Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi melalui Project Based Learning Berbantuan Foto Keluarga
Abstrak
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis puisi dengan model Project Based Learning berbantuan foto keluarga pada peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 5 Yogyakarta tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil analisis data dibandingkan berdasarkan indikator keberhasilan kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian memperlihatkan adanya peningkatan kemampuan menulis puisi berbantuan foto keluarga dari siklus I dengan nilai rata-rata 77,36 dengan interpretasi cukup dan meningkat pada siklus II. menjadi 83,75 dengan interpretasi baik. Peningkatan nilai tersebut terlihat juga pada nilai rata-rata berdasarkan per aspek pembangun puisi. Pada siklus I masih ada lima aspek yang nilai rata-ratanya di bawah ketuntasan 75, sedangkan pada siklus II semua nilai sudah tuntas per aspeknya. Selain itu, ada peningkatan pada capaian hasil ketuntasan seluruh peserta didik, pada siklus I sejumlah 72 % naik secara signifikan menjadi 97% pada siklus II. Hasil ini melampaui indikator keberhasilan yaitu “Jika seluruh peserta didik yang memeroleh nilai batas ketuntasan 75 minimal mencapai 85 %. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa model project based learning. berbantuan foto keluarga mampu meningkatkan kemampuan menulis puisi peserta diidk kelas X MIPA 1 SMA Negeri 5 Yogyakarta tahun ajaran 2020/2021.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2022 M.C. Indri Wahyuningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

