Survei Kepuasan Siswa Mengerjakan Tugas dengan Aplikasi Live Worksheet pada Pembelajaran Daring

  • Arsenius Sele SMA Negeri 1 Nunukan Selatan, Kalimantan Utara,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan siswa SMA Negeri 1 Nunukan Selatan mengerjakan tugas dengan Aplikasi Live Worksheet di masa pembelajaran daring. Dengan demikian, diharapkan guru dapat memilih aplikasi yang lebih memudahkan siswa dalam mengerjakan tugas. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Penyebaran angket ini dilakukan secara daring menggunakan aplikasi google form. Instrumen pengukuran tingkat kepuasan siswa terdiri dari 10 pernyataan; 3 pernyataan tentang partisipasi siswa mengerjakan tugas menggunakan aplikasi Live Worksheet serta hambatan pembelajaran daring, dan 7 pernyataan tentang tingkat kepuasan siswa menggunakan aplikasi Live Worksheet dalam mengerjakan tugas. Terdapat 55 siswa atau 71,43% siswa yang sudah pernah menggunakan aplikasi Live Worksheet sedangkan masih ada 22 siswa atau 28,57% siswa yang tidak pernah mengerjakan tugas menggunakan aplikasi Live Worksheet. Terdapat 94,55% siswa sudah pernah mengerjakan tugas dengan aplikasi Live Worksheet lebih dari 4 kali. Siswa mengalami hambatan-hambatan dalam pembelajaran daring, yaitu 66.23% siswa mengalami kesulitan memahami pelajaran, 49,35% siswa kurang konsentrasi dan 42,86% jaringan internet yang kurang memadai. Ada 77,37 % siswa sangat puas sehingga setuju agar aplikasi Live Worksheet terus digunakan untuk mengerjakan tugas dalam pembelajaran daring, sedangkan ada 22,63% siswa tidak puas sehingga tidak setuju aplikasi Live Worksheet terus digunakan untuk mengerjakan tugas dalam pembelajaran daring.

Kata Kunci: survei kepuasan siswa, aplikasi Live Worksheet, pembelajaran daring

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Arsenius Sele, SMA Negeri 1 Nunukan Selatan, Kalimantan Utara

Penulis bernama lengkap Arsenius Sele yang akrab disapa Arsen Making. Penulis lahir pada 02 Oktober 1977, di desa Jontona Kecamatan Ile Ape Timur Kabupaten Lembata-NTT. Penulis menyelesaikan pendidikan sarjana di Fakultas Bahasa dan Seni sebuah kampus negeri di kota Makassar. Saat ini penulis sebagai pengajar di SMA Negeri 1 Nunukan Selatan Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Penulis dapat dihubungi melalui email: makingarsen02@gmail.com

Diterbitkan
2022-01-01
Bagaimana cara mengutip:
Sele, A. (2022). Survei Kepuasan Siswa Mengerjakan Tugas dengan Aplikasi Live Worksheet pada Pembelajaran Daring. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 53-60. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.311
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 891 times
PDF downloaded: 1719 times

Referensi

Arnawa, I. M., Yerizon, N. S. & Putra, R. T. (2019). Development of students’ worksheet based on APOS theory approach to improve student achievement in learning system of linear equations. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(4), 287-292. https://www.ijstr.org/paper-references.php?ref=IJSTR-0519-20228

Fitriani, N., Hidayah, I. S., & Nurfauziah, P. (2021). Universitas Gunung Jati. Live Worksheet Realistic Mathematics Education Berbantuan Geogebra: Meningkatkan Abstraksi Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 37-50.

Hasanah, Nur. (2020). Lembar Kerja Interaktif Dikala Pandemi. [Interactive worksheet during a pandemic]. Retrieved May 12, 2021 from https://ayoguruberbagi.kemendikbud.go.id

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. 2020. Jakarta: Salinan sesuai dengan aslinya Kepala Biro Hukum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kusumastuti, Adi. Khoiron, A.M. Achmadi, T.A (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri, Z. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.668

Morissan. (2017). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.

Novitasari, Elva. (2021). Membangun Kreativitas Guru dengan Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemic Covid-19. [Building Teacher Creativity with Learning Innovations in the Covid-19 Pandemic Period]. Retrieved May 12, 2021 from https://osf.io/62b89

Pribadi, Benny A. (2017) Media & Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Rukajat, Ajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif- Quantitative Research Approach. Yogyakarta: Deepublish.

Saniwijaya, Agus. (2021). Membuat LKPD Interaktif Dengan Live Worksheet Solusi Belajar Era Modern. [Creating Interactive LKPD with Live Worksheets Modern Era Learning Solutions] Retrieved May 25, 2021 from https://naikpangkat.com/membuat-lkpd-interaktif-dengan-liveworksheets-solusi-belajar-era-modern/