Penggunaan WhatsApp Chat untuk Mengajarkan Kemampuan Berbicara “Suggestion” dalam Muatan Kemaritiman pada Pembelajaran Online

  • Erna Pujiasih SMA Negeri 1 Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Best Practice ini bertujuan untuk mendapatkan pembelajaran yang efektif dan efisien secara online sehingga peserta didik tidak merasa jenuh saat pembelajaran online di masa pandemi COVID 19. Best Practice ini dilaksanakan Semester 1, Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode dalam penelitian ini dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Bantul yang terdiri dari 5 kelas. Pembelajaran kemampuan berbicara tentang ekspresi “suggestion” bermuatan kemaritiman dalam pembelajaran agar peserta didik menyadari pentingnya menjaga kelautan dan kemaritiman dimana Indonesia sebagai negara kepulauan yang dua pertiga terdiri dari lautan. Oleh karena itu guru dalam mengajar perlu strategi yang tepat untuk menumbuhkan sikap peduli terhadap kemaritiman. Model pembelajaran online yang bertujuan untuk mengaplikasikan kemampuan berbicara dalam ekspresi “suggestion” muatan kemaritiman dengan WhatsApp Chat. Strategi pembelajaran ini dilakukan dengan penjelasan dengan virtual, kreatifitas dalam membuat dialog ekspresi “suggestion, pengalaman presentasi secara online dengan Video Call. Hasil penelitian ini diperoleh berdasarkan data kuesioner dari 187 peserta didik merasa senang dengan pembelajaran tersebut sejumlah 53%, bisa memahami materi dengan mudah 24%, pembelajaran menjadi efektif dan praktis sejumlah 18%, mempunyai variasi, kreativitas dan pengalaman yang baru sejumlah 5%. Model pembelajaran online dengan membuat dialog ekspresi “suggestion” dengan WhatsApp Chat dan presentasi dengan Video Call ini efektif, efisien, variatif, menarik dan peserta didik bisa memahami materi dengan mudah.

Kata Kunci: pembelajaran online, variatif, kemaritiman, suggestion, whatsapp chat

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2022-10-04
Bagaimana cara mengutip:
Pujiasih, E. (2022). Penggunaan WhatsApp Chat untuk Mengajarkan Kemampuan Berbicara “Suggestion” dalam Muatan Kemaritiman pada Pembelajaran Online. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 1-9. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.355
Bagian
Praktik Terbaik
Abstrak viewed: 396 times
PDF downloaded: 385 times

Referensi

Amalia, A.P., Adham, M., & Rusman. (2020). Metode Pengajaran Bahasa Inggris Maritim. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(2), 456-463. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/499

Duch, B. J., Groh, S. E., & Allen, D. E. (2001). The power of problem-based learning: a practical "how to" for teaching undergraduate courses in any discipline. Stylus Publishing, LLC.

Hapsara, A. S. (2020). Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Daring Sosiologi melalui Pendekatan Problem Posing Berbasis Infografis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 9–19. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.170

Hartley. (2001). Selling e-Learning, American Society for Training and Development.

Hindrasti, N. (2018). Reorientasi Pembelajaran Sains Berbasis Literasi Kelautan. Jurnal Pendidikan Biologi 11(2), 81-86. http://dx.doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v11i2.22842

Karba, I.K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Untuk Meningkatkan Pemahaman Suggestion and Offer Pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 7 Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 20(1), 438-453. https://doi.org/10.5281/zenodo.2666095

Megayanti, W. (2021). Implementation of Learning Principles in Distance Learning through the WhatsApp Application. INTELEKTIUM, 2(2), 155–162. https://doi.org/10.37010/int.v2i2

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (Nomor 20 Tahun 2016). Tentang Standar Kompetensi Lulusan.

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (Nomor 22 Tahun 2016). Tentang Standar Proses.

Pujiasih, E. (2020). Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42-48. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136

Rosenberg & Marc J. (2001). E-Learning; Strategies for Delivering Knowledge in the Digital. New York: McGraw Hill. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jelt/article/view/4300

Tarigan, H. G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Waryanto, N.H. (2006). Online Learning sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 10-23.

Widyastuti, Y. (2020). Upaya Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Speaking Melalui Metode Role Play. Jurnal UST, 1(1), 148-154. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnas2020/article/view/7479