Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPAS Berbantu Media Wordwall

  • Ira Monika Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Muara Bungo, Jambi,  Indonesia
  • Subhanadri Subhanadri Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Muara Bungo, Jambi,  Indonesia
  • Aprizan Aprizan Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Muara Bungo, Jambi,  Indonesia

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan capaian hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di sekolah dasar. Model Problem Based Learning (PBL) yang menekankan pada pemecahan masalah kontekstual serta pelibatan aktif siswa, jika dipadukan dengan media Wordwall yang interaktif, diharapkan dapat mendorong siswa lebih antusias dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan model PBL berbantuan media Wordwall. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dari kategori “baik” (75%) pada siklus I menjadi “sangat baik” (94%) pada siklus II, serta peningkatan hasil belajar dari 66% (kategori cukup) menjadi 95% (kategori sangat baik). Simpulan dari penelitian ini adalah integrasi model PBL dengan media Wordwall terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi, hasil belajar, dan kualitas proses pembelajaran siswa. Prospek penelitian selanjutnya dapat mengkaji penerapan strategi ini pada mata pelajaran lain atau tingkat pendidikan yang berbeda untuk memperluas manfaat dan efektivitasnya.

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, IPAS, Problem Based Learning, Wordwall

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-08-26
Bagaimana cara mengutip:
Monika, I., Subhanadri, S., & Aprizan, A. (2025). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPAS Berbantu Media Wordwall. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1819-1824. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.2063
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 183 times
PDF downloaded: 44 times

Referensi

Andani, D. O., & Oktaviani, R. (2021). Implementasi Wordwall dalam Pembelajaran IPAS SD. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(dua), 73–80. https://doi.org/10.31227/jpdi.v6i2.2021

Azzahra, I., Nurhasanah, A., & Elna, E. (2023). Integrasi IPAS pada Kurikulum Merdeka: Perspektif pengajar Sekolah Dasar. Jurnal inovasi Pendidikan Dasar, 9(1), 45–55. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1270

Chai, C. S., Jong, M. S. Y., Yin, H. B., & Bakar, K. A. (2019). Validating and modeling teachers' technological pedagogical content knowledge for meaningful learning. Asia-Pacific Education Researcher, 28(dua), 105–115. https://doi.org/10.1007/s40299-018-0414-5

Fanny Mestyana Putri. (2020). Penerapan Media Wordwall dalam menaikkan hasil Belajar Matematika pada SD. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 39(tiga), 487–498. https://doi.org/10.21831/cp.v39i3.33291

Hmelo-Silver, C. E. (2019). duduk perkara-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educational Psychology Review, 31(dua), 197–218. https://doi.org/10.1007/s10648-019-09473-7

Kemendikbudristek. (2022). pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, serta Teknologi.

Kusuma, A. R., & Widiyanto, A. (2022). The Effectiveness of duduk perkara Based Learning on Primary Students' Scientific Reasoning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 23–32. https://doi.org/10.30659/pendas.9.1

Lestari, F. (2020). taktik pengajar pada menaikkan Motivasi Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 370–378. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.378

Mardliyah, A., & Prasetyo, B. A. (2023). Enhancing Learning Outcomes through PBL with Digital Media. Journal of Educational Technology Integration, lima(dua), 91–98. https://doi.org/10.26740/jeti.v5n2.p91-98

Mulyani, S., & Pratiwi, E. (2021). pengaruh model PBL terhadap kegiatan serta akibat Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 44–52. 10.29407/jpdn.v7i1.15963

Putri, F. M., & Mulyono, H. (2022). Exploring the Role of Wordwall AS a Digital Game-Based Learning Tool in Online Learning. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 16(6), 122–134. https://doi.org/10.3991/ijim.v16i06.27895

Rakhmawati, N. (2018). impak Motivasi terhadap Prestasi Belajar peserta didik SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, tiga(1), 10–17. https://doi.org/10.29407/jpdn.v3i1.18001

Sari, D., & Hidayat, R. (2020). impak duduk perkara Based Learning terhadap Motivasi Belajar IPA. Jurnal penemuan Pendidikan IPA, 6(2), 111–120. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i2.35045

Savery, J. R. (2015). Overview of problem-based Learning: Definitions and Distinctions. Interdisciplinary Journal of masalah-Based Learning, 1(1), 9–20. https://doi.org/10.7771/1541-5015.1002

Sugihartono. (2020). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Suryani, N., & Sulisworo, D. (2021). Improving Learning Outcomes through Digital-Based Interactive Media. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(dua), 44–50. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i02.18755

UNESCO. (2020). global Education Monitoring Report 2020: Inclusion and education: All means all. Paris: UNESCO. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000373718