Peer Teaching sebagai Metode Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pembuatan Busana Industri

  • Jayaul Khoiriyah SMK Negeri 2 Gedangsari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar pembuatan busana industri melalui metode pembelajaran Peer Teaching (Tutor Sebaya). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subyek penelitian siswa kelas XI Tata Busana A SMK Negeri 2 Gedangsari tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 31 peserta didik. Data dikumpulkan dengan teknik tes praktik, pengamatan dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Peer Teaching dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pembuatan busana industri. Peningkatan aktivitas siswa ditunjukkan pada tahap pra tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada tahap pra tindakan 1) siswa yang aktif bertanya sebanyak 6 (19,35%) menjadi 14 (45,16%), 2) aktif menjawab pertanyaan sebanyak 5 (16,12%) menjadi 15 (48,38%), 3) aktif bekerjasama sebanyak 4 (12,90%) menjadi 15 (48,38%), dan 4) aktif mengerjakan tugas sebanyak 5 (16,12%) menjadi 20 (64,51%) diakhir siklus. Sedangkan peningkatan hasil belajar pembuatan busana industri ditunjukkan dengan kenaikan persentase jumlah siswa yang nilainya mencapai KKM dari pra tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada tahap pra tindakan, siswa yang nilainya mencapai KKM sebanyak 7 (22,58%), pada siklus I, sebanyak 17 (54,83%), pada siklus II, sebanyak 26 (84%).

Kata Kunci: tutor sebaya, hasil belajar, pembuatan busana industri

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Jayaul Khoiriyah, SMK Negeri 2 Gedangsari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jayaul Khoiriyah, S.Pd. Perempuan kelahiran Klaten 20 November 1977. Tinggal di Dowo RT 01/04, Banyuripan, Bayat, Klaten, Jawa Tengah. Pendidikan S1 Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga -Tata Busana.  Bekerja di SMK Negeri 2 Gedangsari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Mengajar program studi Tata Busana. Motto Hidup “Man Jadda Wa Jadda-Siapa yang bersungguh-sunggu pasti ia akan berhasil”.

Diterbitkan
2021-09-01
Bagaimana cara mengutip:
Khoiriyah, J. (2021). Peer Teaching sebagai Metode Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pembuatan Busana Industri. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 329-338. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.292
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 524 times
PDF downloaded: 5270 times

Referensi

Anggorowati, Ningrum P. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Komunitas, 3(1). DOI: https://doi.org/10.15294/komunitas.v3i1.2303

Aqib, Z., & Chotibuddin, M. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru/Kepala dan Pengawas Sekolah/Dosen. Yogyakarta: Penerbit Deepublish Grup Penerbitan CV. Budi Utama.

Benny. A. (2011). Model desain Sistem Pembelajaran, cet. Ke-3. Jakarta: Dian Rakyat.

Emy Indaryani. (2003). Model-Model Pembelajaran. Bojongsari: PPPPTK Bisnis dan Pariwisata.

Ida Prihantina, E.K. (2013). Metode dan Strategi Pembelajaran. Bojongsari: PPPPTK Bisnis dan Pariwisata.

Kiswanti. (2016). Penggunaan Metode Tutor Sebaya berbantuan Media Power point dalam pembelajaran IPS kelas IX SMP. Prosiding Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru, 349-352.

Mintarjo. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI). Ideguru: Jurnal karya Ilmiah Guru, 6(1), 108–116. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i1.222

Mulyadi. (2010). Diagnosa Kesulitan Belajar & Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.

Ridwan. (2016). Penilaian Autentik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Rijalulah. (2013). Model Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Pembelajaran BTQ. Jakarta: STAINU.

Robi Romansyah. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Teknik Dasar Otomotif Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMKN I Sumatra Barat, 1.

Sudjana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suherman, & Erman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.