Upaya meningkatkan Eksplorasi Karier Siswa melalui Layanan Bimbingan Klasikal Berbasis Daring

  • Fuad Aminur Rahman SMA Negeri 1 Cihara, Lebak, Banten,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini adalah sebagai upaya untuk memberikan gambaran dalam pelaksanaan layanan bimbingan klasikal berbasis daring dalam meningkatkan eksplorasi karier peserta didik. Jenis ataupun desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK), yang terdiri dari II (dua) siklus, dimana setiap siklus terdiri dari II (dua) kali kegiatan. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan dua instrumen yakni lembar observasi dan tes pemahaman, kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif berbasis komputer berbantuan Microsoft Excel 2016. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas XI MIPA 1 di SMAN 1 Cihara. Instrumen penelitian berupa lembar observasi yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya serta observasi untuk mengetahui aktivitas dan antusias siswa selama pelaksanaan layanan bimbingan klasikal berbasis dalam jaringan (daring). Sehingga dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil observasi pelaksanaan layanan bimbingan klasikal berbasis daring mengenai eksplorasi karier yang telah dilakukan menunjukkan adanya kenaikan skor dari yang semula pada pertemuan pertama pada siklus I untuk rata-rata skor aktivitas yakni 31,2 poin dan pertemuan ke empat pada siklus ke II menjadi 52,4 sehingga masuk kategori baik.  Dan untuk pada pertemuan pertama pada siklus I untuk rata-rata skor antusias yakni 30,4 poin dan pertemuan keempat pada siklus ke II menjadi 52,8 sehingga masuk kategori baik. Berdasarkan data hasil tes pemahaman eksplorasi karier, dapat diartikan bahwa terjadi kenaikan skor pemahaman eksplorasi karier saat siklus I ke siklus II yaitu 5 poin sehingga adanya peningkatan eksplorasi karier siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Cihara tahun pelajaran 2021/2022.

Kata Kunci: eksplorasi karier, layanan bimbingan klasikal, dalam jaringan

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Fuad Aminur Rahman, SMA Negeri 1 Cihara, Lebak, Banten

Fuad Aminur Rahman, S.Pd merupakan seorang guru bimbingan dan konseling (BK) di SMA Negeri 1 Cihara, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten,

Diterbitkan
2022-08-16
Bagaimana cara mengutip:
Rahman, F. A. (2022). Upaya meningkatkan Eksplorasi Karier Siswa melalui Layanan Bimbingan Klasikal Berbasis Daring . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(3), 317-322. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i3.366
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 666 times
PDF downloaded: 773 times

Referensi

Bhakti, C.P & Rahman, F. A. (2018). Strategi Individual Planning Untuk Meningkatkan Eksplorasi Karier Siswa di Era Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling “Peluang Dan Tantangan Konseling Karier di Era Disrupsi” (pp. 99-109). Tegal. Universitas Pancasakti Tegal

Bhakti, C. P. (2015). Bimbingan dan Konseling Komprehensif: Dari Paradigma Menuju Aksi. Jurnal Fokus Konseling, 1(2), 93-106. Retrieved from https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/fokus/article/view/96

Bhakti, C. P., & Rahman, F. A. (2020). Android application development of exploration career based on Multiple Intellegence: A model hypothetical. In Journal of Physics: Conference Series, 1470(1), 1-11. Retrieved from https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1470/1/012043/meta

Dinia, A. A., Rahmi, F., & Purna, R. S. (2021). Vocational Exploration and Commitment (VEC) dalam Pemilihan Karir Siswa SMK. In Seminar Nasional Psikologi UM, 1 (1), 291-296. Retrieved from http://conference.um.ac.id/index.php/psi/article/view/1151.

Greenhaus, Jeffrey H. & Gerald A. Callaman. (2006). Encyclopedia of Career Development. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc

Greenhaus, J. H., Callanan, G. A., & Godshalk, V. M. (2018). Career management for life. Routledge.

Hartono, M. S. (2018). Bimbingan Karier. Prenada Media.

Jalil, M. N. (2021). Pengembangan Aplikasi E-Counseling Sebagai Upaya Meningkatkan Pemberian Layanan Bimbingan dan Konseling. Indonesian Journal of School Counseling: Theory, Application, and Development, 1(1), 11-20. Retrieved from https://doi.org/10.26858/ijosc.v1i1.19317

Kemendikbud. (2013). Modul Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor. Jakarta: Kemendikbud.

Khairun, D. Y., & Sulastri, M. S. (2016). Layanan bimbingan karir dalam peningkatan kematangan eksplorasi karir siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 1(1). Retrieved from https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPBK/article/view/1860

Nugraha, A., & Rahman, F. A. (2017). Strategi Kolaborasi Orangtua Dengan Konselor dalam Mengembangkan Sukses Studi Siswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 3(1). 128-136. Retrieved from https://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/view/1605

Paixão, O., & Gamboa, V. (2021). Autonomous Versus Controlled Motivation on Career Indecision: The Mediating Effect of Career Exploration. Journal of Career Development, 0894845321992544. Retrieved from https://doi.org/10.1177/0894845321992544

Purwanta, E. (2012). Faktor Yang Memengaruhi Eksplorasi Karier Siswa SLTP. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(2). Retrieved from http://lpmpp.uny.ac.id/sites/lpmpp.uny.ac.id/files/4Edi%20Purwanto%20FIP.pdf.

Priyatno, T. (2016). Upaya Meningkatkan Pemahaman Eksplorasi Karier Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok. Psikopedagogia Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 49-56.

Siradj, Shahudi, (2012). Pengantar Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Revka Petra Media

Sudijono.(2007). Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada Raju.

Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Suyadi. (2013). Panduan Guru Profesional Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), Yogyakarta: Andi Ofset

Uno, H. L. (2014). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara

Zhang, J., Yuen, M., & Chen, G. (2021). Career‐Related Parental Support, Vocational Identity, and Career Adaptability: Interrelationships and Gender Differences. The Career Development Quarterly, 69(2), 130-144. Retrieved from https://doi.org/10.1002/cdq.12254