Peningkatan Proses dan Hasil Belajar IPAS Peserta Didik Menggunakan Model Project Based Learning

  • Siska Siska Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Kota Muara Bungo, Jambi,  Indonesia
  • Subhanadri Subhanadri Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Kota Muara Bungo, Jambi,  Indonesia
  • Zulqoidi R. Habibie Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Kota Muara Bungo, Jambi,  Indonesia

Abstrak

Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya proses dan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 31/VI Rantau Panjang pada mata pelajaran IPAS, yang ditandai dengan rendahnya ketuntasan belajar dan kurangnya partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan proses dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran IPAS. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. subjek penelitian ini adalah 20 peserta didik kelas IV. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL mampu meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran. Pada siklus I, ketuntasan belajar mencapai 77,27%, dan meningkat menjadi 90,91% pada siklus II. Aktivitas peserta didik juga meningkat secara signifikan berdasarkan hasil observasi. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa model PjBL efektif dalam meningkatkan proses dan hasil belajar IPAS. Prospek penerapan model ini di masa mendatang adalah untuk menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna, kolaboratif, dan berpusat pada peserta didik di berbagai mata pelajaran di sekolah dasar.

Kata Kunci: Project Based Learning, proses belajar, hasil belajar, IPAS, sekolah dasar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-08-26
Bagaimana cara mengutip:
Siska, S., Subhanadri, S., & Habibie, Z. R. (2025). Peningkatan Proses dan Hasil Belajar IPAS Peserta Didik Menggunakan Model Project Based Learning. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1792-1797. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.2049
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 180 times
PDF downloaded: 71 times

Referensi

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Arends, R. I. (2020). Learning to teach (9th ed.).

Yusri, R., Yusof, A. M., & Sharina, A. (2024). A systematic literature review of project-based learning: research trends, methods, elements, and frameworks (2016–2023). International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 13(5), 3345–3359. https://doi.org/10.11591/ijere.v13i5.27875

Departemen Pendidikan Nasional. (2019). Panduan pengembangan pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Dewi, R. N., & Setiawan, R. (2020). Penerapan model Project Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 25–33. https://doi.org/10.21009/JIP.151.03

Dewi, S. R., & Surya, E. (2019). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 1–6. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jpdp/article/view/104357

Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Modul ajar IPAS kelas IV SD fase B – Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbudristek.

Larkin, K., & Lowrie, T. (2023). Teaching Approaches for STEM Integration in Pre- and Primary School: A Systematic Qualitative Literature Review. Education Sciences, 13(3), 308. https://doi.org/10.3390/educsci13030308.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Parende, J., & Pane, A. (2020). Teknik evaluasi pembelajaran berbasis kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 55–63.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryana, D., & Nasution, S. (2020). Model pembelajaran berbasis proyek sebagai inovasi pembelajaran abad 21 di SD. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 4(2), 89–97. https://doi.org/10.33830/jipp.v4i2.987.2020

Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102, Article 101586. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586

Wahyuni, S. (2021). Pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(2), 45–53. https://doi.org/10.23887/jpdn.v7i2.32984

Yuliani, S. (2020). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa

Dewi, R. N., & Setiawan, R. (2020). Penerapan model Project Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 25–33. https://doi.org/10.21009/JIP.151.03

Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Wahyuni, S. (2021). Implementasi model Project Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 145–156.

Yuliani, R. (2020). Pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 34–41.