Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Project Based Learning di Kelas III SD

  • Tri Maryani Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Kota Muara Bungo, Jambi,  Indonesia
  • Puput Wahyu Hidayat Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Kota Muara Bungo, Jambi,  Indonesia
  • Refril Dani Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Kota Muara Bungo, Jambi,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas III di Sekolah Dasar Negeri 004/II Jaya Setia, dimana sebagian besar peserta didik belum mencapai standar nilai “Baik” sebagaimana tercantum dalam Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). Kondisi ini diduga disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang masih bersifat konvensional, kurang variatif, serta belum melibatkan peserta didik secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 20 peserta didik kelas III, terdiri atas 14 laki-laki dan 6 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi aktivitas guru dan peserta didik, tes hasil belajar, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang ditandai dengan meningkatnya partisipasi dan keterlibatan aktif peserta didik selama pembelajaran berlangsung. Selain itu, hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan, dari 55% peserta didik yang mencapai nilai KKTP pada siklus I menjadi 85% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PjBL efektif dalam meningkatkan proses dan hasil belajar matematika. Model ini direkomendasikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika di kelas III Sekolah Dasar.

Kata Kunci: peningkatan proses, hasil belajar, project based learning

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-08-26
Bagaimana cara mengutip:
Maryani, T., Hidayat, P. W., & Dani, R. (2025). Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Project Based Learning di Kelas III SD . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1831-1836. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.2065
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 145 times
PDF downloaded: 47 times

Referensi

Adony Natty, D. A., Kristin, F., & Amugraheni, D. A. (2019). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik SD. Jurnal Basicedu, 3(4), 1602–1611. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.325

Amisah, R., Husna, N., & Prasetya, R. (2023). Pengaruh model pembelajaran aktif terhadap hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 45–53. https://doi.org/10.31227/jppd.v4i1.3231

Apdoludin, M., Rahmawati, N., & Sahputra, R. (2022). Pengaruh pendekatan konstruktivistik terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 5(2), 78–85. https://doi.org/10.33366/jipm.v5i2.2299

Armstrong, M. (2018). Human resource management practice (10th ed.). Kogan Page.

Fadillah, N. (2016). Peningkatan hasil belajar matematika melalui pendekatan pembelajaran kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 45–56. https://doi.org/10.24127/ajpm.v1i2.117

Kunandar. (2015). Langkah mudah penelitian tindakan kelas sebagai pengembangan profesi guru. Rajawali Pers.

Madhakomala, R., Rachman, A., & Nasrullah, R. (2022). Inovasi kurikulum dalam mendukung merdeka belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), 202–209. https://doi.org/10.36312/jime.v8i1.2864

Mutawally, M. (2021). Efektivitas model Project Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik sekolah dasar. Jurnal Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4641–4650. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1562

Pangestu, E. D., & Prasetyo, D. (2021). Project-Based Learning untuk meningkatkan keterampilan abad 21 pada peserta didik sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 25–32. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.1603

Wuryandani, W., Iswari, M., & Khusniati, M. (2014). Penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(3), 310–319. https://doi.org/10.21831/jpk.v4i3.2781