Model Pembelajaran Kooperatif “Dapil Tebu Itam” untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama

  • Handri Purwaningtyas SMA Negeri 1 Banguntapan, Bantul, DIY,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas XI SMAN 1 Banguntapan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif “Dapil Tebu Itam”. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas atau classroom action research. Penelitian dilaksana kandalam dua siklus, tiap siklus dilaksanakan dua kali tatap muka. Semua siklus menerapkan model pembelajaran Kooperatif “Dapil Tebu Itam” dengan berbagai variasi kegiatan. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Banguntapan, sedangkan objeknya adalah kemampuan menulisnaskah drama.  Data dan instrument dalam penelitian ini adalah instrumen penilaian kemampuan menulis naskah drama siswa dan instrumen observasi keaktifan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif “Dapil Tebu Itam” kemampuan siswa dalam menulis naskah drama meningkat. Hal ini dibuktikan oleh data sebagai berikut: (1) Sebelum diberikan tindakan hasil nilai rerata kelas menunjukkan hasil yang rendah, yaitu hanya 50% siswa yang nilainya mencapai KKM 76.00, sedangkan 50% lainnya di bawah KKM; (2) Setelah dilakukan tindakan pada siklus pertama nilai rerata kelas meningkat, siswa yang berhasil mencapai KKM sebanyak 62,5%, sedangkan siswa yang nilainya belum KKM 37%. (3) Pada siklus kedua, nilai siswa yang sudah mencapai KKM meningkat menjadi 100%.

Kata Kunci: menulis, naskah drama, model kooperatif, dapil tebu itam

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2022-01-01
Bagaimana cara mengutip:
Purwaningtyas, H. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif “Dapil Tebu Itam” untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 32-39. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.288
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 230 times
PDF downloaded: 244 times

Referensi

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). Kamus Besar Bahasa IndonesiaEdisi Kelima. Jakarta: Balai Pustaka

Depdiknas. (2006). Panduan Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Dirjen Pendidikan.

Irwan, N dan Sani RA. (2015). Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Teamwork Skills terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1).

Kemmis, S. and McTaggart, R. (1988). TheAction Research Reader. Victoria: Deakin University Press.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Rustaman, N.Y., dkk. (2003). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI

Sudarsana, I Ketut. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Peningkatan Mutu Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penjaminan Mutu Lembaga Penjaminan Mutu Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar, 4(1).

Tarigan, Henry Guntur. (1993). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tim Peneliti Program Pascasarjana UNY. (2001). Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Hasil Belajar Berbasis Kemampuan Dasar Siswa SMU Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: Program Pascasarjana UNY.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.