Penerapan Strategi Pemodelan dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Esai

  • Retna Rahayu Widawati SMA Negeri 10 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini berjudul Penerapan Penerapan Strategi Pemodelan dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Esai pada Peserta Didik Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 10 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2021/2022. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menjelaskan proses pembelajaran dan hasil peningkatan keterampilan siswa dalam menulis esai bahasa Indonesia melalui strategi pemodelan. Penelitian ini menggunakan studi penelitian tindakan dengan dua siklus. Teknik analisis datanya menggunakan statistik deskriptif. Data penelitian ini berupa tulisan esai, data nilai, dokumen dan hasil observasi. Hasil pengumpulan data diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Dari data tersebut diperoleh hasil pembelajaran menulis esai bahasa Indonesia peserta didik kelas XII IPS 2 dengan menggunakan strategi pemodelan. Dari jumlah siswa sebanyak 33 saat tes awal hanya 12 atau 36,36% yang berhasil mendapatkan nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan SMAN 10 Yogyakarta yakni sebesar 75 atau nilai rerata 72, 68. Setelah pelaksanaan tindakan nilai mengalami peningkatan menjadi 82,24 pada siklus 1 menjadi 90.09 pada siklus 2. Kondisi presentasi ketuntasan menjadi 100%. Kondisi serupa juga terjadi pada hasil observasi pada aktivitas peserta didik dalam mengikuti pebelajaran. Hasil observasi ada aspek aktivitas siswa dalam pembelajaran pada siklus I rerata skor 59 atau nilai 92, 18 meningkat menjadi skor 62 atau nilai 96,87 pada siklus II.

Kata Kunci: pembelajaran, menulis esai, strategi pemodelan

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2022-10-04
Bagaimana cara mengutip:
Widawati, R. R. (2022). Penerapan Strategi Pemodelan dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Esai . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 48-57. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.407
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 368 times
PDF downloaded: 314 times

Referensi

Anggraeyani, Ni Made Mita. (2012). Penerapan Teknik Pemodelan Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas VIIK SMP Negeri 1 Negara. e-Journal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 5(3) https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/8693

Anggraini, Ade dkk. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis esai Bahasa Indonesai Melalui Strategi Pemodelan. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi. 3(2). https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=peningkatan+keterampilan+menulis+esai&btnG=

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman, H. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hapsara, A. S. (2016). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Sosiologi Melalui Tugas Menonton Tayangan “Ethnic Runaway” SMA Negeri 1 Sedayu Bantul. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 1(1), 65-82. Diambil dari https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/11

Muhaiminah, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Mengelola Kelas Melalui Teknik Pemodelan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 84-91. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.116

Olyvia Mustyka. 2016. Peningkatan Ketramplan Menulis Esai Melalui Model Cooperative Integrated Reading and Compositio(CIRC). Jurnal Pendidikan Rokania. 1(2). https://stkiprokania.ac.id/e-jurnal/index.php/jpr/article/view/64

Rahayu, Elys. (2015). Penerapan Teknik TUKRI (Tulis, Unggah, Kritisi, Revisi) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Esai Mahasiswa STKIP PGRI Ponorogo. 2(2). https://jurnal.lppmstkipponorogo.ac.id/index.php/JBS/article/view/47

Roslaini. (2018). Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Menulis Esai Argumentatif. 1(1).https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SNP/article/view/2785

Sukmawati. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Esai Dengan Model Pembelajaran Picture and Picture Pada Siswakelas Xii Ipa 2 SMA Negeri 1 Kateman Tahun Pelajaran 2015/2016. https://educhild.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/viewFile/5102/4781

Sutirman. (2013). Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Utami, E. K. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Inspiratif Melalui Strategi Pemodelan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 60-66. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.171

Widayati, Sri dkk. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together: Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Esai Mahasiswa. 6(2). http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/BB/article/view/5999