sebagai Metode Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pembuatan Busana Industri. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru,6 (3), 330-338.https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.292

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

Rahardjo,S. (2016). Kimia Berbasis Eksperimen. Solo : PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Ridwan. (2016). Penilaian Autentik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina.(2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar prises Pendidikan . Jakarta: Kencana.

Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Uno, H., Koni,S & Lamatenggo,N. (2011). Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta : Bumi Aksara

Winarti, S. (2020). Penerapan Metode Tutor Sebaya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kimia. Ide guru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 113118. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.164