Penerapan Model Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD Negeri 36/VI Rantau Panjang

  • Kurnia Ilahi Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Kota Muara Bungo, Jambi,  Indonesia
  • Randi Eka Putra Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Kota Muara Bungo, Jambi,  Indonesia
  • Megawati Megawati Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Kota Muara Bungo, Jambi,  Indonesia

Abstrak

Partisipasi aktif yang terbatas dan rendahnya capaian akademik dalam mata pelajaran Matematika di kalangan siswa kelas IV SD Negeri 36/VI Rantau Panjang menjadi alasan mendasar dilaksanakannya penelitian ini. Masih digunakannya metode pengajaran yang bersifat konvensional turut berkontribusi terhadap menurunnya semangat belajar, kurangnya keterlibatan, dan minimnya ketertarikan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan penerapan model pembelajaran berbasis inkuiri dalam meningkatkan proses serta hasil belajar pada mata pelajaran Matematika. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus berulang mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data mencakup lembar observasi terstruktur untuk memantau aktivitas guru dan siswa, serta tes yang dirancang guna mengukur hasil belajar. Temuan menunjukkan bahwa penerapan pendekatan inkuiri memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa selama proses pembelajaran dan secara signifikan membantu memperbaiki capaian akademik mereka. Pada akhir setiap siklus, terjadi peningkatan yang mencolok dalam jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model inkuiri efektif dalam meningkatkan mutu proses dan hasil belajar Matematika. Selain itu, pendekatan ini memiliki potensi besar untuk diterapkan secara lebih luas sebagai strategi pembelajaran aktif yang relevan di jenjang sekolah dasar.

Kata Kunci: pembelajaran inkuiri, keaktifan belajar, capaian akademik, matematika, pendidikan dasar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-08-26
Bagaimana cara mengutip:
Ilahi, K., Putra, R. E., & Megawati, M. (2025). Penerapan Model Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD Negeri 36/VI Rantau Panjang. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1808-1813. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.2061
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 145 times
PDF downloaded: 42 times

Referensi

Amelia, D. T., & Wulandari, F. E. (2024). Pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 1–10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.718

Anam, C. (2018). Strategi pembelajaran inkuiri sebagai metode untuk meningkatkan performa belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4(2), 67–75.

Aprilia, W. (2022). Penerapan metode inkuiri dalam upaya mengoptimalkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV di SDN 01 Rejang Lebong. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 45–52.

Arikunto, S. (2016). Langkah-langkah praktis dalam pelaksanaan penelitian pendidikan (edisi revisi). Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2017). Prinsip-prinsip interaksi belajar mengajar. Bumi Aksara.

Hikmah, S. N., & Vioreza, N. (2023). Penerapan model inkuiri pada materi operasi hitung pecahan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik sekolah dasar. Primary Journal of Education Research and Practice, 1(1). https://doi.org/10.56773/pjer.v1i1.8

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2024). Panduan pelaksanaan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar.

Kesuma, D. (2017). Dampak penerapan pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Edukasi dan Inovasi, 5(1), 22–30.

Putri, P. R. (2024). Pemanfaatan pendekatan inkuiri untuk meningkatkan proses dan hasil belajar IPAS siswa kelas V di SDN 103/II Tanjung Agung. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 9(1), 33–42.

Sanjaya, W. (2017). Teknik pembelajaran berdasarkan standar proses pendidikan nasional. Kencana.

Sudjana, N. (2018). Evaluasi hasil belajar dalam proses pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2019). Pendekatan penelitian pendidikan: Metode kuantitatif, kualitatif, dan pengembangan. Alfabeta