Penerapan Strategi Pemodelan dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Esai
Abstrak
Penelitian tindakan kelas ini berjudul Penerapan Penerapan Strategi Pemodelan dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Esai pada Peserta Didik Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 10 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2021/2022. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menjelaskan proses pembelajaran dan hasil peningkatan keterampilan siswa dalam menulis esai bahasa Indonesia melalui strategi pemodelan. Penelitian ini menggunakan studi penelitian tindakan dengan dua siklus. Teknik analisis datanya menggunakan statistik deskriptif. Data penelitian ini berupa tulisan esai, data nilai, dokumen dan hasil observasi. Hasil pengumpulan data diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Dari data tersebut diperoleh hasil pembelajaran menulis esai bahasa Indonesia peserta didik kelas XII IPS 2 dengan menggunakan strategi pemodelan. Dari jumlah siswa sebanyak 33 saat tes awal hanya 12 atau 36,36% yang berhasil mendapatkan nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan SMAN 10 Yogyakarta yakni sebesar 75 atau nilai rerata 72, 68. Setelah pelaksanaan tindakan nilai mengalami peningkatan menjadi 82,24 pada siklus 1 menjadi 90.09 pada siklus 2. Kondisi presentasi ketuntasan menjadi 100%. Kondisi serupa juga terjadi pada hasil observasi pada aktivitas peserta didik dalam mengikuti pebelajaran. Hasil observasi ada aspek aktivitas siswa dalam pembelajaran pada siklus I rerata skor 59 atau nilai 92, 18 meningkat menjadi skor 62 atau nilai 96,87 pada siklus II.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 Retna Rahayu Widawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

