Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh pada Pelajaran Prakarya dengan Penerapan Blended Learning melalui Kegiatan Tilik Siswa

  • Susi Prasetyaningtyas SMP N 1 Semin,  Indonesia

Abstrak

Tujuan best practise ini untuk mengoptimalkan pembelajaran jarak jauh melalui kegiatan tilik siswa, mengevaluasi pelaksanaan kegiatan tilik siswa, dan mendeskripsikan kendala dan solusi pada pembelajaran jarak jauh melalui kegiatan tilik siswa. Subjek best practise ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 1 Semin tahun ajaran 2020/2021 sejumlah 145 peserta didik. Pembelajaran dengan penerapan blended learning melalui kegiatan tilik siswa mampu mengoptimalkan pembelajaran Prakarya. 90,3% peserta didik lebih memahami materi budidaya tanaman sayuran melalui kegiatan tilik siswa selama pembelajaran jarak jauh. Sebanyak 92,4% peserta didik senang jika guru melakukan kegiatan tilik siswa selama pembelajaran jarak jauh sebagai pengganti tatap muka di sekolah. Kendala kegiatan tilik siswa ini antara lain tidak bisa menjangkau semua peserta didik karena keterbatasan  waktu, keterbatasan kemampuan guru dan kondisi geografis tempat tinggal peserta didik yang jauh dari sekolah dan agak sulit dijangkau. Solusi yang diterapkan adalah pelaksanaan kegiatan bisa dilakukan di luar jam pelajaran, dilakukan secara berkala dan tidak hanya pada satu materi saja.

Kata Kunci: pembelajaran prakarya, blended learning, tilik siswa

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Susi Prasetyaningtyas, SMP N 1 Semin

Penulis lahir di Gunungkidul, 12 Oktober 1980. Pendidikan S1 di FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta jurusan Pendidikan Matematika dan IPA (MIPA) Prodi Biologi lulus tahun 2004. Kemudian penulis melanjutkan studi S2 di universitas dan fakultas yang sama pada Program Studi Sains Lulus tahun 2014. Aktivitas sekarang adalah guru IPA di SMPN 1 Semin dan aktif di MGMP IPA SMP Kabupaten Gunungkidul. 

Diterbitkan
2021-03-15
Bagaimana cara mengutip:
Prasetyaningtyas, S. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh pada Pelajaran Prakarya dengan Penerapan Blended Learning melalui Kegiatan Tilik Siswa . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(1), 50-57. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i1.204
Bagian
Praktik Terbaik
Abstrak viewed: 467 times
PDF downloaded: 422 times

Referensi

Arifin, Zaenal. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Aunurrahman. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Chaeruman, Uwes Anis. (2013). Designing Blended Learning Model. Jurnal Teknodik. 17(4), 399-409. Retrieved from https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/577

https://maglearning.id/2019/02/03/model-model-penerapan-blended-learning/

https://www.maknaa.com/jawa-indonesia/tilik

Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Pateni. (2016). Review Simonson, Smaldino Dan Zvacek For Teaching And Learning At A Distance Sixth Edition. Proceedings Of International Research Clinic & Scientific Publications Of Educational Technology. 130-136 dari https://studylibid.com/doc/1077129/review-simonson--smaldino-dan-zvacek-for-teaching-and-lea. Diunduh tanggal 1 Januari 2021

Poerwadarminta, dkk. (1939). Baoesastra Djawa. Batavia. J.B. Woltrs’ Uitgevers Maatschappij N.V Groningen.

Sukardi, Dewa Ketut. (2008). Proses Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Surat Edaran Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga DIY No. 421/02280 Tentang Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Anak Sekolah Dalam Rangka Pencegahan Covid-19.

Syarif, I. (2012). Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. 2(2), 234-249. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/viewFile/1034/835.

Tohirin. (2014). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Rajawali Press.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Warsita, Bambang. (2011). Pendidikan Jarak Jauh, Perencanaan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi Diklat. Bandung: Pt.Remaja Rosdakarya.

Yusuf, T, M. (2011). Mengenal Blended Learning. Jurnal Lentera Pendidikan. 14(2), 232-242. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/3839