Peningkatan Hasil Belajar Kimia Materi Larutan Penyangga dengan Metode Tutor Sebaya
Abstrak
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi larutan penyangga dengan metode tutor sebaya pada peserta didik kelas XI MIPA-2 Semester genap dengan model pembelajaran kooperatif. Penelitian tindakan kelas ini diawali dengan prestasi dan motivasi belajar kelas XI MIPA-2 masih rendah, sehingga penulis mempunyai ide mempraktikkan metode mengajar yang divariasi sehingga prestasi meningkat. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan metode Tutor sebaya pada materi larutan penyangga. Jenis metode penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta kelas XI MIPA-2 SMA Negeri 1 Srandakan semester genap dengan jumlah 23 anak. Penelitian dilaksanakan 2 siklus dengan pengumpulan data penelitian menggunakan lembar pengamatan (observasi) dan hasil tes ulangan harian pada materi larutan penyangga. Pelaksanaan dalam penelitian ini menggunakan teknik kolaborasi. Penelitian ini menggunakan analisa deskriptif kualitatif. Data hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan peningkatan hasil belajar, siklus 1 rata-rata 69,95 dan persentase ketuntasan 65,21 % dan siklus II rata-rata nilai 76,09 dan persentase ketuntasan 82,60 %. Pembelajaran dengan metode tutor sebaya mampu meningkatkan hasil belajar kimia materi larutan penyangga.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 Rujinem Rujinem

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

