Peningkatan Proses dan Hasil Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Scramble Kelas III SDN 296/VI Rantau Panjang

  • Mayang Sari Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Muara Bungo, Jambi,  Indonesia
  • Tri Wera Agrita Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Muara Bungo, Jambi,  Indonesia
  • Elvima Nofrianni Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Muara Bungo, Jambi,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran Scramble pada peserta didik kelas III SD Negeri 296/VI Rantau Panjang. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada temuan awal bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran akibat metode pembelajaran yang monoton dan kurang bervariasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterlibatan siswa selama proses pembelajaran dan capaian hasil belajar. Aktivitas belajar siswa meningkat dari kategori “cukup baik” pada siklus I menjadi “sangat baik” pada siklus II. Selain itu, persentase ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan hingga mencapai 80% pada siklus II. Temuan ini membuktikan bahwa model Scramble efektif dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, interaktif, dan mampu mendorong pemahaman siswa terhadap materi secara lebih optimal.

Kata Kunci: Model Scramble, Bahasa Indonesia, Hasil Belajar, Proses Pembelajaran

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-08-15
Bagaimana cara mengutip:
Sari, M., Agrita, T. W., & Nofrianni, E. (2025). Peningkatan Proses dan Hasil Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Scramble Kelas III SDN 296/VI Rantau Panjang. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1726-1730. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.2058
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 200 times
PDF downloaded: 80 times

Referensi

Buhari, M. (2024). Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Scramble pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 1–8. https://jurnal.lppmamanah.org/index.php/janah/article/view/2

Ferdy Fahrurrazi, & Sri Setia Putra Jayawardaya. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Melalui Metode Pembelajaran Interaktif. Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(3), 101–110. https://doi.org/10.61132/semantik.v2i3.776

Hartati, S. I. S. I. S. N. T. (2020). Prosedur Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (Ptk). Jurnal Pendidikan, 3(september 2016), 1–6.

Iyai, Y., & Helsa, Y. (2025). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan PembelajaranAktif. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 3(3), 288–296. https://journal.aripi.or.id/index.php/Arjuna

Makeleni, S., & Ndu, O. G. (2025). Cakrawala Dini : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Imperative of Viable Learning Environment for Early Childhood Education : A Literature Review. 16(2), 125–144.

Murjinah, M., Choerifki, S., & Chung, M.-L. (2024). Improving Civics Learning Outcomes Through the Scramble Learning Model for Class V Students Elementary School. Indonesian Journal of Education Research (IJoER), 5(1), 10–18. https://doi.org/10.37251/ijoer.v5i1.874

Muslihin, H. Y., Loita, A., & Nurjanah, D. S. (2022). Instrumen Penelitian Tindakan Kelas untuk Peningkatan Motorik Halus Anak. Jurnal Paud Agapedia, 6(1), 99–106. https://doi.org/10.17509/jpa.v6i1.51341

Putri, N. P. S., Yensy, N. A., & Maulidiya, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Smp N 13 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(2), 172–179. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.2.172-179

Sanjaya, W. (2016). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

TH. KUNANG GAYATRI. (2009). Laporan Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Sebelas Maret Surakarta, 1–44.

Utami, I. P., Chamdani, M., & Susiani, T. S. (2025). Penerapan Model Scramble untuk Meningkatkan Efektivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SD Negeri 2 Gemeksekti Kebumen. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(2).

Tiara. (2023). Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 6(1), 12–20.

Utami, T. D., Ratnaningsih, A., & Anjarini, T. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca dan Keterampilan Menulis Pada Tema Diriku melalui Model CIRC Siswa Kelas I SDN 2 Aglik Grabag Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 3068–3081.

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821

Wibowo, S., Wangid, M. N., & Firdaus, F. M. (2025). The relevance of Vygotsky’s constructivism learning theory with the differentiated learning primary schools. Journal of Education and Learning, 19(1), 431–440. https://doi.org/10.11591/edulearn.v19i1.21197

Yatri, I., & Pratiwi, L. (2018). Peranan Media Video Dalam Meningkatkan Aktivitas Siswa Pada Pembelajaran Ips Di Kelas V Sdn Mampang Prapatan 02 Pagi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 70. https://doi.org/10.30659/pendas.4.2.70-80