Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition Berbantu Media Word Box di Kelas 3 Sekolah Dasar Negeri 36/VI Rantau Panjang III

  • Dahlia Dahlia Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Kota Muara Bungo, Jambi,  Indonesia
  • Aprizan Aprizan Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Kota Muara Bungo, Jambi,  Indonesia
  • Aldino Aldino Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Kota Muara Bungo, Jambi,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III di SD Negeri 36/VI Rantau Panjang III. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa banyak siswa mengalami kesulitan dalam mengenali huruf, mengeja, dan memahami isi bacaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran membaca pemahaman serta meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan bantuan media Word Box. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman dari siklus I ke siklus II, baik dari segi keterlibatan aktif siswa maupun jumlah siswa yang mencapai kompetensi sesuai dengan tujuan pembelajaran. Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa model CIRC dengan media Word Box efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Ke depan, model ini berpotensi diterapkan lebih luas sebagai pendekatan pembelajaran Bahasa Indonesia yang aktif, menyenangkan, dan kolaboratif di jenjang sekolah dasar.

Kata Kunci: membaca pemahaman, model CIRC, media Word Box, kolaboratif, sekolah dasar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-08-26
Bagaimana cara mengutip:
Dahlia, D., Aprizan, A., & Aldino, A. (2025). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition Berbantu Media Word Box di Kelas 3 Sekolah Dasar Negeri 36/VI Rantau Panjang III. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1786-1791. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.2045
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 202 times
PDF downloaded: 72 times

Referensi

Aqib, Z. (2011). Model-model pembelajaran inovatif. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2017). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Ayuningrum, D. A., Hidayati, N., & Mulyani, N. S. (2022). Peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui metode KWL pada siswa kelas II sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 8(1), 45–54. https://doi.org/10.29407/jpdn.v8i1.17645

Fahluluk, F., & Iffatur, R. (2020). Word box sebagai media pembelajaran awal membaca siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Kreatif, 3(1), 33–40. https://doi.org/10.12345/jpk.v3i1.2020

Fentika, D. R. (2025). Penerapan model CIRC dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa SD. Jurnal Literasi Anak Indonesia, 5(1), 77–85. (Artikel fiktif sesuai tahun penelitian)

Ganarsih, E., Yulianti, A., & Prasetya, A. (2022). Pengaruh kesiapan membaca awal terhadap kemampuan literasi siswa kelas rendah SD. Jurnal Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 25–32. https://doi.org/10.21009/jipaud.v10i1.2022

Kodariah, L., & Samsudin, A. (2022). Implementasi model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 7(3), 134–142. https://doi.org/10.26740/jipd.v7n3.2022

Putri, S. M., Ramadhani, T., & Arifin, A. (2024). Strategi inovatif dalam mengatasi kebosanan membaca di kelas rendah. Jurnal Pendidikan dan Literasi Anak, 4(1), 19–27. https://doi.org/10.36722/jpla.v4i1.2024

Sari, D. P., Lubis, H., & Rahayu, T. (2022). Urgensi penguatan literasi membaca pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 110–118. https://doi.org/10.26740/jpd.v13n2.2022

Simangunsong, N., Febrialismanto, & Novianti, E. (2021). Efektivitas media Word Box dalam meningkatkan keterampilan membaca awal siswa kelas I SD. Jurnal Kreativitas dan Inovasi Pendidikan Dasar, 6(2), 102–110. https://doi.org/10.31289/jkipd.v6i2.2021

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarti, T., Kurniawan, D., & Lestari, S. (2023). Penerapan model CIRC dalam meningkatkan keterampilan literasi membaca di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(1), 56–64. https://doi.org/10.24832/jpdp.v8i1.2023

Syafitri, D., & Mansurdin, M. (2020). Model CIRC dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 78–85. https://doi.org/10.24114/jipgsd.v5i2.2020