Peer Teaching sebagai Metode Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pembuatan Busana Industri
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar pembuatan busana industri melalui metode pembelajaran Peer Teaching (Tutor Sebaya). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subyek penelitian siswa kelas XI Tata Busana A SMK Negeri 2 Gedangsari tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 31 peserta didik. Data dikumpulkan dengan teknik tes praktik, pengamatan dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Peer Teaching dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pembuatan busana industri. Peningkatan aktivitas siswa ditunjukkan pada tahap pra tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada tahap pra tindakan 1) siswa yang aktif bertanya sebanyak 6 (19,35%) menjadi 14 (45,16%), 2) aktif menjawab pertanyaan sebanyak 5 (16,12%) menjadi 15 (48,38%), 3) aktif bekerjasama sebanyak 4 (12,90%) menjadi 15 (48,38%), dan 4) aktif mengerjakan tugas sebanyak 5 (16,12%) menjadi 20 (64,51%) diakhir siklus. Sedangkan peningkatan hasil belajar pembuatan busana industri ditunjukkan dengan kenaikan persentase jumlah siswa yang nilainya mencapai KKM dari pra tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada tahap pra tindakan, siswa yang nilainya mencapai KKM sebanyak 7 (22,58%), pada siklus I, sebanyak 17 (54,83%), pada siklus II, sebanyak 26 (84%).
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2021 Jayaul Khoiriyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.