Project Based Learning untuk Pembelajaran IPAS Kelas IV SDN 118/II Candi

  • Randi Paslah Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Muara Bungo, Jambi,  Indonesia
  • Subhanadri Subhanadri Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Muara Bungo, Jambi,  Indonesia
  • Iri Hamzah Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Muara Bungo, Jambi,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui penerapan pendekatan Project-Based Learning (PjBL) di kelas IV SDN 118/II Candi. Studi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterlibatan siswa dan hasil belajar yang kurang memuaskan, yang sebagian besar disebabkan oleh dominasi metode ceramah dan kurangnya variasi dalam strategi pengajaran. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas IV. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi terhadap aktivitas guru dan siswa, serta tes untuk menilai perkembangan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan kemajuan yang signifikan baik dalam keterlibatan kelas maupun kinerja siswa. Aktivitas guru meningkat dari 62,50% menjadi 95,83%, sementara persentase siswa dengan partisipasi kategori “sangat baik” naik dari 18,75% menjadi 40,63%. Selain itu, proporsi siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKTP) meningkat dari 53,13% menjadi 84,38%. Temuan ini membuktikan bahwa metode PjBL efektif dalam menciptakan suasana belajar yang aktif, interaktif, dan bermakna, serta mendorong siswa untuk terlibat langsung dalam tugas-tugas berbasis proyek yang relevan dan menantang.

Kata Kunci: Project Based Learning, hasil belajar, proses belajar, IPAS

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-08-26
Bagaimana cara mengutip:
Paslah, R., Subhanadri, S., & Hamzah, I. (2025). Project Based Learning untuk Pembelajaran IPAS Kelas IV SDN 118/II Candi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1803-1807. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.2060
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 148 times
PDF downloaded: 18 times

Referensi

Aida, R. R., & Arwin, D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS melalui Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 15(2), 88–97. https://doi.org/10.25077/jpis.15.2.2023

Anggraini, N., & Wulandari, R. (2021). Model Pembelajaran Aktif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 55–63.

Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Revisi ed.). Jakarta: Rineka Cipta.

Bell, S. (2019). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House, 92(4), 139–143. https://doi.org/10.1080/00098655.2019.1583837

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka Tahun 2022. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kuncoro, A., Dwijayanti, S., & Lestari, M. (2023). Pembelajaran Inovatif Berbasis Proyek di Era Merdeka Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 11(1), 34–44. https://doi.org/10.24036/jipd.v11i1.2023

Nada, N., Rahmawati, D., & Suryani, L. (2023). Efektivitas PjBL dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPAS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 10(2), 77–86. https://doi.org/10.21009/jisd.v10i2.2023

Nuryani, R., Widodo, S., & Mulyani, E. (2023). Penguatan karakter peserta didik melalui strategi pembelajaran aktif di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(2), 100–110.

Randi, P. (2025). Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas IV SDN 118/II Candi. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Muara Bungo.

Suhelayanti. (2023). Tujuan Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Edukasi Sekolah Dasar, 18(1), 12–19. https://doi.org/10.1234/jesd.v18i1.2023

Thomas, J. W. (2020). A Review of Research on Project-Based Learning. Buck Institute for Education. https://www.bie.org/files/researchreviewPBL.pdf