Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Project Based Learning (PjBL) melalui Media Vlog Materi Senam Aerobik

  • Siti Zaeriyah SMA Negeri 5 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Pembelajaran daring saat ini dilaksanakan untuk mengatasi kesulitan proses belajar tatap muka akibat adanya pandemi COVID-19. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan pelaksanaan peningkatan motivasi belajar siswa menggunakan Project Based Learning (PjBL) media vlog dengan materi senam aerobik  di SMA N 5 Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas XII IPS 2 berisi 32 siswa pada semester 2 tahun pelajaran 2020/2021 Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen pengambilan data yang digunakan adalah angket motivasi, hasil observasi, hasil catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif untuk menjelaskan hasil perhitungan angket motivasi siswa pada tiap aspek yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model Project Based Learning (PjBL) berbasis vlog dapat meningkatkan motivasi belajar materi senam aerobik untuk siswa kelas XII IPS 2 SMA Negeri 5 Yogyakarta. Pada Siklus 1 motivasi belajar siswa mencapai kategori tinggi sedangkan motivasi belajar siswa pada Siklus 2 mencapai kategori sangat tinggi. Berdasarkan indikator keberhasilan, maka disimpulkan bahwa pencapaian motivasi belajar siswa pada Siklus 1 baru sebesar 74, 75. Sedangkan pada Siklus 2 pencapaian motivasi belajar siswa sebesar 87, 25 sehingga sudah mencapai keberhasilan.  

Kata Kunci: Project Based Learning (PjBL), vlog, motivasi, senam aerobik

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2022-01-01
Bagaimana cara mengutip:
Zaeriyah, S. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Project Based Learning (PjBL) melalui Media Vlog Materi Senam Aerobik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 40-46. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.291
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 1530 times
PDF downloaded: 2882 times

Referensi

Afriani, J. & Fitriani, A. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Kreativitas Siswa Ditinjau Dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202-212.

Atmaja, S. U. (2008). Kecabangan Olahraga Senam. Bandung: FPOK UPI.

Basar, A. M., (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi). Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208-218.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

David, E. R., Sondakh, M., & Harilama, S. (2017). Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Acta Diurna, 6(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/15479

Furi, L M I., Handayani, & Sri, Maharani, Shinta. (2018). Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning dan Project Based Learning Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa Pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 49-60.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Info Infeksi Emerging Kementerian Kesehatan RI. updated 30 Maret 2020 from https://infeksiemerging.kemenkes.go.id

Kompas. (2020). KPAI Terima 213 Pengaduan Pembelajaran Jarak Jauh, Mayoritas Keluhkan Beratnya Tugas dari Guru. Retrieved from https://nasional.kompas.com/read/2020/04/13/15584711/kpai-terima-213-pengaduan-pembelajaran-jarak-jauh-mayoritas-keluhkan?page=all

Palittin, I. D, Wolo, W., & Purwanti, R. (2019). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa. Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101-109.

Peraturan Presiden Nomor 21 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19. (2020). Jakarta

Samsudin. (2008). Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sardiman, A. M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Siregar, E. & H. Nara. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sukintaka. (2004). Teori Pendidikan Jasmani: Filosofi, Pembelajaran, dan Masa Depan. Bandung: Penerbit Nuansa.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanti, E. D. (2019). Project Based Learning: Pemanfaatan Vlog Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Generasi Pro Gadget. Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 13(1), 85-96.

Susilo, A., Rumende, C.M., Pitoyo, C.W., Santoso, W.D., Yulianti, M. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45-67.

Wena, M. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional). Jakarta: Bumi Aksara.