Peningkatan Kompetensi Wali Kelas dalam Melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh melalui Coaching dan Mentoring

  • Lucia Wirastuti Kindarsih SMA Negeri 2 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian adalah 1) Mendeskripsikan tahapan coaching dan mentoring untuk meningkatkan kompetensi wali kelas dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh; 2) Mengetahui peningkatan kompetensi wali kelas dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) model Kemmis dan Taggart, meliputi tahap perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Subyek penelitian adalah 27 wali kelas SMA N 2 Yogyakarta. Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) diselesaikan dalam 2 siklus tindakan. Siklus tindakan 1 dilaksanakan pada bulan Januari-Februari 2021, sedangkan siklus tindakan 2 dilaksanakan pada bulan Maret-April 2021. Tindakan coaching dan mentoring dilaksanakan melalui tindakan 1) Evaluasi pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara pararel, 2) Bimbingan untuk PJJ per kelas, 3) Penyelesaian rapor, dan 4) Pemanggilan orang tua peserta didik yang belum menuntaskan PJJ di semester ganjil. Hasil penelitian diperoleh data peningkatan kompetensi wali kelas dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Indikator evaluasi pembelajaran jarak jauh meningkat sebesar 10,42 poin, dari 72,91% menjadi 83,33%. Indikator bimbingan PJJ per kelas meningkat sebesar 14,96 poin, dari 72,08% menjadi 87,04%. Indikator penyelesaian rapor meningkat sebesar 29,17 poin, dari 70,83% menjadi 100%. Indikator pemanggilan orang tua peserta didik meningkat sebesar 11,23 poin, dari 73,96% menjadi 85,19%. Jumlah peserta didik yang aktif mengikuti pembelajaran jarak jauh mengalami peningkatan dari 87,11% pada siklus 1 menjadi 100% pada siklus 2. Tindakan coaching dan mentoring meningkatkan kualitas pembelajaran jarak jauh secara signifikan. Hal ini tidak terlepas dari kedisiplinan guru mata pelajaran dalam menerima perlakuan coaching dan mentoring.

Kata Kunci: coaching, mentoring, kompetensi, pembelajaran jarak jauh

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-01-16
Bagaimana cara mengutip:
Kindarsih, L. W. (2023). Peningkatan Kompetensi Wali Kelas dalam Melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh melalui Coaching dan Mentoring . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 189-198. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.323
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 282 times
PDF downloaded: 336 times

Referensi

Amanillah, N.F. (2020). Pengaruh Coaching dan Mentoring terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank BNI Syariah KC Banjarmasin. Diakses dari laman https://idr.uin-antasari.ac.id/13566/

Anonym. (2008). Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang guru.

Anonym. (2021). SE DIKPORA Nomor 421/09975 Tahun 2021 tentang Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Tengah Pandemi Corona Virus 2019 Di SMA, SMK, dan SLB Di DIY.

Badudu, J.S dan Zain, S.M. (1994). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

DuBois, D.L. dan Karcher, M.J. (2005). Handbook of Youth Mentoring. California: Sage Publishing.

Suryani, F. (2021). Metode Mentoring untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Pemantauan Karakter Siswa Berbasis Afeksi Selama PJJ. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 305-314. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.275

Hapsara, A. S. (2020). Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Daring Sosiologi melalui Pendekatan Problem Posing Berbasis Infografis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 9–19. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.170

Martoredjo, N.T. (2015). Peran Dimensi Mentoring dalam Upaya Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia. Jurnal Humaniora, 6(4).

Nugraha, D.A (2020). Pembuatan Modul Pengembangan Karyawan dengan Metode Counseling, Mentoring dan Coaching pada PT. KBI. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/10057

Nazifah, L. (2021). Pengaruh Coaching Dan Mentoring Terhadap Kualifikasi Kelulusan Pelatihan Dasar CPNS Guru SD, Jurnal ilmiah PGSD Holistika, 5(1). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/9354

Romansah, T. (2017). Implementasi Kegiatan Mentoring Keagamaan dalam Pembinaan Karakter Islami. Jurnal Atthulab, 2(1).

Sani RA, Prayitno W, dan Hodriani. (2020). Panduan Praktis Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.