Analisis Gaya Belajar Peserta Didik pada Era Digitalisasi di Sekolah Dasar
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan signifikan yang terjadi dalam dunia pendidikan akibat digitalisasi, yang mempengaruhi cara peserta didik belajar, termasuk dalam gaya belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis gaya belajar peserta didik di Sekolah Dasar Negeri 36/II Sarana Jaya dalam konteks pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap tiga guru kelas dan kegiatan belajar siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk memahami kecenderungan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik dalam pembelajaran digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar visual dan auditori lebih dominan di kalangan peserta didik. Media digital seperti video pembelajaran, kuis interaktif, dan presentasi visual terbukti meningkatkan motivasi serta partisipasi siswa dalam pembelajaran. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan perangkat dan jaringan internet, serta rendahnya literasi digital sebagian siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengenalan dan penyesuaian gaya belajar dengan penggunaan teknologi digital dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Pemanfaatan teknologi yang disesuaikan dengan gaya belajar diharapkan mampu menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan inklusif di tingkat sekolah dasar.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Fijar Saif Alqaini, Apdoludin Apdoludin, Elvima Nofrianni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
DOI:












