Pengembangan Desain Blended Learning Mata Pelajaran Fisika SMA pada Era Kenormalan Baru

  • Rita Nunung Tri Kusyanti SMA Negeri 1 Tempel, Sleman, DIY,  Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan desain pembelajaran blended learning pada mata pelajaran Fisika kelas XI di masa era kenormalan baru. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D dengan model ADDIE. Tahapan penelitian ini, hanya sampai pada tahapan kedua yaitu analisis kebutuhan dan desain rancangan model pembelajaran blended. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk memvalidasi rancangan (brief design) pembelajaran blended, instrumen penelitian berupa lembar observasi, analisa data secara kualitatif. Perencanaan desain produk dengan menyusun desain pembelajaran blended dengan mengacu pada kompetensi matapelajaran Fisika pada masa darurat C-19 dengan sintak blended learning. Berdasar analisis kebutuhan pembelajaran blended learning paling efektif untuk diterapkan pada era kenormalan baru. Desain pembelajaran (brief design) blended learning Fisika model flipped classroom dengan memperhatikan variasi tatap muka pembelajaran offline dan pembelajaran online dengan prosentasi 50%-50%.  Hasil validasi ahli media dan materi diperoleh penilaian obyek pembelajaran mengadaptasi dari LORI adalah adalah 81,58% masuk kategori setuju dan 85,52% masuk kategori sangat setuju, kuesioner evaluasi proses pembelajaran daring adalah 81,25 % masuk kategari cukup baik, dan 89,58% masuk kategori sangat baik, penilaian desain pembelajaran blended learning adalah 85% masuk kategari setuju dan 90% masuk kategori sangat setuju. Rerata aspek atau indikator 85,48% maka hasil validasi ahli isi materi dan media desain pembelajaran blended yang dikembangkan bisa diuji cobakan karena sudah memasuki klasifikasi baik (mendekati sangat baik).

Kata Kunci: blended learning, flipped classroom, masa era kernormalan baru

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2022-01-01
Bagaimana cara mengutip:
Kusyanti, R. N. T. (2022). Pengembangan Desain Blended Learning Mata Pelajaran Fisika SMA pada Era Kenormalan Baru. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 80-88. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.318
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 678 times
PDF downloaded: 827 times

Referensi

Abidin, A. (2014). Garis panduan Amalan Terbaik Konsep pembelajaran Teradun Bagi Politeknik-Politeknik Malaysia. Putrajaya: Bahagian Instruksional dan Pembelajaran Digital Jabatan Pengajian Politeknik.

Alammary, A. (2019). Blended Learning models for introductory programming courses: A systematic review. PLoS ONE, 14(9), 1-26. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0221765

Bailey, J.E dkk. (2013). Navigating The Digital Shift: Implementation Strategies for Blended and Online Learning. Websites: Digital Learning Now.com GettingSmart.com

Dewi, C. K dkk. (2019). Blended Learning Konsep dan Implementasi pada pendidikan Tinggi Vokasi. Bali: Swasta Nulus.

Direktorat Pembelajaran. Direktorat jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. (2017). PEDATI Model Desain Pembelajaran Blended.

Handoko & Waskito. (2018). Blended Learning Teori dan Penerapannya. Padang: LPTIK.

Kusyanti. R.N. (2021). Hubungan Antara Sres Akademik dan Student Engagemnet Siswa SMA pada Masa pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 315-320. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.276

Oktaria, D. S dkk. (2018). Model Blended Learning. Jakarta: Halaman Moeka.

Rusman, K, & Riyana, C (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan profesionalitas guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Smythe, M. (2011). Blended learning: A Transformative process?

Paper presented at the National Tertiary Learning and Teaching Conference 2011, Nelson, New Zealand. From https://www.academia.edu/15663193/Blended_learning_A_transformative_process

Stein, Jared & Graham, Charles R. (2014). Essentials for Blended Learning. New York: Routledge.

Sumantri, A dkk. (2020). Booklet Pembelajaran Daring. Jakarta: Kemendikbud RI.

Widoyoko, E. P. (2018). Penilaian Hasil belajar di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.