Bimtek In-On-In Daring untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Menyusun RPP PJJ Kelas Khusus Olahraga

  • Jaka Tumuruna SMA Negeri 4 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian Tindakan Sekolah ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan kegiatan bimbingan teknis In-On-In daring dalam rangka meningkatkan kemampuan guru kelas khusus olahraga dalam membuat RPP pada masa pandemi covid-19 yang berorientasi pada siswa. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan sekolah. Subjek penelitian ini terdiri dari guru muda dan senior yang mengajar di kelas khusus olahraga yang berjumlah 17 (tujuh belas) orang. Penelitian ini dilakukan selama 2 (dua) bulan dengan dua kali siklus, masing-masing siklus dilakukan lima kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil kegiatan bimbingan teknis penyusunan RPP PJJ daring dapat meningkatkan kemampuan guru kelas khusus olahraga dalam menyusun RPP PJJ merupakan indikator keberhasilan dalam penelitian ini. Tingkat keberhasilan dalam penelitian ini rata-rata siklus 1 mencapai 79,20 naik menjadi 84,98. Hasil penyusunan RPP PPJ ditriangulasikan dengan hasil observasi pembelajaran dan hasil angket siswa. Dari triangulasi data ini dapat disimpulkan bahwa hasil peningkatan kompetensi penyusunan RPP sejalan dengan kenaikan kualitas pembelajaran yang dirasakan oleh siswa. Perbandingan hasil rata-rata angket siswa pratindakan mencapai 77,44 kategori cukup, dan setelah siklus 2 mencapai 91 kategori amat baik.

Kata Kunci: kompetensi guru, penyusunan RPP PJJ, bimtek in on in

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2021-09-01
Bagaimana cara mengutip:
Tumuruna, J. (2021). Bimtek In-On-In Daring untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Menyusun RPP PJJ Kelas Khusus Olahraga. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 368-375. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.297
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 346 times
PDF downloaded: 385 times

Referensi

____, (2005). Peraturan Pemerintah No 19 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

____, (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 16 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Kemendikbud.

____, (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 tentang Standar Proses. Jakara: Kemendikbud

____, (2019). Edaran Menteri No 4 tentang Penyederhaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jakarta: Kemendikbud.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2013). The action research planner: Doing critical participatory action research. London: Springer Science & Business Media.

Setiana. D. S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menyusun RPP Dengan Pendekatan Saintifik Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional MIPA, Magelang.

Tan, S.S. & Indrasti, R. (2018). Efektifitas Bimbingan Teknis Dalam Pengembangan Perbenihan Holtikultura Di Jawa Barat. Jurnal Pengkajian dan Pengembangan Pertanian, 21(3), 245-257.

Pratiwi Eka Wahyu. (2020). Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Di Sekolah Dasar Klaten Jawa Tengah. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Pengembangan SDM. 9(2).

Sa’bani Faizuz. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun RPP Melalui Kegiatan Pelatihan Pada MTs Muhammadiyah Wonosari. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(1) 527-4287.

Setiana. D. S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menyusun RPP Dengan Pendekatan Saintifik Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional MIPA, Magelang.

Sudarmadi. (2017). Penerapan Mentoring Pola In-On-In Untuk Meningkatkan Kinerja Guru-Guru IPA SMA Binaan Dalam Menyusun Perencanaan Penilaian Pembelajaran Di Kulon Progo. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”, 02.

Sunarsi Denok dan Yuangga Kharisma Danang. (2020). Pengembangan Media Dan Strategi Pembelajaran Untuk Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh Di Pandemi COVID- 19. Guru Kita. 4(3), 2549-1288.