Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Polinomial menggunakan Media Interaktif Live Worksheet

  • Rini Wedyastuti SMA Negeri 9 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media interaktif live worksheet dalam model cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan polinomial terhadap siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 9 Yogyakarta tahun pelajaran 2020/2021 dan bagaimana langkah-langkah penggunaan media interaktif live worksheet dalam model cooperative learning tipe STAD tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian 36 orang siswa kelas XI MIPA 5, yang dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I dengan 3 pertemuan dan siklus II dengan 2 pertemuan. Setiap siklusnya dilalui dalam empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, nilai LKS interaktif live worksheet dan dokumentasi. Teknik analisisnya data menggunakan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian terhadap proses pembelajaran menunjukkan bahwa pada siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan kualitas pembelajaran jarak jauh di masa pandemi. Memperbaiki cara pembelajaran yang monoton dan sederhana menjadi pembelajaran yang menyenangkan, inovatif, interaktif dan penuh tantangan. Berdasarkan hasil pengamatan terhadap pelaksanaan pembelajaran pada siklus I, semula siswa yang mencapai ketuntasan adalah 73% meningkat menjadi 86,2% dari jumlah siswa, dengan nilai rata-rata meningkat dari 81,11 menjadi 86,02 Sehingga bisa dikatakan model pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar polinomial pada siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 9 Yogyakarta.

Kata Kunci: media interaktif live worksheet, hasil belajar polinomial, cooperative learning

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2022-11-25
Bagaimana cara mengutip:
Wedyastuti, R. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Polinomial menggunakan Media Interaktif Live Worksheet. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 171-178. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.427
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 672 times
PDF downloaded: 734 times

Referensi

Andriyani, N., Hanafi, Y., Safitri, I. Y. B., & Hartini, S. (2020). Penerapan model problem based learning berbantuan lkpd live Worksheet Untuk Meningkatkan Keaktifan Mental Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas VA SD Negeri Nogopuro. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, September, 122–130. http://eprints.uad.ac.id/21216/1/12. Novi Andriyani-PGSD %28122-130%29.pdf

Israil, I. (2019). Penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Kayangan. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(2), 117. https://doi.org/10.33394/jk.v5i2.1807

Khikmiyah, F. (2021). Penggunaan Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193

Kusumah, Wijaya dan Dwitagama, D. (2009). Mengenal penelitian Tindakan kelas. Indeks prtama Puri Media.

Kustandi, Cecep, dan Bambang S. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sanusi, Y. H., Mannahali, M., & Anwar, M. (2020). Keefektifan model cooperative learning tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam kemampuan membaca teks bahasa Jerman Siswa kelas X SMA Negeri Barru. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 47–54. http://103.76.50.195/INTERFERENCE/article/view/12810

Sele, A. (2022). Survei kepuasan siswa mengerjakan tugas dengan aplikasi live worksheet pada pembelajaran daring. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 53–60. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.311

Eko Budi Susanto. (2020). Penerapan Model-Model Pembelajaran. Liberty Yogyakarta.

Suyatinah, S. (2020). Upaya Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Geografi Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Banguntapan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 115–122. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.120

Widiyani, A., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis software live worksheet pada materi PPKn. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 132. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.53176

Wijaya, H., & Arismunandar, A. (2018). Pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis media sosial. Jurnal Jaffray, 16(2), 175. https://doi.org/10.25278/jj71.v16i2.302