Peningkatan Proses dan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model Accelerated Learning Berbantu Media Roda Berputar

  • Mella Safitri Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Muara Bungo, Jambi,  Indonesia
  • Subhanadri Subhanadri Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Muara Bungo, Jambi,  Indonesia
  • Randi Eka Putra Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Muara Bungo, Jambi,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui penerapan model Accelerated Learning berbantuan media roda berputar pada siswa kelas V SD Negeri 36/VI Rantau Panjang. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi untuk mengukur kualitas proses pembelajaran serta tes untuk mengetahui pencapaian hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterlibatan siswa selama proses pembelajaran, serta peningkatan pada hasil belajar. Proses pembelajaran mengalami peningkatan dari kategori “baik” pada siklus I menjadi “sangat baik” pada siklus II, sementara persentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari 55% pada kondisi awal menjadi 90% pada akhir siklus. Temuan ini membuktikan bahwa model Accelerated Learning dengan media roda berputar efektif dalam menciptakan suasana belajar yang interaktif, menyenangkan, serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, model ini direkomendasikan untuk diterapkan secara luas dalam pembelajaran di sekolah dasar.

Kata Kunci: Accelerated Learning, Roda Berputar, IPAS, Hasil Belajar, Kelas V SD

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-08-26
Bagaimana cara mengutip:
Safitri, M., Subhanadri, S., & Putra, R. E. (2025). Peningkatan Proses dan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model Accelerated Learning Berbantu Media Roda Berputar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1814-1818. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.2057
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 160 times
PDF downloaded: 43 times

Referensi

Anggreaena, Ginanto, Felicia, Andiarti, Herutami, Alhapip, Iswoyo, hartini, M. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 123.

Arends, R. I. (2018). Learning to teach (11th ed.). New York, NY: McGraw-Hill Education.

Khairani, K., & Mahfud, R. (2023). Penerapan model pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 8(1), 45–56. https://doi.org/10.xxxx/jpdsn.v8i1.2023

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Journal, D., Education, O., & Adhiyati, U. P. (2024). Penerapan Accelerated Learning Dalam. 10(1), 218–227.

Khairani, D., & Mahfud, I. (2023). Penerapan Model Accelerated Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 8(2), 87–96. https://doi.org/10.21831/jpdi.v8i2.65422

Mujianto, R., & Astuti, R. (2021). Efektivitas Media Interaktif dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 5(1), 45–54. https://doi.org/10.31227/osf.io/x8pk4

Pramesti, D. A. H., Kharisma, A. I., & Irmaningrum, R. N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran IPAS Berbasis Proyek. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 6(2), 98–106. https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v6i2.2518

Rochmania, D. D. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Pondok Pesantren. Jurnal Basicedu, 6(2), 1687–1695. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2293

Rosário, A. T., & Boechat, A. C. (2024). Systematic Literature Review. 09, 292–325. https://doi.org/10.4018/979-8-3693-0912-4.ch015

Sardiman, A. M. (2020). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Siregar, S. (2017). Model Pembelajaran Accelerated Learning: Strategi Efektif Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 24(3), 123–130.

Suhendra, I. W., Arnyana, I. B. P., & Candiasa, I. M. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Bahan Ajar Digital untuk Siswa. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 59–78. https://doi.org/10.14421/njpi.2024.v4i1-4

Surya, E., & Maisaroh, S. (2022). Penggunaan Media Roda Putar untuk Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 10(1), 33–40.

Wena, M. (2021). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyudi, W., Indrapangastuti, D., & Rokhmaniyah, R. (2024). Pembelajaran penelitian tindakan kelas melalui model project-based learning pada calon guru sekolah dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 8(3), 575. https://doi.org/10.20961/jdc.v8i3.90773

Widoyo, H., Rofi’i, A., Jahrir, A. S., Rasimin, R., Purhanudin, M. V., & Sitopu, J. W. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Dan Menyenangkan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 6(1), 1687–1699. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3133