Petualangan Si Tole - Meningkatkan Moderasi dan Toleransi Beragama Melalui Game Roblox Berbasis Peta Yogyakarta
Abstrak
Indonesia merupakan negara yang beragam akan budaya dan agama. Namun, di era kemajuan teknologi, masih sering dijumpai kasus intoleransi dan kurangnya pemahaman tentang moderasi beragama, terutama di kalangan generasi muda. Kondisi ini menuntut adanya media pembelajaran yang menarik. Salah satu inovasi yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan pemahaman tentang moderasi beragama adalah dengan mengembangkan game edukatif “Petualangan Si Tole”. Game ini dirancang dengan menggunakan platform Roblox berbasis peta Yogyakarta yang kaya akan keberagaman budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game “Petualangan Si Tole” sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan toleransi beragama. Metode penelitian dilakukan dengan uji materi dan alur cerita, uji kelayakan game, uji bug game, dan uji keefektifan game. Hasil validasi menunjukan tingkat kelayakan media sangat baik (91%) untuk materi dan sangat baik (88%) untuk soal. Uji efektivitas menunjukan peningkatan pemahaman siswa terhadap moderasi beragama mencapai 67% pada tingkat SMA dan 68% pada tingkat SMP. Selain itu hasil observasi menunjukan penurunan perilaku intoleransi serta meningkatnya sikap saling menghargai antar siswa. Dengan hasil tersebut, “Petualangan Si Tole” terbukti efektif sebagai media pembelajaran interaktif yang mampu menanamkan nilai toleransi terhadap keberagaman agama di kalangan pelajar.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Akhmad Bagus Nuryanto, Muwaffaqoh Zayiddah Ramadhania, Vincent Ariya Saccani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
DOI:












