Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Artificial Intelligence dalam Mendukung Pembelajaran Diferensiasi pada Fase B

  • Irmawati M Universitas Sulawesi Barat, Majene, Sulawesi Barat,  Indonesia
  • Muflihah Baktiar Universitas Sulawesi Barat, Majene, Sulawesi Barat,  Indonesia
  • Putri Indriani Universitas Sulawesi Barat, Majene, Sulawesi Barat,  Indonesia
  • Muh. Irham Nugraha Universitas Sulawesi Barat, Majene, Sulawesi Barat,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar interaktif berbasis Artificial Intelligence (AI) yang dapat menunjang penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada siswa Fase B. Kebutuhan terhadap media ajar yang mampu menyesuaikan dengan karakteristik peserta didik menjadi semakin penting dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Validasi dilakukan terhadap tiga komponen utama, yaitu bahan ajar, instrumen hasil belajar, dan angket respons guru dan siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar memperoleh nilai rata-rata 3,7 dan dinyatakan sangat valid, baik dari segi konten, tampilan, maupun penggunaan bahasa. Instrumen hasil belajar yang divalidasi dari aspek soal, konstruksi, bahasa, dan alokasi waktu juga memperoleh rata-rata 3,7. Angket respons guru dan siswa masing-masing meraih rata-rata 3,8 dan 3,9, yang menunjukkan kelayakan tinggi dalam menggali persepsi pengguna. Uji coba terbatas menunjukkan respons positif dari seluruh guru dan siswa (100%). Temuan ini menunjukkan bahwa bahan ajar interaktif berbasis AI layak digunakan dan berpotensi menjadi sarana pembelajaran yang efektif dan responsif terhadap kebutuhan siswa dalam konteks pembelajaran berdiferensiasi.

Kata Kunci: bahan ajar interkatif, artificial intelligence, pembelajaran diferensias, fase B

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-12-16
Bagaimana cara mengutip:
M, I., Baktiar, M., Indriani, P., & Nugraha, M. I. (2025). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Artificial Intelligence dalam Mendukung Pembelajaran Diferensiasi pada Fase B. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(3), 2096-2102. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i3.2071
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 20 times
PDF downloaded: 8 times

Referensi

Chen, L., Chen, P., & Lin, Z. (2020). Artificial intelligence in education: A review. IEEE Access, 8, 75264–75278. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.2988510

Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka Pada pembelajaran bahasa Indonesia Kelas IV sekolah dasar di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya. JPGSD, 11(8), 1780–1793.

Hasibuan, A. R. H., Aufa, Khairunnisa, L., Siregar, W. A., & Adha, H. (2023). Implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak SDN 104231 Sugiharjo kecamatan Batang Kuis. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7411–7419.

Iqball, M. A., & Wani, M. A. (2023). Artificial intelligence in education: Personalized learning and data-driven decision making. Journal of Science Education, 32(1), 45–60. https://doi.org/10.1007/s10956-025-10214-3

Isti’ana, A. (2024). Integrasi teknologi dalam pembelajaran pendidikan islam. Indonesian Research Journal on Education, 4(1), 302–310. https://doi.org/10.31004/irje.v4i1.493

Istika, W., Winekas, H., & Siswanto, J. (2024). Analisis Gaya Belajar Diferensiasi Terintegrasi Budaya(Crt) Pada Materi Ekonomi Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 4(1), 17–24. https://doi.org/10.51878/social.v4i1.3074

Juniarni, C., Rukmana, R., & Azhar, M. (2024). Peran sistem kecerdasan buatan dalam pendidikan abad 21: Telaah literatur sistematik. Edutech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran, 10(1), 22–34. https://journal.ppipbr.com/index.php/edutech/article/view/390

Kamil, I., & Miranda, T. (2025). Pengaruh kecerdasan buatan (artificial intelligence) terhadap mahasiswa di perguruan tinggi. JEDBUS (Journal of Economic and Digital Business), 2(1), 33–41.

Lailiyah, N., & Mas’ud, S. (2024). Analisis tantangan guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka di sekolah dasar. Journal On Tecaher Education, 6(2), 1–12.

Laksana, D. N., Suryana, D., & Hadi, R. (2023). Difusi inovasi kecerdasan buatan dalam pembelajaran: Studi kasus di MTs Muhammadiyah Tawangsari. Jurnal Informasi, 53(2), 101–110. https://journal.uny.ac.id/index.php/informasi/article/view/71865

Maulinda, R., & Putra, R. D. (2021). Efektivitas bahan ajar berbasis kecerdasan buatan terhadap keterlibatan siswa dalam pembelajaran sains. Teknodika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(2), 114–123. https://jurnal.uns.ac.id/Teknodika/article/view/80904

Muliawan, P. (2024). Analisis penerapan kurikulum merdeka dalam pengajaran bahasa Indonesia: Tinjauan literatur terhadap isu dan tantangan terkini. JICN: Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(5), 7932–7942.

Nababan, K., Kuendo, W. A. C., Siregar, D. M., Gulo, W., Said, A. P., & Baluntu, W. (2024). Modul interaktif berbasis AI : Solusi guru SD Pinaras menghadapi pendidikan 5.0. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2395–2403.

Nababan, T., Purba, D., & Rangkuti, M. (2024). Pengembangan modul interaktif berbasis AI untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 5(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/85902

Ningrum, M., Maghfiroh, & Andriani, R. (2023). Kurikulum merdeka belajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5(1), 85–100. https://doi.org/10.33367/jiee.v5i1.3513

Nurfadilah, N., & Bahri, A. (2021). Teori belajar dan pembelajaran. CV. Berkah Utami.

Rachmadtullah, R., Mulyadi, D., & Salamah, N. (2024). Digital-based instructional media to support differentiated learning in elementary school. Journal of Islamic Education and Educational Design, 9(1), 35–48. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jieed/article/view/21994

Sani, R. A., Manurung, S. R., Suswanto, H., & Sudiran, S. (2018). Penelitian pendidikan. Tira Smart.

Shihab, F., Fauzi, A., & Qurtub, A. adaji. (2023). Adaptasi kebijakan kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 4600–4605. https://doi.org/10.52657/jouese.v4i1.2226

Sholeh, M., Fauzi, A., & Hartati, L. (2023). Tantangan implementasi kecerdasan buatan dalam pendidikan dasar: Studi di Kabupaten Tulungagung. Jurnal Gerakan Edukasi, 7(2), 55–66. https://jurnal.gerakanedukasi.com/index.php/gerasi/article/view/118

Sunarto, S., Ridwan, M., & Arifah, L. (2022). Developing a differentiated learning model based on artificial intelligence in mathematics. Jurnal Kependidikan, 11(1), 57–66. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/11135

Zawacki-Richter, O., Marín, V. I., Bond, M., & Gouverneur, F. (2019). Systematic review of research on artificial intelligence applications in higher education-where are the educators? International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1), 1–27. https://doi.org/10.1186/s41239-019-0171-0

Memperbanyak baca artikel dari penulis yang sama