Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Artificial Intelligence dalam Mendukung Pembelajaran Diferensiasi pada Fase B
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar interaktif berbasis Artificial Intelligence (AI) yang dapat menunjang penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada siswa Fase B. Kebutuhan terhadap media ajar yang mampu menyesuaikan dengan karakteristik peserta didik menjadi semakin penting dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Validasi dilakukan terhadap tiga komponen utama, yaitu bahan ajar, instrumen hasil belajar, dan angket respons guru dan siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar memperoleh nilai rata-rata 3,7 dan dinyatakan sangat valid, baik dari segi konten, tampilan, maupun penggunaan bahasa. Instrumen hasil belajar yang divalidasi dari aspek soal, konstruksi, bahasa, dan alokasi waktu juga memperoleh rata-rata 3,7. Angket respons guru dan siswa masing-masing meraih rata-rata 3,8 dan 3,9, yang menunjukkan kelayakan tinggi dalam menggali persepsi pengguna. Uji coba terbatas menunjukkan respons positif dari seluruh guru dan siswa (100%). Temuan ini menunjukkan bahwa bahan ajar interaktif berbasis AI layak digunakan dan berpotensi menjadi sarana pembelajaran yang efektif dan responsif terhadap kebutuhan siswa dalam konteks pembelajaran berdiferensiasi.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Irmawati M, Muflihah Baktiar, Putri Indriani, Muh. Irham Nugraha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
DOI:












