Integrasi Critical dan Creative Thinking dalam Pemecahan Soal HOTS melalui Model SOLE pada Kaidah Pencacahan

  • Muflichati Nurin Azizah SMA Negeri 1 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Salah satu bekal peserta didik agar dapat menjawab tantangan abad ke-21 adalah memiliki kecakapan critical dan creative thinking. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan integrasi kecakapan critical dan creative thinking peserta didik dalam pemecahan masalah soal HOTS melalui model Self-Organized Learning Environments (SOLE) pada materi Kaidah Pencacahan di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan tiga tahapan dalam model SOLE yaitu Question, Investigate, dan Review. Pemberian pertanyaan inkuiri dalam tugas yang menarik dan terarah dalam LKPD memancing peserta didik mulai mengintegrasikan kecakapan critical thinking. Pemecahan LOTS, MOTS, dan HOTS oleh peserta didik secara bertahap melatih peserta didik mengintegrasikan kecakapan critical dan creative thinking. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil eksplorasi dan investigasi, meningkatkan pengintegrasian critical dan creative thinking pada diri peserta didik. Hasil pengamatan pada integrasi critical thinking menunjukkan bahwa 15,63% peserta didik didik masuk dalam kriteria sangat tinggi dan 84,37% pada kriteria tinggi. Hasil yang sama ditunjukkan pada integrasi kecakapan creative thinking. Tes prestasi hasil belajar peserta didik pada aspek pengetahuan dan keterampilan adalah 87,50%. Dalam penelitian ini juga diperoleh hasil keterlaksanaan pembelajaran 93,33%. Penelitian ini menghasilkan simpulan bahwa terdapat peningkatan integrasi kecakapan critical dan creative thinking peserta didik pada Kaidah Pencacahan.

Kata Kunci: berpikir kritis, berpikir kreatif, HOTS, Self-Organized Learning Environments

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2022-05-01
Bagaimana cara mengutip:
Azizah, M. N. (2022). Integrasi Critical dan Creative Thinking dalam Pemecahan Soal HOTS melalui Model SOLE pada Kaidah Pencacahan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 179-187. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.352
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 376 times
PDF downloaded: 329 times

Referensi

Anis, M., dan Anwar, C. (2020). Self-organized learning environment teaching strategy for ELT in Merdeka Belajar concept for high school students in Indonesia. JEES (Journal of English Educators Society). 5(2), 199–204. Diakses dari https://doi.org/10.21070/jees.v5i2.869

Abdullah, In Hi (2013), Critical Thinking Matematik. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika.2(1), 66-75.

Brookhart, S.M. (2010). How to Access Higher Order Thinking Skills in Your Classroom. Alexandria: ASCD.

Kemendikbud. (2018). Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 tentang Perubahan KI dan KD. Jakarta: Kemendikbud.

Kusasi, Ahmad. (2021). Penggunaan Model SOLE untuk Meningkatkan Hasil Belajar Daring Peserta Didik Materi Kinetik Gas.Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. 5(2), 175-185. Diakses dari https://doi.org/10.20527/jipf.v5i2.2833

Munandar, Utami. (1999). Kreativitas dan Keberbakatan: Strategi Mewujudkan Kreatif dan Bakat, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Mutiasari, Maya. (2021). Penerapan Model Self-Organized Learning Environments (SOLE) untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Ar-Razi. 9(2), 95-103. Diakses dari http://dx.doi.org/10.29406/ar-r.v9i2.2948

Nurlaela, L., dan Ismayati, E. (2015). Strategi Belajar Berpikir Kreatif. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Sholichah, Ana F. (2019). Pembelajaran Self-Organised Learning Environment (SOLE) dalam Penyelesaian Tugas”. (Skripsi). Universitas Negeri Semarang. Semarang. Diakses dari http://lib.unnes.ac.id

Widana, I Wayan. (2017). Modul Penyusunan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Widhi, Purwanti H. (2013). Integrative Science untuk Mewujudkan 21th Century Skill. Makalah Seminar Nasional MIPA 2013. Diakses dari http://staffnew.uny.ac.id/upload/198307302008122004/penelitian/Integrative

Widoyoko, S.E.P. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.