Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi melalui Project Based Learning Berbantuan Foto Keluarga

  • M.C. Indri Wahyuningsih SMA Negeri 5 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis puisi dengan model Project Based Learning berbantuan foto keluarga pada peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 5 Yogyakarta tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil analisis data dibandingkan berdasarkan indikator keberhasilan kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian memperlihatkan adanya peningkatan kemampuan menulis puisi berbantuan foto keluarga dari siklus I dengan nilai rata-rata 77,36 dengan interpretasi cukup dan meningkat pada siklus II. menjadi 83,75 dengan interpretasi baik. Peningkatan nilai tersebut terlihat juga pada nilai rata-rata berdasarkan per aspek pembangun puisi.  Pada siklus I masih ada lima aspek yang nilai rata-ratanya di bawah ketuntasan 75, sedangkan pada siklus II semua nilai sudah tuntas per aspeknya. Selain itu, ada peningkatan pada capaian hasil ketuntasan seluruh peserta   didik, pada siklus I sejumlah 72 % naik secara signifikan menjadi 97% pada siklus II. Hasil ini melampaui indikator keberhasilan yaitu “Jika seluruh peserta didik yang memeroleh nilai batas ketuntasan 75 minimal mencapai 85 %. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa model project based learning. berbantuan foto keluarga mampu meningkatkan kemampuan menulis puisi peserta diidk kelas X MIPA 1 SMA Negeri 5 Yogyakarta tahun ajaran 2020/2021.

Kata Kunci: project based learning, kemampuan menulis puisi, foto keluarga

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2022-08-16
Bagaimana cara mengutip:
Wahyuningsih, M. I. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi melalui Project Based Learning Berbantuan Foto Keluarga. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(3), 328-335. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i3.439
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 715 times
PDF downloaded: 911 times

Referensi

Majid, A. & Rochman, C. (2015). Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Agustina A. (2015). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas IIIB MI Almaarif 03 Langlang Singosari. Jurnal Ilmiah, Vol 1, No. 2, halaman 6-20. Malang: Universitas Negeri malang.

Suharsimi, A. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Angkasa.

Kementerian Pendidikan & Kebudayaan, Dokumen Kurikulum. (2013). Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE

Pradopo, R.D. (2010). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Prayitno, H.W. (2013) Peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan teknik inkuiri dan latihan terbimbing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Sadiman, A.S. (2011). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pres.

Sugiharyanti, E. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Moodle E-Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 212-220. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.364

Soleh, D. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning melalui Google Classroom dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 137-143. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.239

Tarigan, H.G. (2008) Menulis Sebagai Suatu keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Zaeriyah, S. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Project Based Learning (PjBL) melalui Media Vlog Materi Senam Aerobik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 40-46. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.291