Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas X KKO di SMA Negeri 1 Sewon

  • Rochimah Aryati Putri Universitas Ahmad Dahlan, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Sri Hartini Universitas Ahmad Dahlan, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Agungbudiprabowo Agungbudiprabowo Universitas Ahmad Dahlan, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Rini Siswanti Universitas Ahmad Dahlan, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan strategi guru Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan motivasi belajar pada siswa Kelas X Kelas Khusus Olahraga (KKO) di SMA Negeri 1 Sewon. Data menunjukkan bahwa selama satu tahun terakhir prestasi siswa KKO memperoleh prestasi 1 kejuaraan tingkat internasional, 4 tingkat nasional dan 2 tingkat regional, hal tersebut menunjukkan motivasi yang tinggi dalam bertanding disuatu kejuaraan dan belajar dilingkungan sekolah. Penelitian ini mendeskripsikan mengenai peran guru Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan motivasi belajar pada siswa. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 1 guru Bimbingan dan Konseling, 1 wali kelas dan 4 siswa KKO. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Data penelitian dianalisis menggunakan tiga langkah yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing atau verivication. Hasil dari penelitian adalah : 1) melaksanakan layanan sesuai dengan empat layanan dasar yaitu: layanan dasar, layanan responsive, layanan perencanaan individual dan dukungan sistem; 2) melaksanakan layanan bimbingan dengan topik yang mendukung motivasi belajar melalui teknik yang menarik; 3) memberikan layanan konseling kelompok maupun individu utnuk membantu memecahkan masalah; 4) melaksanakan layanan informasi studi lanjut yang sesuai dengan bidang; 5) melaksanakan kolaborasi dengan guru mata pelajaran dan wali kelas; dan 6) menjadi guru yang bersikap tegas namun tetap membuat nyaman peserta didik.

Kata Kunci: peran guru bimbingan dan konseling, motivasi belajar, kelas khusus olahraga

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Rochimah Aryati Putri, Universitas Ahmad Dahlan, Daerah Istimewa Yogyakarta

Rochimah Aryati Putri, S.Pd, lahir di Kulon Progo pada tanggal 12 Maret 1993. Tempat tinggal Giripurwo, Girimulyo, Kulon Progo. Sedang menempuh Pendidikan Profesi Guru Bimbingan dan Konseling di Universitas Ahmad Dahlan. Riwayat pekerjaan guru di SMP Negeri 1 Girimulyo sejak 2016 – 2019 kemudian sekarang guru bimbingan dan konseling di SMP Muhammadiyah 2 Godean.

Diterbitkan
2022-08-08
Bagaimana cara mengutip:
Putri, R. A., Hartini, S., Agungbudiprabowo, A., & Siswanti, R. (2022). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas X KKO di SMA Negeri 1 Sewon. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(3), 281-287. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i3.398
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 713 times
PDF downloaded: 860 times

Referensi

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

E. Mulyasa. (2013). Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Dimyati. dkk. (2013) Karakteristik Psikologi Atlet Di Pusat Pendidikan Dan Latihan Pelajar. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Yogyakarta

Gibson & Mitchell (2011). Introduction Counseling and Guidance. Person Pearson Pentrice Hall

Kristiawati, R. (2010). Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMPN 205 Kalideres Jakarta Barat. Retrieved Mei 4, 2022. from : https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/2433

Nugroho, G. B. (2020). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendampingan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Online. Psiko edukasi, 18(1), 73–83.

Patandean, Y.R. (2020). Digital Transformation. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 111 2014 tentang Bimbingan Dan Konseling Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Indonesia: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2006 Tentang Pembinaan Prestasi Peserta Didik Yang Memiliki Potensi Kecerdasan Dan Bakat Istimewa. Indonesia: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Purwaningsih, H. (2021). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Melayani Peserta Didik Di Masa Pandemi Covid-19. Educational: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 1(1), 36–44. https://doi.org/10.51878/educational.v1i1.53

Rahman, A. (2015). Peranan Guru Bimbingan Dan Konseling Terhadap Pelaksanaan Bimbingan Belajar Di SMK Negeri 1 Loksado. Jurnal mahasiswa BK An-nur: berbeda, bermakna, mulia, 1(3). https://doi.org/10.31602/jmbkan.v1i3.580

Ropiyadi. (2020). Mengejar Bayang-Bayang Sejati. Jakarta: YPTD.

Sudirman, S., Daharnis, D., & Marjohan, M. (2013). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Serta Peran Guru Mata Pelajaran Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri. Konselor, 2(1), https://doi.org/10.24036/0201321872-0-00

Sugiyono (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Uno Hamzah (2011) Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara