Analisis Gaya Belajar Peserta Didik pada Era Digitalisasi di Sekolah Dasar

  • Fijar Saif Alqaini Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Kota Muara Bungo, Jambi,  Indonesia
  • Apdoludin Apdoludin Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Kota Muara Bungo, Jambi,  Indonesia
  • Elvima Nofrianni Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Kota Muara Bungo, Jambi,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan signifikan yang terjadi dalam dunia pendidikan akibat digitalisasi, yang mempengaruhi cara peserta didik belajar, termasuk dalam gaya belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis gaya belajar peserta didik di Sekolah Dasar Negeri 36/II Sarana Jaya dalam konteks pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap tiga guru kelas dan kegiatan belajar siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk memahami kecenderungan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik dalam pembelajaran digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar visual dan auditori lebih dominan di kalangan peserta didik. Media digital seperti video pembelajaran, kuis interaktif, dan presentasi visual terbukti meningkatkan motivasi serta partisipasi siswa dalam pembelajaran. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan perangkat dan jaringan internet, serta rendahnya literasi digital sebagian siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengenalan dan penyesuaian gaya belajar dengan penggunaan teknologi digital dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Pemanfaatan teknologi yang disesuaikan dengan gaya belajar diharapkan mampu menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan inklusif di tingkat sekolah dasar.

Kata Kunci: gaya belajar, digitalisasi, teknologi pembelajaran

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-08-26
Bagaimana cara mengutip:
Alqaini, F. S., Apdoludin, A., & Nofrianni, E. (2025). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik pada Era Digitalisasi di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1798-1802. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.2056
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 170 times
PDF downloaded: 70 times

Referensi

Auliyah, R. N., Prasetyo, Z. K., & Sulasmono, B. S. (2023). Pengaruh penggunaan media digital terhadap hasil belajar ditinjau dari gaya belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 10(1), 45–53. https://doi.org/10.21009/JIPD.101.05

Dwi, H. P., & Rahayu, A. (2021). Hubungan antara gaya belajar dan minat belajar siswa dalam pembelajaran daring di masa pandemi. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 78–88. https://doi.org/10.30738/jpdn.v6i2.9234

Fadila, N., & Sari, M. D. (2024). Integrasi media digital dalam pembelajaran tematik: Studi kasus di sekolah dasar berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Teknologi Pendidikan, 26(1), 31–40. https://doi.org/10.21009/JTP.261.04

Fathurrohman, M. (2019). Model pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Herlina, D. (2020). Tantangan guru dalam mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 111–120. https://doi.org/10.26737/jpdi.v5i2.1222

Mufidah, A. (2020). Strategi guru dalam menyesuaikan pembelajaran dengan gaya belajar siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora, 8(1), 56–62. https://doi.org/10.23887/jiph.v8i1.29241

Nabila, D., Wahyuni, L., & Safitri, R. (2023). Identifikasi gaya belajar siswa sekolah dasar dan implikasinya terhadap pemilihan media ajar digital. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 7(3), 223–230. https://doi.org/10.31227/osf.io/7mzqu

Nuruddin, A., Rohim, M., & Sari, F. (2021). Penerapan triangulasi data dalam penelitian kualitatif pendidikan. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 25(2), 89–98. https://doi.org/10.21831/jpep.v25i2.41567

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Urba, D. A., Saputra, B., & Kurniawan, R. (2024). Efektivitas media pembelajaran berbasis digital terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi dan Evaluasi Pendidikan, 13(1), 13–22. https://doi.org/10.15294/jiep.v13i1.52987

Widayati, E. (2022). Peran gaya belajar dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran tematik integratif. Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora, 10(2), 147–155. https://doi.org/10.31294/jpdh.v10i2.12234