Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Perkalian pada Kelas III Sekolah Dasar
Abstrak
Kekeliruan dalam menghitung perkalian sering dirasakan siswa, terlebih bagi mereka yang kurang memahami konsep dasar perkalian itu sendiri. Ditambah dengan kurikulum merdeka yang memaksa siswa untuk terbiasa belajar matematika sambil berliterasi atau yang biasa disebut literasi numerasi. Banyak faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam mengerjakan soal cerita matematika pada materi perkalian, seperti kurang memahami soal dikarenakan kurang teliti dalam membaca soal, bahkan tidak paham terhadap konsep perkalian dan beberapa siswa masih kurang lancar dalam membaca, apalagi terbatasnya variasi aktivitas dan media pembelajaran. Banyaknya kesulitan tersebut sebenarnya dapat diatasi apabila guru mau aktif untuk memberikan lebih banyak soal perkalian berupa soal cerita literasi numerasi dan memberikan pengalaman belajar yang menarik bagi siswa melalui inovasi media pembelajaran yang tepat dan konkrit, kemudian siswa yang juga harus semangat untuk terus belajar dan aktif dalam pembelajaran. Maka pembelajaran matematika dalam bentuk soal cerita memerlukan pendekatan holistik yang mempertimbangkan kemampuan literasi, pemahaman konsep, dan kebutuhan akan variasi pembelajaran untuk mendukung implementasi literasi numerasi dalam Kurikulum Merdeka.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Syalshabil Shafa Pranata, Cholis Sa’dijah, Lathiful Anwar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
DOI:












