Peningkatan Proses dan Hasil Belajar IPAS Peserta Didik Menggunakan Model Project Based Learning
Abstrak
Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya proses dan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 31/VI Rantau Panjang pada mata pelajaran IPAS, yang ditandai dengan rendahnya ketuntasan belajar dan kurangnya partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan proses dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran IPAS. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. subjek penelitian ini adalah 20 peserta didik kelas IV. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL mampu meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran. Pada siklus I, ketuntasan belajar mencapai 77,27%, dan meningkat menjadi 90,91% pada siklus II. Aktivitas peserta didik juga meningkat secara signifikan berdasarkan hasil observasi. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa model PjBL efektif dalam meningkatkan proses dan hasil belajar IPAS. Prospek penerapan model ini di masa mendatang adalah untuk menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna, kolaboratif, dan berpusat pada peserta didik di berbagai mata pelajaran di sekolah dasar.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Siska Siska, Subhanadri Subhanadri, Zulqoidi R. Habibie

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
DOI:












