Petualangan Si Tole - Meningkatkan Moderasi dan Toleransi Beragama Melalui Game Roblox Berbasis Peta Yogyakarta

  • Muwaffaqoh Zayiddah Ramadhania SMA Negeri 7 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Vincent Ariya Saccani SMA Negeri 7 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Akhmad Bagus Nuryanto SMA Negeri 7 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Indonesia merupakan negara yang beragam akan budaya dan agama. Namun, di era kemajuan teknologi, masih sering dijumpai kasus intoleransi dan kurangnya pemahaman tentang moderasi beragama, terutama di kalangan generasi muda. Kondisi ini menuntut adanya media pembelajaran yang menarik. Salah satu inovasi yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan pemahaman tentang moderasi beragama adalah dengan mengembangkan game edukatif “Petualangan Si Tole”. Game ini dirancang dengan menggunakan platform Roblox berbasis peta Yogyakarta yang kaya akan keberagaman budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game “Petualangan Si Tole” sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan toleransi beragama. Metode penelitian dilakukan dengan uji materi dan alur cerita, uji kelayakan game, uji bug game, dan uji keefektifan game. Hasil validasi menunjukan tingkat kelayakan media sangat baik (91%) untuk materi dan sangat baik (88%) untuk soal. Uji efektivitas menunjukan peningkatan pemahaman siswa terhadap moderasi beragama mencapai 67% pada tingkat SMA dan 68% pada tingkat SMP. Selain itu hasil observasi menunjukan penurunan perilaku intoleransi serta meningkatnya sikap saling menghargai antar siswa. Dengan hasil tersebut, “Petualangan Si Tole” terbukti efektif sebagai media pembelajaran interaktif yang mampu menanamkan nilai toleransi terhadap keberagaman agama di kalangan pelajar.

Kata Kunci: moderasi beragama, toleransi, roblox

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-12-12
Bagaimana cara mengutip:
Ramadhania, M. Z., Saccani, V. A., & Nuryanto, A. B. (2025). Petualangan Si Tole - Meningkatkan Moderasi dan Toleransi Beragama Melalui Game Roblox Berbasis Peta Yogyakarta. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(3), 2071-2082. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i3.2177
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 65 times
PDF downloaded: 27 times

Referensi

Alinata RH., Marsudi M. (2023). Pemanfaatan Roblox sebagai Media Promosi Sekolah Metaverse SMP Negeri 3 Sumenep. Indonesian Jurnal of Machine Learning and Computer Science, 4(1). https://doi.org/10.57152/malcom.v4i1.1011

Alinata RH., Marsudi M. (2023). Pemanfaatan Roblox sebagai Media Promosi Sekolah Metaverse SMP Negeri 3 Sumenep. Indonesian Jurnal of Machine Learning and Computer Science, 4(1). https://doi.org/10.57152/malcom.v4i1.1011

Berbasis Android dengan Menerapkan Metode Gamification. Diakses 28 April 2025 dari https://jurnal.uns.ac.id/ijai/article/view/94482

Dotutinggi, M., Zees, A., & Rahmat, A. (2023). Pengaruh pemanfaatan game edukasi Wordwall pada hasil belajar siswa terhadap pembelajaran siswa di sekolah. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 3(2), 363-368.

Florencine, C. (2023). Gara-gara Beragama Kristen, Anak SD Dibully. Diakses pada 21 Januari 2025 dari https://gerakanpis.id/

Florencine, C. (2023). Gara-gara Beragama Kristen, Anak SD Dibully. Diakses pada 21 Januaro 2025 dari https://gerakanpis.id/

JANAH, A. M. ., HIDAYATI, A. U. ., & MAULIDIN, S. . (2024). PENGARUH PEMAHAMAN MODERASI BERAGAMA TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP TOLERANSI SISWA SMK WALISONGO SEMARANG. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 4(2), 42-50. https://doi.org/10.51878/vocational.v4i2.4133

JANAH, A. M. ., HIDAYATI, A. U. ., & MAULIDIN, S. . (2024). PENGARUH PEMAHAMAN MODERASI BERAGAMA TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP TOLERANSI SISWA SMK WALISONGO SEMARANG. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 4(2), 42-50. https://doi.org/10.51878/vocational.v4i2.4133

Kementerian Agama RI. (2019). Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. https://balitbangdiklat.kemenag.go.id/upload/files/MODERASI_BERAGAMA.pdf

Kementerian Agama RI. (2019). Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. https://balitbangdiklat.kemenag.go.id/upload/files/MODERASI_BERAGAMA.pdf

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2024). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum Satuan Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kementrian Agama Kota Yogyakarta. (2025). Tempat Ibadah. Diakses 16 Januari 2025 dari https://www.kemenagkotajogja.org/tempat-ibadah/

Kementrian Agama Kota Yogyakarta. (2025). Tempat Ibadah. Diakses 16 Januari 2025 dari https://www.kemenagkotajogja.org/tempat-ibadah/

Khaerul Khamzah, Jeki Kuswanto, Rifda Faticha Alfa Aziza, Arvin Claudy Frobenius (2025). PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID UNTUK PENGENALAN TOKOH PAHLAWAN NASIONAL INDONESIA. Diakses 29 April 2025 dari https://jurnal.amikom.ac.id/index.php/joism/article/view/1942?utm

M Sidik Sisdiyanto (2024). Pentingnya Moderasi Beragama Bagi Pelajar Lintas Negara. Diakses 30 April 2025 dari https://kemenag.go.id/kolom/pentingnya-moderasi-beragama-bagi-pelajar-lintas-negara-g9ybE

MUI Sumatera Selatan. (2022). Moderasi Beragama, Bersatu Dalam Keragaman. Diakses 16 Januari 2025 dari https://mirror.mui.or.id/mui-provinsi/43190

MUI Sumatera Selatan. (2022). Moderasi Beragama, Bersatu Dalam Keragaman. Diakses 16 Januari 2025 dari https://mirror.mui.or.id/mui-provinsi/43190

Mukhibat, M., Nurhidayati Istiqomah, A., & Hidayah, N. . (2023). Pendidikan Moderasi Beragama di Indonesia (Wacana dan Kebijakan). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 4(1), 73-88. https://doi.org/10.21154/sajiem.v4i1.133

Mukhibat, M., Nurhidayati Istiqomah, A., & Hidayah, N. . (2023). Pendidikan Moderasi Beragama di Indonesia (Wacana dan Kebijakan). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 4(1), 73-88. https://doi.org/10.21154/sajiem.v4i1.133

Nina Atmasari. Harian Jogja. (2016). TOLERANSI BERAGAMA : Keberagaman Agama dan Budaya di DIY Jadi Percontohan. Diakses pada 16 Januari 2025 dari https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2016/08/21/512/746352/toleransi-beragama-keberagaman-agama-dan-budaya-di-diy-jadi-percontohan

Nina Atmasari. Harian Jogja. (2016). TOLERANSI BERAGAMA : Keberagaman Agama dan Budaya di DIY Jadi Percontohan. Diakses pada 16 Januari 2025 dari https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2016/08/21/512/746352/toleransi-beragama-keberagaman-agama-dan-budaya-di-diy-jadi-percontohan

Nurul Afni, Yola Permata Bunda (2024). Pengembangan Aplikasi Game Edukasi Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini

Portal Informasi Indonesia. (2023). Agama. Diakses pada 16 Januari 2025 dari https://indonesia.go.id/profil/agama

Portal Informasi Indonesia. (2023). Agama. Diakses pada 16 Januari 2025 dari https://indonesia.go.id/profil/agama

Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan keaktifan belajar siswa melalui model discovery learning di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(4), 1717-1724.

Ray Albian Prakasa, Puji Rahayu Ningsih, Prita Dellia (2023). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Unity Pada Materi

Rivaldy, Nurdin, Encep Syarifudin, & Rijal Firdaos. (2024). Doktrin Sekolah Islam Terpadu Melalui Bina Pribadi Islami Dalam Membangun Karakter. SALIHA: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 282‑304. https://doi.org/10.54396/saliha.v7i2.119

Setyagama, dkk. (2021). Interaksi sosial antar etnis Tionghoa, Banjar, dan Jawa (studi multikultur pada masyarakat Kelurahan Kampungdalem Kabupaten Tulungagung). Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(12). https://doi.org/10.17977/um063v1i12p1277-1286

Setyagama, dkk. (2021). Interaksi sosial antar etnis Tionghoa, Banjar, dan Jawa (studi multikultur pada masyarakat Kelurahan Kampungdalem Kabupaten Tulungagung). Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(12). https://doi.org/10.17977/um063v1i12p1277-1286

Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Diakses 28 April 2025 dari https://journal.trunojoyo.ac.id/jedumatic/article/download/24779/9338

Suyuti, S., Ekasari Wahyuningrum, P., Jamil, M., Nawawi, M., Aditia, D., & Ayu Lia Rusmayani, N. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Journal on Education, 6(1), 1-11. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2908

Suyuti, S., Ekasari Wahyuningrum, P., Jamil, M., Nawawi, M., Aditia, D., & Ayu Lia Rusmayani, N. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Journal on Education, 6(1), 1-11. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2908

Universitas Islam Riau. (2023). Memutus Intoleransi, Radikalisme, dan Terorisme yang Ekstrimisme Di Lingkungan Pendidikan. Diakses pada 16 Januari 2025 dari https://uir.ac.id/memutus-intoleransi-radikalisme-dan-terorisme-yang-ekstremisme-di-lingkungan-pendidikan.html

Universitas Islam Riau. (2023). Memutus Intoleransi, Radikalisme, dan Terorisme yang Ekstrimisme Di Lingkungan Pendidikan. Diakses pada 16 Januari 2025 dari https://uir.ac.id/memutus-intoleransi-radikalisme-dan-terorisme-yang-ekstremisme-di-lingkungan-pendidikan.html