Implementasi Pembelajaran Bermakna dengan Materi Menentukan Status Gizi pada Pembelajaran Daring Ilmu Gizi

  • Heni Purwanti SMK Negeri 4 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Nani Nurwati SMK Negeri 4 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Pembelajaran bermakna merupakan salah satu inovasi pembelajaran yang diharapkan dapat menekan rasa jenuh pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengimplementasi pembelajaran bermakna menggunakan media daring pada pembelajaran Ilmu Gizi kelas X Kuliner 1 di SMK Negeri 4 Yogyakarta, dengan materi menentukan status gizi remaja. Dalam pembelajaran Ilmu Gizi, menentukan status gizi merupakan salah satu materi yang dipelajari untuk mengenal kondisi tubuh, terutama kondisi tubuh individu siswa. Pembelajaran bermakna yang dilakukan kali ini adalah menentukan status gizi siswa dengan menghitung IMT melalui daring. Berdasarkan pengamatan terhadap proses pembelajaran, menunjukkan bahwa saat pembelajaran bermakna berlangsung, diawal pembelajaran siswa tampak kurang antusias mengikuti pembelajaran, dibuktikan dengan kurangnya aktivitas bertanya jawab melalui WhatsApp group. Antusias siswa baru terlihat saat siswa diberikan tugas menimbang badan dan mengukur tinggi badan dan saat mengerjakan tugas menghitung imt dan menentukan status gizi masing-masing. Beberapa siswa memberi respon dengan bertanya melalui WhatsApp group, bahkan sebagian siswa terlihat resah saat mengetahui status gizi kekurangan ataupun kelebihan berat badan. Pembelajaran di akhiri dengan pengumpulan tugas siswa dengan hasil baik dan tepat waktu.

Kata Kunci: indeks massa tubuh, pembelajaran bermakna, status gizi

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2022-08-08
Bagaimana cara mengutip:
Purwanti, H., & Nurwati, N. (2022). Implementasi Pembelajaran Bermakna dengan Materi Menentukan Status Gizi pada Pembelajaran Daring Ilmu Gizi . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(3), 249-257. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i3.377
Bagian
Praktik Terbaik
Abstrak viewed: 482 times
PDF downloaded: 372 times

Referensi

Almatsier, S. (2010). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Gramedia Pustaka Utama.

A.M. Sardiman, (2018). Interaksi dan Motifasi Belajar Mengajar. Rajawali.

Andrian, R. (2017). Pembelajaran Bermakna Berbasis Post it. Jurnal Mudarrisuna Pendidikan Agama Islam, 7(1), 103–118. https://doi.org/10.22373/jm.v7i1.1911

Fhany El Shara, Irza Wahid, R. S. (2017). Hubungan Status Gizi Dengan Kejadian Anemia Pada Remaja Putri SMAN 2 Sawahlunto Tahun 2014. Jurnal Kesehatan ANdalas, 6(1), 202–207. DOI: https://doi.org/10.25077/jka.v6i1.671

I Pt. Fira Kumartha, Md. Putra, I. W. S. (2013). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Bermakna Bernuansa Lingkungan Alam Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Gugus 4 Selemadeg Timur Tabanan. Mimbar PGSD Undi Ksha, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v.1/1.969

Ilham, B. (2020). Pembelajaran Bermakna Berbasis Daring Di Tengah Pandemi Covid-19. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5 (2), 78–88. https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/kelola

Laelatul, D. (2014). Gizi dalam Kesehatan Reproduksi. Refika Aditama.

M., S. (2007). Active Learnin: 101 Stategi Pembelajaran Aktif. Pustaka Insani Madani dan YAPPENDIS.

Mardalena, I. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Gizi Dalam Keperawatan: Konsep Dan Penerapan Pada Asuhan Keperawatan. Pustaka Baru Press.

Marmi. (2014). Gizi dalam Kesehatan Reproduksi. Pustaka Pelajar.

Novananda, Y. D. J. N. E. (2017). Hubungan Pengetahuan Tentang Gizi Seimbang Dengan Status Gizi Pada Remaja Putri Kelas Xi Akuntansi 2 (Di SMK PGRI 2 Kota Kediri). JUrnal Kebidanan, 6(2). DOI: https://doi.org/10.35890/jkdh.v6i2.38

Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease, (2020).

Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Diva Press.

Rohmah, N. (2013). Belajar Bermakna Ausuble. Al-Khwarizmi Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 43–48. https://doi.org/https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i1.54

Sarwono, S. (2013). Psikologi Remaja. Rajawali Press.

Tarmidzi. (2018). Belajar Bermakna (Meaningful Learning) Ausubel Menggunakan Model Pembelajaran Dan Evaluasi Peta Konsep (Concept Mapping) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA. Caruba Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/cjiipd.v1i2.2504

Winarsih. (2018). Pengantar ilmu gizi dalam kebidanan. Pustaka Pelajar.