Peningkatan Proses Hasil Belajar Menggunakan PBL Pembelajaran IPAS Kelas IV SDN 031/VI Rantau Panjang

  • Winda Winda Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Muara Bungo, Jambi,  Indonesia
  • Sundahry Sundahry Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Muara Bungo, Jambi,  Indonesia
  • Nurlev Avana Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Muara Bungo, Jambi,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini didasari oleh permasalahan rendahnya mutu proses dan capaian belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV SDN 031/VI Rantau Panjang. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan proses serta hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian memperlihatkan adanya peningkatan yang nyata dalam proses maupun hasil belajar. Observasi terhadap aktivitas guru meningkat dari 69,04% pada siklus I menjadi 83,33% di siklus II, sedangkan aktivitas siswa naik dari 60% menjadi 85%. Tingkat ketuntasan hasil belajar juga mengalami kenaikan dari 64,75% pada siklus pertama menjadi 81,25% pada siklus kedua. Temuan ini menegaskan bahwa model PBL efektif dalam mendorong keaktifan belajar dan memperkuat pemahaman siswa terhadap materi IPAS. Oleh karena itu, model PBL layak dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran aktif, bermakna, dan berpihak pada siswa.

Kata Kunci: Problem Based Learning, IPAS, hasil belajar, proses belajar, pembelajaran aktif

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-08-15
Bagaimana cara mengutip:
Winda, W., Sundahry, S., & Avana, N. (2025). Peningkatan Proses Hasil Belajar Menggunakan PBL Pembelajaran IPAS Kelas IV SDN 031/VI Rantau Panjang. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1720-1725. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.2047
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 180 times
PDF downloaded: 41 times

Referensi

Artawan, I. M., Suparman, & Widiawati, N. L. (2021). Penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(2), 112–122. https://doi.org/10.24832/jpdn.v7i2.12345

Fatah, R., Nurhayati, T., & Ramadhani, I. (2023). Implementasi model PBL dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan dan Inovasi Kurikulum, 12(2), 97–104. https://doi.org/10.2023.jpik/12.2.97fat

Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Khakim, M. A., Sari, T. P., & Lestari, S. (2022). Efektivitas pembelajaran berbasis masalah terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 10(3), 158–167. https://doi.org/10.2022.jipi/10.3.158kha

Megawati, I., & Oktavia, A. (2020). Evaluasi hasil belajar siswa melalui instrumen observasi dan tes tertulis. Jurnal Penilaian Pendidikan, 4(2), 76–84. https://doi.org/10.2020.jpp/4.2.76meg

Nirmala, A., Rachman, Y., & Simanjuntak, L. M. (2024). Strategi guru dalam peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik sekolah dasar. Jurnal Evaluasi Pendidikan Dasar, 5(1), 45–53. https://doi.org/10.2024.jepd/5.1.45nir

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Esensi kegiatan belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Kajian Pendidikan, 4(1), 15–22. https://doi.org/10.2017.jkp/4.1.15pan

Pujiati, S. (2022). Penerapan model PBL dalam pembelajaran tematik integratif di kelas IV SD. Jurnal Pembelajaran Dasar, 9(2), 65–73. https://doi.org/10.2022.jpd/9.2.65puj

Ramli, M. (2015). Urgensi pendidikan karakter di era globalisasi. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2), 135–150. https://doi.org/10.2015.jpk/5.2.135ram

Ramadhani, F., Syamsudin, A., & Zulkifli, H. (2024). Problem Based Learning sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. EduResearch: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 23–32. https://doi.org/10.31234/eduresearch.v9i1.45789

Salsabila, D., Nurhaliza, S., & Prasetyo, A. (2024). Kontribusi pendekatan konstruktivisme terhadap pembelajaran tematik berbasis aktivitas. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 11(1), 22–30. https://doi.org/10.2024.jipd/11.1.22sal

Septiana, A. (2023). Integrasi mata pelajaran dalam IPAS pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dasar dan Inovasi, 8(2), 112–120. https://doi.org/10.2023.jpdi/8.2.112sep

Suherti, E., & Rohimah, L. (2018). Sintaks dan langkah-langkah penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 3(1), 13–20. https://doi.org/10.2018.jipp/3.1.13suh

Yulianti, R., Hermansyah, & Mulyadi, A. (2022). Peran guru dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Pendidikan Indonesia, 6(1), 47–55. https://doi.org/10.2022.jipi/6.1.47yul