Peningkatan Self Leadership dalam Merencanakan Karir melalui Layanan Informasi Daring Model Cooperative Learning

  • Malthelda Yulianti SMA Negeri 2 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian tindakan kelas bimbingan konseling ini bertujuan untuk meningkatkan self leadership dalam merencanakan karir melalui layanan informasi daring model cooperative learning.  Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XII MIPA-1SMA Negeri 2 Yogyakarta. Metode penelitian adalah observasi menggunakan instrumen yang disusun peneliti dengan mengacu pada kajian teori yang digunakan. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif, yakni mendeskripsikan pelaksanaan layanan informasi daring model cooperative learning dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi pada setiap siklus. Data yang terkumpul dari instrumen penelitian pada siklus pertama, selanjutnya dibandingkan dengan data pada siklus kedua. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan kemampuan self leadership peserta didik, pada kategori aspek self awareness dari 75.88%  menjadi  84.38% meningkat sebesar 7.50%.  Pada aspek self direct dari  78.12%  menjadi 88.27% meningkat sebesar 10.60%. Selanjutnya pada aspek self manage dari 76.56% menjadi 85.93%  meningkat sebesar 9.37%. Sedangkan pada aspek self accomplishment dari 78.11% menjadi 82.83% meningkat sebesar 4.72%. Dari hasil penelitian tindakan kelas bimbingan konseling ini dapat disimpulkan bahwa layanan informasi daring model cooperative learning dapat meningkatkan self leadership dalam merencakanan karir peserta didik kelas XII MIPA_1 SMA Negeri 2 Yogyakarta.

Kata Kunci: self leadership, karir, layanan informasi daring

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2021-05-01
Bagaimana cara mengutip:
Yulianti, M. (2021). Peningkatan Self Leadership dalam Merencanakan Karir melalui Layanan Informasi Daring Model Cooperative Learning. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 199-206. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.229
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 482 times
PDF downloaded: 586 times

Referensi

Amri, S. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Fauziyah.U dan Ilyas. M. (2016). Self Leadership Dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa STKIP PGRI Sumenep. Jurnal Inovasi Pendidikan Di Era Big Data dan Aspek Psikologinya, 491-499. diakses dari http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_727880983851.pdf

Hasanah, A. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Pustaka Setia.

Ivantoro. D dan Barus. G. (2017). Peningkatan Karakter Self Leadership Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Pendekatan Experiential Learning Pada Siswa Kelas VIII A SMP BOPKRI 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Implementasi Kurikulum BK, 29-48. Diakses dari http://journal2.um.ac.id/index.php/sembk/article/view/1270

Kememdikbud. (2020). Surat Edaran NOMOR: 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2013). Implementasi Kurikulum 2013 bagi Guru Bimbingan Konseling. Jakarta: Kemendikbud.

Sukardi. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2014). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung; Alfabeta.

Shoimin, A. (2013). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Syah, M.(2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sukiman. (2011). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Pembimbing. Yogyakarta: Paramitra.

Warso, A. (2018). Penelitian Tindakan Kelas.Yogyakarta: Graha Cendekia.

Widoyoko, E. (2018) Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.